Sebelum Mengecat Rumah, Perhatikan 4 Hal Ini Dulu, Yuk!

Ternyata menentukan cat untuk rumah, banyak banget ya, yang harus dipertimbangkan. Dari hasil riset kecil-kecilan saya, setidaknya ada 4 hal yang harus kita perhatikan.

Urusan tempat tinggal memang, sih, untuk sekarang saya masih numpang dengan orangtua. Tapi pasti ada dong idaman untuk memiliki rumah sendiri *doakan saya, mommies, hihihi. Sementara itu, sebisa mungkin saya dan suami ikut merawat rumah orangtua dulu. Yaaa, hitung-hitung ucapan terima kasih, karena diperbolehkan tinggal di rumah mereka, hehehe.

534xNxhtr-image-my-collections-178-10871.jpg,qsize=800x600-0.pagespeed.ic.omU_sfWZ8xImage: hometriangle.com

Nah, salah satu maintaince yang ingin kami lakukan, adalah pengecetan ulang rumah. Maklum sudah sekian tahun, warna rumah sudah mulai usang di makan waktu dan cuaca. Apalagi bagian ruangan tidur, sudah ada mengelupas. Sebelum menjatuhkan pilihan, saya dan suami, iseng-iseng melakukan riset. Browsing sana-sini, untuk tau, apa saja yang sebaiknya diperhatikan sebelum memilih cat. Semoga juga berguna buat, mommies, ya.

  1. Rendah kadar VOC

VOC (Votalite Organic Compound) adalah bahan atau senyawa organik yang mudah sekali menguap. Berupa gas yang dihasilkan dari bahan padat atau cair. Indikator cat yang kadar VOC-nya rendah, di antaranya jika diaplikasikan ke dinding tidak mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

  1. Cat tembok yang bisa dibersihkan

Namanya juga punya anak kecil, mommies. Ada aja kan, tingkah mereka yang sengaja atau tidak mengotori dinding. Kalau cat rumah bisa dibersihkan, setidaknya mengurangi kadar stres saya dan hemat juga, kah? Nggak perlu sering-sering ngecat?

Baca juga: Cara Praktis Menempel Hiasan Dinding

  1. Beli dulu ukuran yang kecil

Pas udah yakin sama satu merk. Sebaiknya mommies beli dulu cat dalam ukuran kecil. untuk coba diaplikasikan di bagian tembok. Pas udah nempel di tembok kan, baru kelihatan tu, warna, dan teksturnya sesuai apa nggak dengan harapan kita.

  1. Tentukan warna dengan cermat

Ini nih, yang bikin saya deg-degan. Masalahnya saya pribadi bukan tipe yang condong banget ke satu warna. Masih ada kemungkinan, “lapar mata” sama warna-warna lucu, apalagi warna pastel, gemas! Untuk meminimalisir rasa kecewa, saya harus paham mengenai bahasa warna. Nggak hanya itu, supaya juga sesuai dengan gaya desain interior rumah orangtua saya, kan?

Dalam sebuah kesempatan perayaan 40 tahun KANSAI PAINT, 20 April lalu di Jakarta, saya merasa terbantu banget, karena dibeberkan masing-masing warna, berikut dengan artinya:

Orange (colour of joy) mewakili kreativitas, rasa percaya diri, perasaan positif. Cocok diaplikasikan untuk dapur. Bisa menstimulasi orang di dalamnya untuk saling komunikasi, dan ujung-ujung membuat suasana makan semakin hangat.

Kuning (colour of sunshine): mewakili harapan, dan optimis. Cocok untuk kamar tidur

Hijau (colour of nature): Disebut-sebut sebagai warna penyeimbang, bisa menurunkan tingkat stress. Jika diaplikasikan di dalam ruangan, akan menimbulkan efek relaksasi.  Selain cocok untuk cat rumah, juga cocok untuk perkantoran, mungkin supaya karyawannya nggak stress kali ya :D :p

Biru: mewakili warna langit, kalem, perasaan yang rileks. Biru identik dengan loyalitas.

Ungu (creative colour): terkesan elegan dan glamour.

Selain itu, lewat berbagai macam varian produk KANSAI PAINT, saya jadi punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan saya. Ada tiga produk andalan KANSAI PAINT yang sedang saya, pertimbangkan untuk dibeli. Ada KANSAI PEARLSheen, KANSAI RUBYMatt dan KANSAI DIAMONDShield. Tiga varian cat tadi, sama menberikan garansi selama 12 tahun (penting banget, kan ini buat ibu-ibu? :D Dan yang terpenting juga, mendapatkan sertifikasi Singapore Green Label dan rendah kadar VOC, seperti yang tadi saya singgung di poin pertama.

Fitur lainnya yang saya anggap cocok untuk cat rumah keluarga, di setiap produk tadi terdapat teknologi yang mencegah jamur untuk berkembang. Jadi secara kualitas bisa tahan lama, dari terpaan cuaca dan waktu. Hal penting lainnya, cat tembok KANSAI premium punya ketahanan terhadap noda, jadiii lebih mudah dibersihkan. Hebatnya lagi, KANSAI PAINT juga sudah merilis KANSAI Anti-Mosquito! Yang mengklaim bisa menghalau nyamuk, karena kandungan bahan pyrethroid, namun tidak bahaya untuk penghuni rumah.

Gimana, mommies. Ada yang sedang mencari referensi cat, juga? Semoga informasi tadi berguna, ya :)


Post Comment