10 Tanda Bahwa Anda Adalah Orangtua Millennial

Ditulis oleh: Dewi Warsito

Bagaimana generasi Millennial ini saat menjadi orangtua? Cek 10 tanda bahwa Anda adalah orangtua Millennial.

Belakangan generasi millennial ini, banyak diperbincangkan (baca:digosipin) sama para generasi sebelumnya (kebanyakan generasi X). Iya, soalnya, yang berhubungan langsung dengan generasi ini, jelas generasi yang persis ada di atasnya. Apa yang diperbincangkan? Nggak jauh-jauh dari pendidikan, moral dan budaya, etika kerja (uhuk…), ketahanan mental, hingga penggunaan teknologi.

Siapa, sih, yang disebut milenial? Apakah Anda orangtua milenial? Ayuklah, kita cek.

1. Generasi millennial adalah mereka yang lahir di awal tahun 1980 hingga awal tahun 2000-an. Buat kamu yang ada di usia akhir 20-an dan awal 30-an, berarti termasuk, ya (dan sayangnya bukan saya :D)

2. Super Smart. Sebagian besar perempuan millennial adalah perempuan-perempuan yang memiliki kesempatan mengecap pendidikan tinggi. Yang artinya, para mommies sekarang ini kebanyakan well-educated.

3. Highly Connected. Walau saat mereka tumbuh kehadiran pager (dikenal juga dengan penyeranta) dan wartel sempat mendominasi, namun sebagian besar hidup mereka diisi oleh internet yang sudah maju. Nggak heran kalau para millennial moms ini sangat terkoneksi antara satu dengan yang lainnya.

4. Very Social. Sosial dalam hal ini adalah memiliki akun media sosial lebih dari satu. Nggak cukup Facebook, para mommies ini juga punya akun di Instagram, Twitter, dan Path.

10 Tanda Bahwa Anda Adalah Orangtua Millennial - Mommies Daily

5. Followernya Nggak Palsu. Millennial Moms punya hobi sharing tentang segala hal, mulai dari tas tangan terbaru, harga promo pospak di supermarket terdekat, tumbuh kembang anak, hingga lokasi liburan keluarga. Banyak orangtua lain yang terpengaruh. Jadi, nggak heran kalau Millennial Moms punya jutaan follower di akun instagramnya, dan nggak satu pun yang bot, alias palsu.

10 Tanda Bahwa Anda Adalah Orangtua Millennial - Mommies Daily

6. Me Time Fans. Buat para Millennial Moms, me time itu kudu, wajib, dan ada jadwalnya tersendiri yang nggak bisa diganggu gugat. Para mommies muda ini juga rela punya ART lebih dari satu supaya bisa bantu mereka memenuhi ‘me time’nya.

10 Tanda Bahwa Anda Adalah Orangtua Millennial - Mommies Daily

7. Beda Sama si Nenek. Para Millennial Mom punya aturan sendiri dalam membesarkan anak-anaknya. Nasihat ibunya bisa jadi tetap akan didengarkan, tapi nggak akan diterapkan. Sounds familiar? Hehehe…

8. Lebih Kreatif. Generasi millennial punya banyak cara dan kreatif banget dalam segala hal, termasuk dalam hal pengasuhan anak. Ketika hendak mengajarkan anak tentang sesuatu hal, misalnya, mommies millennial punya cara-cara kreatif agar pengajaran tersebut tidak terasa membosankan bagi anak.

9. Google All The Way. Penanganan anak diare, cari di google. Mengatasi anak tantrum, search di google. Biar anak nggak picky eater, tanya sama google. Kecenderungan lebih banyak mencari informasi di mesin pencari, dibanding membaca buku. Ngapain ngubek-ngubek buku, kalau semua jawabannya ada di google, kan?

10. Citra Lebih Penting. Seiring dengan kegemaran sharing, maka image atau citra itu penting. Punya ponsel pintar dengan kamera plus filter itu sudah jadi kebutuhan pokok. Demi menghasilkan gambar-gambar rupawan untuk dipost di Instagram atau blog. Sebagian besar merasa perlu membeli kamera mirrorless terkini, supaya gambar indahnya maksimal. Kalau perlu, kameranya punya wifi supaya bisa segera diedit dan di-post di akun media sosial masing-masing.

Bagaimana, apakah ada beberapa ciri dari Millennial Moms yang sesuai dengan Anda?


Post Comment