Pound Fit, Olahraga Seru dengan Stik Drum

Setelah membawa dan menjadikan  Zumba dan TRX menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat Jakarta, kini Laila Munaf menawarkan olahraga yang tidak kalah seru. Pound Fit, olahraga yang menggunakan stick drum ini mampu menghilangkan 1000 kalori.

Buat yang gemar olahraga dan selalu haus dengan olahraga yang baru, pasti sudah familiar dengan pound fit. Siapa di antara Mommies yang sudah melakukan olahraga yang menggunakan stick ini? Terus terang saja, kalau saya, sih, memang belum.

POUND-Fit-Satu-Jenis-Olahraga-Baru-Yang-Menarik-Untuk-Diikuti-3

Tapi ada beberapa teman yang sudah tertarik dan aktif ikutan  pound fit di Sana Studio milik Laila Munaf. Nah, belum lama ini saya sempat ngobrol dengan Laila dan bertanya mengenai pound fit.

Di awal pembicaraan, Laila mengatakan, Sana Studio  memang punya misi kita ingin menyediakan tempat yang nyaman untuk work out yang seru. Untuk itulah Laila selalu berusaha megenalkan olahraga baru seperti pound fit ini.

Ceritain, dong, awalnya tertarik mengenalkan Pound Fit ini…

Tahun lalu kan aku di Amerika, pas pulang kepikiran kalau aku pulang nggak bawa oleh oleh kayanya nggak afdol, lalu mulai card-carrying. Workout apa ya, yang baru, seru dan bisa diterima di Indonesia khususnya di Jakarta. Kebetulan aku ketemu dengan pound. Saat training jujur aja aku juga belum ikutan kelasnya sama sekali cuma lihat di videonya aja. Penasaran banget ini olahraga apa, sih? Akhirnya ambil sertifikasi, kebetulan ada di kota tempat aku tinggal. Makanya saya bawa ke Jakarta.

Sambutannya gimana, Mbak?

Sambutan ya oke banget, pas masih di sana aku kan sudah sempat posting video saat lagi training. Ternyata banyak banget yang tanya, ‘Laila itu apaan, sih?’. Banyak banget yang bilang mau cobain. Akhirnya pertama kali buka kelas pound ini bulan Agustus tahun lalu, nah, itu udah banyak yang minat. Awalnya hanya Rabu malam, seminggu sekali, pertama buka juga kelasnya jam 8 malam. Agak gambling juga buka kelas malam, tapi ternyata banyak yang mau juga.

IMG_20170122_194250

Apa yang membuat pound ini terasa lebih spesial?

Kelasnya sangat seru. Kalau zumba kan banyak yang bilang, aku nggak bisa dance, nih. Bisa nggak ikutin zumba? Kayanya kaki aku kayanya kiri semua. Nah kalau pound ini sebenarnya nggak ada dance-nya, lebih ke fitness. Jadi pound sendiri perpaduan olahraganya yoga, pilates, body conditioning, isometric movements, plyometrics dan isometric, yang dilakukan dalam waktu 45 menit saja.

Jadi memang inspirasinya olahraga yoga dan pilates tapi dengan beat yang cepat. Jadi cardio-nya dapat, tone-nya dapat, serunya kita juga nggak terasa kaya lagi olahraga. Kaya lagi main drum aja karena kan kita pakai stick, tapi sekaligus latihan perut, dan kaki.

Sebenarnya pound fit ditujukan untuk siapa saja, sih, Mbak?

Kalau komunitas Jakarta, Ibu-ibu rajin olahraga karena waktunya lebih banyak. Tapi memang kalau dari age range, ibu ibu ternyata juga lebih rajin olahraga lho, karena mungkin memang banyak waktu. Tapi usia 26 tahun ke atas lebih banyak yang bisa ikutin. Tapi semua usia bisa, kok, ikutan pound fit. Sama seperti olahraga lainnya, tapi untuk Pound sendiri sebenarnya dianjurkan untuk usia 14 tahun ke atas karena ada unsur fitnessnya. Di Sana studio sudah ada anak SMA yang ikutan, 18 tahun.

Pound ini kan basic yoga, pilates, kalau nggak pernah pengalaman bagaimana?

Akan lebih susah buat mengikutinya. Karena kalau pound itu kan sangat memerhatikan postur tubuh, kalau gerakan sampai salah akan rentan untuk mengalami cedera. Let say, mau squat kalau nggak tahu bagaimana melakukannya, akan susah susah mengikuti gerakannya. Saya selalu menyarankan untuk latihan yoga atau pilates lebih dulu. Supaya mengerti basic gerakannya, kalau nggak tahu kan akan susah mengikutinya. Harus ada dasar dulu. Bahkan saya sebelumnya juga lebih dulu rutin pilates lebih dulu. Kalau zumba kan mungkin nggak perlu basic apa-apa, yang penting joget saja. Orang orang sudah gerak ke kanan kamu ke kiri, nggak apa-apa. Tapi kalau pound ini, harus pas.

Intinya nggak ada larangan buat siapapun untuk ikutan pound, tapi kalau ada masalah pada tulang punggung seperti saya, harus lebih ekstra dari pada orang yang nggak ada masalah misalnya saat jaga balance.

Penasaran, deh, sekali latihan pound selama 45 menit, seberapa besar kalori yang hilang?

Karena ini memang latihan cardio, memang banyak juga bisa menghilangkan kalorinya seperti zumba, minimum 700 kalori sampai 1000 kalori. Tapi kalau memang all out, ya. Jadi udah pasti memang bisa nurunin berat badan. Tapi kalau sudah olahraga makanan nggak dijaga, ya percuma juga, sih. Makanan kan juga harus diperhatikan.

Wah, saya setuju banget dengan apa yang dikatakan Mbak Laila. Mau sekelas apa pun olahraga tapi makan  gak dijaga, hasilnya nggak akan maksimal. Oh, ya, Mbak Laila juga pesan, jangan ikutan olahraga cuma hanya karena trend.

“Menurut saya kalau memang mau ikutan pound, mending tahu basic-nya dulu supaya hasil dan keseruannya juga lebih maksimal. Boleh banget, sih, mau coba. Tapi jangan lupa memerhatikan kondisi tubuh juga, jangan maksa. Kalau ada keluhan langsung saja bilang,” ungkapnya.


Post Comment