Asupan Makanan yang Diperlukan untuk Kehamilan Kembar

Asupan nutrisi makanan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika hamil. Terlebih bagi bumil yang mengandung anak kembar untuk mendapatkan berat badan si kecil bisa proporsional.

makanan untuk kehamilan kembar mommiesdaily

Saya, sih, belum pernah membayangkan bagaimana jika saya melahirkan bayi kembar. Tapi, kalau memang nantinya saya hamil lagi dan mendapatkan anak kembar, seru juga kali, ya? Seru repotnya dan seru menyiapkan dana yang dibutuhkan anak, hahahhaa….

Salah seorang teman yang punya anak kembar pernah bercerita ke saya, kalau saat hamil dulu, orang tua dan dokter kandungannnya cukup ‘cerewet’ soal asupan makanannya. Wajar saja, sih, ya. Soalnya teman saya ini kan memang harus berbagi nutrisi dengan dua anaknya. Belum lagi kalau ingat banyak kasus yang memperlihatkan kalau berat badan yang kembar sering kali rendah karena memang nutrisinya tidak fokus untuk satu orang anak saya.

Tidak mengherakan, ya, kalau  ibu dangan hamil kembar harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anaknya. Makanan yang memenuhi kebutuhan kalori, protein, kalsium termasuk asam folat, zat besi tentu saja sangat dibutuhkan.

Saya sendiri sempat bertanya pada dokter kandungan saya, dr.Soemanadi SpOg, menurutnya  untuk memastikan agar bayi kembar lahir dengan berat yang proporsional, ibu hamil wajib memperhatikan pemenuhan gizinya. Makanan apa saja?

Susu, Keju, dan Daging

Seperti yang kita ketahui, susu merupakan tambahan makanan yang mengandung kalsium yang tinggi termasuk di dalamnya beberapa vitamin yang lainnya seperti Vitamin D, protein, vitamin A, vitamin B12. Tidak mengherankan, ya, kalau pada akhirnya makanan tambahan ini banyak disarankan untuk diasup oleh ibu hamil.  Kalau nggak doyan susu gimana? Ya, nggak apa-apa, sih. Toh, sebenarnya masih banyak makanan lain yang mengandung kalsium tinggi seperti daging dan keju.

Hal ini diakui oleh Seva Dwi Novridayati, 27 tahun. Ibu yang mepunyai anak kembar ini menandaskan ketika hamil dulu, salah satu nutrisi yang tidak pernah lupa diasup setiap hari adalah makanan yang mengandung kalsium.

“Dulu waktu hamil, dokter nyuruhnya memang banyak minum susu, tapi bukan susu hamil. Alasan dari dokter kenapa harus minum susu dan daging, katanya memang bagus sekali  buat nambah kalsium bayi. Karena walau pun waktu itu sudah  pakai penambah kalsium, takutnya dua  baby aku ngambil kalsium dari tulang-tulang aku, jadi memamg asupan kalsium harus lebih kencang.”

Kacang-kacangan dan Buah Alpukat

“Dulu waktu hamil si kembar, saya selain asupan kalsium yang ditambah, makanan yang selalu diasup itu kacang-kacangan, sih. Sayuran kacang panjang dan kacang merah. Bahkan camilannya kacang almond. Soalnya dokter memang menyarankan untuk menambah makanan yang banyak mengandung kalori,” ungkap Mita salah satu teman saya yang punya anak kembar.

Kebutuhan kalori ibu dengan kehamilan kembar memang perlu diperhatikan agar berat badan anak proporsioanal. Meskipun rekomendasi asupan kalori setiap orang cukup beragam, namun, banyak ahli yang mangatakan kalau asupan kalori setiap harinya ditambah 600 kalori. Bahkan ada juga yang merekomendasikan jumlah kalori yang lebih tinggi yaitu 3.000 sampai 3.500 kalori per hari jika berat badan Anda normal sebelum hamil.

Bayam, Telur, Daging

Jenis superfood lain yang dibutuhkan ibu hamil adalah makanan yang banyak mengandung protein tinggi. Seperti yang diceritakan Dita, 34 tahun, ibu dengan dua orang anak kembar ini mengaku saat hamil dulu sering kali mengasup bayam dan daging. “Intinya, sih, waktu itu dokter wanti-wanti kalau gue harus makan makanan sehat, dan proteinnya tinggi,”ungkapnya.

Umumnya, ibu hamil disarankan untuk mengasup makanan dengan protein tinggi sebanyak 60 gram. Artinya, kalau bayi kembar kebutuhan harus dikalikan dua. Dan, jenis makanan yang banyak mengandung protein di antaranya adalah sayur bayam, telur dan daging.


Post Comment