Tren Investasi 2017, Apa Saja, Ya?

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Bagi perempuan, ada beberapa aset investasi yang sesuai untuk diambil, untuk membantu mewujudkan berbagai tujuan keuagan di masa depan. Apa saja investasi yang menarik untuk tahun 2017?

tren investasi

Pemilihan aset investasi merupakan hal penting dalam perencanaan keuangan. Selama ini, mommies sudah berinvestasi di aset apa? Investasi penting dilakukan selain menabung yang mungkin lebih dikenal oleh banyak orang. Bagi perempuan, ada beberapa aset investasi yang sesuai untuk diambil, untuk membantu mewujudkan berbagai tujuan keuagan di masa depan. Apa saja investasi yang menarik untuk tahun 2017?

  1. Reksa dana pasar uang

Reksa dana yang berjenis pasar uang selama tahun 2016 berhasil memberikan imbal hasil rata-rata 8% untuk investor. Untuk tahun kedepan, potensi keuntungan masih akan serupa, sehingga aset ini sangat sesuai untuk Anda yang membutuhkan jangka waktu investasi dibawah 3 tahun. Tujuan keuangan seperti liburan, atau membeli tas branded, sangat cocok menggunakan aset investasi ini.

  1. Emas

Berdasarkan data statistik, imbal hasil investasi emas selama tahun 2016 berada di kisaran 5.43%. Memang, secara nilai keuntungan masih dibawah reksa dana pasar uang, namun emas masih sangat sesuai digunakan sebagai aset investasi untuk jangka pendek. Selain itu, emas dapat digadaikan jika Anda tiba-tiba membutuhkan dana tambahan untuk berbagai keperluan yang mendesak.

  1. Reksa dana saham atau Saham

Aset investasi berbasis saham masih sangat menarik untuk dijadikan investasi dalam jangka panjang, yaitu diatas 5 tahun. Selama tahun 2016, imbal hasil dari investasi di instrumen berbasis saham rata-ratanya sekitar 11%. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, fluktuasi hasil investasi berbasis saham memang cukup tinggi. Tahun 2015 imbal hasilnya negatif, namun tahun 2010 dapat mencapai 43%. Sehingga, Anda berinvestasi dalam jangka panjang misalnya sejak awal tahun 2008 hingga akhir tahun 2015, maka Anda bisa menerima keuntungan total sebesar 68.15%. Masih bingung? Coba lihat ilustrasi berikut ini. Misalkan Anda berinvestasi dengan modal Rp100 juta pada awal tahun 2008. Berdasarkan data statistik, maka pada akhir tahun 2015 modal investasi tersebut akan berkembang menjadi Rp168,15 juta. Artinya, keuntungan Anda senilai Rp68.15 juta.

Mommies, harap pahami bahwa keuntungan dari aset investasi tidak dapat dijanjikan. Sehingga, potensi keuntungan dapat bervariasi, meski pun secara historis memiliki karakteristik yang sama dari tahun ke tahun. Memasuki tahun 2017, jangan lupa untuk menambah dana darurat di tabungan sebelum menambah aset investasi. Tetap sesuaikan pemilihan aset investasi berdasarkan tujuan keuangan dan profil risiko masing-masing. Live a beautiful life!

 

 Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.


Post Comment