produk bebas paraben dan sls

Pilihan Favorit Sabun dan Shampo Bebas SLS dan Paraben

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Saya termasuk orang yang akan membaca komposisi bukan hanya pada produk makanan yang saya konsumsi, tapi pada setiap produk kecantikan baik wajah, tubuh, dan rambut yang saya pakai.

produk bebas paraben dan SLS

Apalagi yang rutin saya gunakan. Seperti shampo dan sabun. Karena pemakaiannya rutin setiap hari dan bisa digunakan lebih dari satu kali, maka saya mencari yang paling aman. Aman menurut saya itu less chemical. Saya berusaha menghindari produk yang memiliki 2 komposisi yaitu SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan Paraben. Paraben merupakan pengawet terbuat dari bahan kimia yang digunakan untuk mencegah bertumbuhnya bakteri di dalam suatu produk, biasanya produk kosmetik. Sedangkan SLS merupakan bahan kimia yang menghasilkan busa dan bubble, banyak digunakan pada berbagai alat pembersih serta sabun dan sampo.

Begitu banyak fakta dan rumor yang beredar mengenai dua komposisi ini. Salah satunya, penelitian di tahun 2004 oleh Philippa Darbre, Ph.D., British Cancer Researcher, bahwa paraben ditemukan pada tumor payudara ganas. Begitu juga dengan SLS terdapat beberapa penelitian yang dikaitkan dengan berbagai penyakit salah satunya kanker.

Singkatnya, kalau saya bisa menggunakan produk yang minim bahan kimianya, mengapa tidak? Sudah pasti dengan berkurangnya bahan-bahan kimia, akan banyak manfaat yang dirasakan pada kulit dan tubuh kita. Apalagi sekarang sudah banyak pilihan produk yang masuk kategori lebih aman menurut saya. Ini ketiga produk favorit yang saya kenakan setiap hari tanpa rasa khawatir dan dengan hasil yang sangat memuaskan:

1. Organic Care Shampoo & Conditioner

produk bebas paraben dan sls

Terdapat pilihan untuk rambut normal, kering, bahkan rambut berwarna. Saya menggunakan yang normall. Saya suka dengan aroma soft minyak kelapanya, teksturnya cukup kental namun saat diaplikasikan di rambut sangat ringan. Rambut saya pun jadi lebih kuat dan jarang rontok. Produk bisa dibeli di berbagai supermarket yang banyak menjual barang import (Food Hall, Kemchick, dan lainnya).

2. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Begitu membaca review dari femaledaily.com mengenai produk herbal ini saya jadi langsung menuju supermarket, karena produk ini cukup mudah didapatkan di supermarket besar. Aromanya tidak terlalu keras, mungkin karena alami, teksturnya kental sehingga saya tidak perlu menuangkan banyak-banyak ini menjadikan saya lebih hemat, tapi khasiatnya membuat wajah saya lebih kencang dan halus, dan lebih minim tumbuh jerawat saat PMS.

3. Hygeia Natural Body Wash

produk bebas paraben dan sls

Sabun cair ini merupakan yang pertama menggunakan kandungan propolis 100 persen dari Indonesia. Sudah tahu dong ya begitu banyak manfaat propolis? Dan apabila diaplikasikan pada tubuh, manfaatnya pun beragam, seperti membantu mengurangi gatal-gatal dan ruam pada kulit saya (juga anak-anak saya yang memiliki tipe kulit kering), mengurangi noda/flek serta bekas luka, dan yang paling penting kulit benar-benar terasa lembut! Produk ini dapat dibeli blibli.com, beberapa apotek (RSCM, Maleo Bintaro,dan lainnya), AEON Mall dan lainnya.

Beberapa perubahan drastis yang saya rasakan setelah saya mengganti produk wajib pakai setiap hari, pertama rambut saya menjadi jarang rontok, kulit tubuh saya tidak mudah kering walaupun tidak menggunakan body lotion, dan wajah saya jauh lebih berkurang dihiasi jerawat. Entah kulit saya bekerja lebih ringan tanpa dibebani bahan kimia berlebih, atau memang kulit saya sekadar cocok dengan produk-produk tersebut.

Perubahan yang saya rasakan tidak instan, baru terasa sekitar satu bulan setelah rutin mengenakannya setiap hari, tapi saya jadi merasa lebih aman sih, karena kalau mendapatkannya instan nanti hilang khasiatnya instan juga dong. Buat yang penasaran selamat mencoba ya!


Post Comment