Pete’s Dragon, Cerita Si Anak Pemberani

5 menit pertama menyaksikan Film Pete’s Dragon, air mata saya sudah ‘meleleh’. Menit-menit selanjutnya, saya pun mendapatkan pelajaran penting yang bisa saya terapkan dalam hidup ini.

Rasaya, semua anak-anak sudah cukup familar dengan cerita soal naga. Setidaknya buat anak saya, Bumi, naga merupakan binatang yang menakutkan. “Naga itu besar banget badannya, bu… dia juga bisa mengeluarkan api. Huuu… kalau ketemu naga, bisa-bisa aku gosong kena apinya.”

Benarkah naga seperti itu? Binatang yang menakutkan dan memberikan ‘teror’ karena bisa mengeluarkan api sehingga membahayakan bagi mahluk hidup lainnya, khususnya manusia? Setidaknya, gambaran ini bisa dipatahkan lewat cerita Pete’s Dragon, karya terbaru The Walt Disney Studios yang disutradarai David Lowery dan ditulis oleh Toby Halbrooks.

Tidak berbeda jauh dengan film The Jungle Book, Pete’s Dragon juga menyuguhkan special effect yang canggih, yang bisa memanjakan mata sepanjang jalan cerita.

PETES-DRAGON

Kisah Pete’s Dragon ini berawal dari Mr Meacham, seorang pemahat kayu yang senang mendongengkan soal cerita naga yang hidup di hutan Northwest. Dongeng ini pun menjadi cerita favorit bagi anak-anak di lingkungan sekitarnya. Sebagian anak-anak ada yang mempercayai dan menganggap naga memang hidup di hutan, sementara ada juga anak-anak yang menganggap cerita tersebut hanya sekadar dongeng, termasuk Grace, anak Mr. Meacham yang berprofesi sebagai penjaga hutan.

Rupanya, Grace merupakan sosok perempuan yang hanya mau percaya dengan apa yang ia lihat saja. Padahal bagi Mr. Meacham, ada kalanya dalam hidup ini kita mempercayai hal-hal yang kasat mata. Untuk hal ini, saya pun sangat setuju.

Saya senang sekali dengan salah satu kalimat yang diungkapkan Meacham pada putrinya, “Jika kau hanya percaya apa yang kau lihat, maka kau akan melewatkan banyak hal.”

Namun, pandangan Grece akhirnya mulai berubah ketika dirinya tanpa sengaja bertemu dengan Pete. Beragam pertanyaan pun muncul dalam benaknya. Bagaimana mungkin anak kecil, bisa bertahan hidup di hutan selama 6 tahun? Dari mana asal Pete sebenarnya? Di mana orangtuanya? Dengan siapa Pete selama ini tinggal? Benarkah cerita Pete yang mengatakan ia hidup dengan Elliot, sosok naga yang persis diceritakan oleh ayahnya?

Didorong rasa penasaran yang begitu besar, Grace pun akhirnya berusaha mencari tahu asal usul Pete, termasuk soal Elliot, sang naga.

Buat saya film Pete’s Dragon ini bukan hanya sekadar tontonan yang bisa dinikmati keluarga. Film petualangan ini dikemas dengan cerdas, dan juga mengharukan. Lewat film ini saya bisa belajar, yang utama tentu saja arti persahabatan yang sebenarnya, bahwa sebuah harapan dalam hidup harus selalu ada. Penting bagi saya, sebagai orangtua menumbuhkan rasa berani bagi anak-anak. Sebenarnya, masih banyak hal menarik lainnya. Penasaran? Langsung nonton bersama keluarga saja, ya.

 


Post Comment