Menghabiskan Akhir Pekan di Pusat Jakarta

Jakarta Pusat punya beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi, apa saja ya?

Menghabiskan Akhir Pekan di Pusat Jakarta

Image: www.jakarta-tourism.go.id

Keakraban saya dengan daerah Jakarta Pusat dimulai ketika saya SMA. Tepatnya di Galeri Foto Jurnalistik Antara, dekat dengan Pasar Baru dan Kota Tua. Sekitar satu tahun saya mengikuti workshop fotografi di sana. Daerah hunting foto sering kali berkutat di daerah itu, selain karena arsitektur bangunannya yang unik, juga karena nilai sejarah yang terkandung di masing-masing bangunan tersebut.

Sebut saja Pasar baru yang dikenal salah satu pusat penjualan kain.  Di sepanjang jalan Pasar Baru Mommies akan menemui toko-toko yang kepemilikannya didominasi orang India. Lain hal untuk para pecinta fotografi, Pasar Baru kerap dijadikan andalan untuk membeli perlengkapan “alat perang” mereka – selain lengkap harganya juga “miring” dibandingkan dengan harga di mal.

Geser sedikit dari Pasar Baru, pada masanya dulu saya juga sering mengunjungi Galeri Kesenian Jakarta. Bangunan yang diprakarsai oleh Gubernur Sir Stamford Raffles ini berkapasitas 250 orang. Pas banget untuk Mommies yang ingin memperkenalkan kreasi seni seperti drama, teater, film, sastra, musik dan bentuk seni lainnya.

Untuk urusan kuliner nggak perlu diragunkan lagi deh, untuk penggemar es krim pasti nggak asing lagi dengan es krim Ragusa. Letaknya tak jauh dari Masjid Istiqlal, tepatnya di Jalan Vetaran 1. Es krim buatan rumahan ini terkenal sejak tahun 1932. Kebayang dong, betapa kentalnya nilai historis Ragusa. Bagi pencinta bubur, tak lengkap kalau belum mengunjungi Bubur Kwang Tung di jalan Pecenongan No. 671. Yang spesial, restoran bubur ini buka 24 jam, jadiii buat yang ngidam tengah malam langsung saja meluncur ke sana.

Satu lagi! Ada yang familiar dengan Rumah Makan Medan Baru? Anda harus mencoba Gulai Kepala Kakap di sana. Menu kegemaran Papa saya ini, akhirnya juga menjadi andalan saya kalau pergi ke sana, bohong kalau nggak nagih, hahaha.

Rasanya butuh lebih dari satu hari ya untuk menjajaki berbagai tempat menarik untuk wisata di Jakarta Pusat. Sebagai tempat menginap, kini POP! Hotel Pasar Baru yang baru saja dibuka bisa jadi tempat menginap Anda sekeluarga. Letak hotel ini dekat dengan beberapa tujuan wisata seni ataupun kuliner yang tadi saya sebutkan. Selain itu, hanya beberapa menit saja dari beberapa destinasi turis populer seperti Gereja Ayam – Pniel, Hayam Wuruk Plaza, Tugu Monas, Klenteng, Gedung Antara, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Pantai Ancol & PRJ Kemayoran.

Menariknya, peresmian POP! Hotel Pasar Baru ini juga dibarengi kampanye “Serve to Concerve”. Ditandai dengan penyerahan secara simbolik sebuh pot berisi pohon palem kepada kantor Kecamatan Sawah Besar sebagai bentuk bukti komitmen pelestarian lingkungan POP! Hotel. POP! Hotel Pasar Baru hadir dengan konsep yang lebih hangat lewat PitStop yang menampilkan elemen daur ulang untuk menunjukkan konsep hotel ramah lingkungan. Mommies dan keluarga bisa menginap di sana dengan rate kamar dimulai dari Rp 298.000 nett/malam.

Bagaimana, Mommies? Mau mencobanya untuk akhir pekan selanjutnya?


Post Comment