Jangan Biarkan Percaya Diri Mengubah Kita Menjadi ‘Monster’

Ditulis oleh: Waristi Amila

Percaya diri itu penting, karena itu membuat kita yakin untuk menhadapi masalah yang timbul dalam hidup kita. Tapi, jangan sampai percaya diri mengubah kita menjadi monster. 

Sejak saya kecil hingga sekarang sudah memiliki dua anak, saya merasa bahwa rasa percaya diri adalah sifat yang perlu dipupuk sejak kecil, karena dia tidak muncul secara alami. Percaya diri juga bisa membantu kita berkembang dalam karier. Masalahnya adalah, saat percaya diri membuat kita menjadi pribadi yang menyebalkan. Maksudnya?

percaya diri

Saat percaya diri berubah menjadi kesombongan

Benar deh moms, ini tipis banget bedanya. Kadang saat kita terlalu percaya diri, kita malah pindah ke area ‘sombong’. Di mana bedanya? Di mana batasnya? Ok, ambil contoh. Saat kita bekerja dengan tim, kepercayaan diri membuat kita berani untuk memimpin, mengambil keputusan, dan memberikan tanggapan serta masukan atas hasil kerja tim kita secara positif agar mereka bisa tumbuh menjadi lebih baik. Nah, ini berubah menjadi kesombongan saat kita bertindak seolah kita memiliki otoritas penuh, memberikan kritik pedas dengan pilihan kata-kata yang negatif di depan umum.

Saat kita berpikir “ditakuti“ lebih baik daripada “dihormati“

Pernah menemukan rekan kerja yang bangga sekali ketika dia ditakuti? Dia merasa kalau semakin dia keras, maka dia akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Saya sih nggak setuju ya moms, karena menurut saya akan lebih positif apabila saat kita berhubungan dengan orang lain, kita melakukannya dengan energi positif. Ini pengalaman pribadi ya moms, setiap saya bekerja untuk event maka semua tim saya – mulai dari tim event organizer sampai kontraktor dan cleaners – berada di level yang sama dengan saya. Saya tidak ingin mereka takut pada saya. Saya lebih ingin mereka mempunyai rasa memiliki yang sama dengan saya, walau tentunya saya yang memimpin dan mengambil keputusan.

Saat merasa orang lain adalah musuh

ini nih salah satu indikator yang bisa kita kenali dengan mudah. Ketika kita merasa kalau kita ini kuat, dan apa yang kita raih sekarang adalah karena diri kita sendiri. Lalu kemudian kita merasa bahwa kita sangat hebat hingga orang lain juga seharusnya melewati kerasnya cobaan…sendiri…tanpa mengeluh. Ini salah. Setiap orang butuh dukungan orang lain. Tidak ada salahnya untuk memberikan dukungan kepada orang lain, bukan hanya untuk mereka tapi untuk diri kita sendiri. Tidak pernah ada yang tahu kan kapan kita membutuhkan dukungan? Percaya deh, sehebat apapun kita, tidak mungkin kita melakukan segala hal sendirian.

Mommies, idealnya, kepercayaan diri itu akan menjadi kunci untuk membuka pintu selebar-lebarnya untuk kemajuan kita, jangan sampai itu berubah menjadi kapak yang justru menghancurkannya. Untuk saya, energi positif adalah kuncinya karena kepercayaan diri hanya akan berhasil apabila disandingkan dengan kerendahan hati.


Post Comment