3 Cara Cermat Belanja Online

Belanja bikin happy. Setuju dengan kalimat ini? Paling nggak hal inilah yang saya rasakan. Apalagi kalau tahu online shop atau marketplace favorit mengadakan program diskon! Tapi belanja online juga perlu dilakukan dengan cermat, lho.

Hampir setiap malam menjelang tidur, saya stalking Instagram atau marketplace favorit untuk ‘mengintip’ beragam produk incaran. Buat saya pribadi, kegiatan seperti ini lumayan bisa dijadikan alternatif me time. Meskipun nggak belanja, lumayan bisa bikin mata saya segar, hahahaha.

Kalau ngomongin pengalaman belanja online, saya yakin semua Mommies punya cerita tersendiri. Ada yang ketagihan macam saya, tapi ada juga yang kapok lantaran kena tipu. Memang nggak bisa dipungkiri saat ini makin marak terjadinya penipuan berkedok belanja online. Untuk itulah kita memang harus lebih cermat ketika belanja online.

blanjadotcom

Awal bulan Mei ini, Mommies Daily mengadakan MD Lunch bersama blanja.com. Topik yang diangkat adalah “Kiat Belanja Online Dengan Aman”. Materinya pas banget buat saya, saya jadi tambah ilmu mengetahui bagaimana cara berbelanja di  online marketplace yang terpercaya.

Lewat acara ini ada beberapa catatan penting  yang saya ingat, dan ingin saya bagi ke Mommies yang lain. Apa saja?

Pastikan penjualnya terpercaya

Nah, ini sudah pada tahu, dong, yaa….. masalahnya bagaimana cara tahu apakah si penjual atau marketplace yang kita pilih itu aman? Kalau saya, sih, ketika belanja selalu memerhatikan testimoni pembeli. Jangan lupa tanyakan pengalaman teman yang memang sudah pernah berbelanja di sana. Oh, ya, di forum kami juga ada, lho, bahasan mengenai belanja online di tempat yang terpercaya. Selain itu, ketahui juga background marketplace yang dipilih. Nah, mengingat blanja.com ini merupakan anak perusahaan Telkom dan ebay, saya jadi tambah yakin, kalau marketplace ini memang dipercaya. Seperti yang diutarakan Kartika selaku Trust & Safety Manager blanja.com, berbelanja di marketplace risiko untuk tertipu lebih kecil jika dibandingkan online shop (sosial media channel) karena sudah punya badan hukum yang jelas (PT)

Perhatikan metode transaksi

Nah, ternyata salah satu poin yang penting dan perlu diperhatikan adalah mengenai metode transaksi. Kalau biasanya saya suka khawatir dengan jika mengunakan menggunakan kartu kredit untuk transaksi belanja online, di blanja.com itu sudah menggunakan 3D secure. Artinya, mereka sudah menerapkan  pengamanan yang ketat sehingga  aman saat melakujan bertransaksi dengan kartu kredit . Contohnya, jika mengunakan transaksi dengan kartu kredit, sistem akan mengirimkan one time password sebagai verifikasi transaksi ke nomor HP untuk meminimalisir kemungkinan kartu kita disalahgunakan.

blanjadotcom1

Manfaatkan program diskon

Perlu diakui, beberapa kali saya pernah lupa daratan ketika belanja online, setelah dikalkulasikan, kok bikin kantong bolong, ya? Sejak itu saya pun akhirnya selalu menantikan program diskon yang ditawarkan. Bayangkan bagaimana asiknya kalau kita belanja mendapatkan diskon lebih dari 50%? Nah,ternyata, blanja.com paham akan kebutuhan ini, sehingga setiap hari Kami menawarkan program, ‘Krezi Kamis’ Murah Abis Setiap Kamis dengan diskon hingga 86%!  Ada juga program ‘Gercep’ alias Gerak Cepat.

Promo ini menjual produk-produk yang beragam mulai dari gadget, peralatan rumah tangga, alat kecantikan, peralatan bayi, dan masih banyak lagi dengan diskon yang nggak nanggung. Selain program diskon regular, ada juga diskon khusus tematik (hari Ibu, Harri Kartini, dll). Di Bulan Ramadhan nanti, blanja.com juga akan mengadakan banyak promo menarik, lho.

Kabar baiknya lagi, di blanja.com kita juga punya kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan. Jadi, kalau Mommies memang  ingin mengembangkan usaha dengan berjualan bisa memanfaatkan blanja.com. Nanti akan ada tim blanja.com yang akan memberikan training. Waktu itu, Kartika, Trust and Security dan Rieka Handayani, Public Relations blanja.com juga memastikan kalau produk yang dijual di sana adalah produk asli, jadi nggak usah takut kalau barangnya adalah produk K, palsu atau bekas.

 

 


Post Comment