8 Kesalahan yang Saya Lakukan Saat Kembali Bekerja

Waspada dengan beberapa kesalahan berikut ini yang biasanya terjadi saat harus kembali bekerja usai cuti bersalin.

8 Kesalahan yang Saya Lakukan Saat Kembali Bekerja

Gambar dari www.theparentreport.com

Selama tiga bulan mengurus buah hati kesayangan, dan harus kembali ngantor – rasanya? Ada perasaan sedih, sekaligus excited – karena kembali berjibaku dengan pekerjaan kantor yang sudah lama saya lakukan dan nikmati. Setidaknya hal itu yang pernah saya rasakan ketika harus kembali ngantor usai cuti bersalin. Lucunya, walau sudah mempersiapkan beberapa hal ketika masa cuti akan berakhir – tetap saja ada kesalahan yang saya lakukan (maklum, namanya juga manusia ya, Mommies :D).

Bicara tentang kesalahan, Ini versi kesalahan yang pernah saya lakukan, mudah-mudahan Mommies tidak mengalami apa yang saya alami ya :).

  1. Tidak memberikan kepercayaan pengasuhan kepada orang lain

Ini dia nih, fenomena ibu-ibu baru yang meninggalkan anak untuk kembali bekerja. Semuanya serba khawatir! Yaaa nggak apa-apa sih menulis jadwal menyusui si kecil, cara memberikan ASIP, jadwal mandi, dan lain-lain. Tapi jangan juga paranoid berlebihan. Ini membuat orang yang kita mintai tolong (baik itu pengasuh, orangtuaatau saudara) malah merasa tidak nyaman. Kebetulan ketika itu, Jordy anak pertama saya, dititipkan kepada orangtua saya. Perlahan catatan-catatan itu saya ubah dalam bentuk percakapan kepada mereka, supaya orangtua saya merasa diberikan kepercayaan dan merasa saya yakin bahwa mereka bisa menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

  1. Makan siang ala kadarnya

Saat masih cuti otomatis asupan makanan saya sangat terjaga, baik secara gizi ataupun kuantitasnya. Nah, begitu masuk kerja lagi mulai deh berantakan. Mulai dari jam makan yang kadang-kadang terlewat sampai gizinya yang patut dipertanyakan, hahaha. Entah itu karena terbatasnya pilihan menu sehat yang ada di dekat kantor atau load kerja yang menggila. Padahal, saat itu otomatis saya masih menyusui Jordy. Agar nggak kesalahan, mungkin menu makan untuk kita sebaiknya juga kita pikirkan, lho, moms.

  1. Kurangnya waktu “Me time”

Ini salah satu poin yang sampai sekarang saya sesali, “me time” yang saya maksud adalah kegiatan nyalon! Kok bisa-bisanya saya absen pergi ke salon untuk perawatan selama tiga bulan itu? Manfaatkan layanan pijat atau perawatan tubuh lainnya yang bisa dipanggil ke rumah, jadi Mommies masih bisa menyusui sambil di creambath.

  1. Tidak mempersiapkan tas kerja dengan baik

Posisi tas kerja yang tampil formal digantikan dengan diaper bag untuk sementara waktu. Jadi yaaa, wajar kalau tas kerja kesayangan Anda akan terbengkalai untuk sementara waktu. Inilah yang terjadi dengan saya, karena saya sibuk mempersiapkan perlengkapan pumping, malah tas kerja saya yang kurang mendapatkan perhatian. Saran saya, siapkan beberapa hari sebelum masuk kerja ya, Mommies, supaya bisa dilengkapi jika memang ada yang kurang.

Masih ada 4 kesalahan lainnya, cek di halaman ke dua


Post Comment