Good Place, Good Food at Safari Lodge Hotel

Ditulis oleh: Dona Kamal

Mau alternatif liburan yang ramah alam sekaligus mengajarkan si kecil mengenal binatang? Coba ajak ia menginap di Safari Lodge.

Bagi penduduk Jakarta,  salah satu destinasi wisata yang  cukup terjangkau adalah Puncak, Bogor. Suhunya yang cenderung lebih sejuk dari Jakarta, pemandangannya yang hijau, menjadi salah satu alasan warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan di Puncak. Sebagai warga Bandung, sebenarnya situasi di Puncak dapat dengan mudah kami jumpai di sekitaran Lembang dan Ciwidey. Namun, berhubung di Lembang dan Ciwidey tidak ada kebun binatang seperti Taman Safari Indonesia di Puncak, maka kami sekeluarga memutuskan menghabiskan liburan kali ini ke Puncak, Bogor, sekaligus memperkenalkan Gendra (2y11m) dengan hewan-hewan yang selama ini hanya dikenalnya lewat gambar.

safari lodge1

Ketika hendak memesan hotel, waktu itu pertimbangan saya adalah kenyamanan dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Taman Safari. Saya sempat bingung memutuskan hotel mana yang akan kami pesan. Namun setelah membaca beberapa review dari wisatawan, akhirnya kami memutuskan untuk memesan kamar di Safari Lodge Hotel untuk dua malam.  Awalnya saya sempat ragu setelah memesan kamar di Safari Lodge. Apa iya tempatnya nyaman? Jangan-jangan faktanya tidak senyaman review yang saya baca. Tapi kemudian beberapa minggu setelah pemesanan, saya menonton program acara liburan di TV yang me-review tentang Safari Lodge. Ahh…sepertinya saya ngga salah pilih hotel nih.

Ternyata benar! Safari Lodge ini terletak di dalam area Taman Safari Indonesia, bersebelahan dengan loket masuk ke Taman Safari. Awalnya kami agak bingung mencari lokasinya. Kami tidak menyangka kalau Safari Lodge ini ternyata ada di dalam komplek Taman Safari Indonesia. Ini berarti lingkungan di sekitar hotel benar-benar lingkungan “hutan” yang sejuk, bahkan ketika tengah hari bolong.

Selain kamar-kamar hotel reguler, Safari Lodge juga menyediakan pilihan untuk tinggal di caravan dan bungalow. Tarifnya, menurut kami, cukup bersaing. Untuk kamar-kamar di lodge, tarifnya ada di kisaran Rp 400rb-an s.d. Rp 1,4juta-an per malam tergantung kelas dan hari. Sementara untuk tinggal di caravan, tarifnya ada di kisaran Rp 500ribu-an s.d. Rp 1,05juta-an per malam dan Rp 800ribu-an s.d. Rp 2,3juta-an per malam untuk bungalow. Saya pribadi sih, tertarik untuk menginap di caravan karena konsep hotel caravan ini menurut saya adalah hal yang unik. Caravan yang digunakan adalah caravan asli yang ditempatkan di beberapa titik di dalam area Safari Lodge. Mulai dari titik terluar yang dekat dengan fasilitas hotel seperti restoran, kolam renang, dan lapangan olahraga, hingga titik terdalam yang tentu saja semakin menyajikan suasana “hutan” yang sejuk. Total ada 25 unit caravan yang tersedia di Safari Lodge.

safari lodge2 (1)

Selain suasananya yang super sejuk, makanan yang disediakan oleh pihak Safari Lodge juga enak-enak loh! Tidak seperti hotel-hotel lain, Restoran Caravan di Safari Lodge ini terpisah dari bangunan lodge/hotel, walaupun tentu saja masih terletak di dalam lingkungan Safari Lodge. Tapi kalaupun kita malas untuk berjalan menuju restoran, makanan bisa juga kok dipesan untuk diantar ke kamar. Pilihan menunya memang tidak sebanyak hotel bintang 5 dan kebanyakan adalah menu Nusantara. Tapi saya pribadi sih merasa puas sekali karena menurut saya masakannya enak-enak dan yang penting porsinya besar, hahaha. Harganya juga tidak terlalu mahal dibanding hotel atau restoran lain yang menyediakan menu yang sama. Di restoran ini, kita bisa memilih menikmati makanan di area indoor atau outdoor. Sambil menikmati makanan, pengunjung dapat menikmati suasana hutan dan menonton tingkah laku beberapa binatang seperti siamang, rusa, kura-kura, dan burung beraneka warna yang berada tak jauh dari restoran.

Selain restoran, Safari Lodge juga menyediakan kolam renang lengkap dengan jacuzzi, lapangan olahraga, beberapa permainan anak-anak, dan penyewaan sepeda bagi yang ingin mengelilingi komplek Safari Lodge yang luas. Selain itu ada juga fasilitas spesial yang diberikan oleh manajemen Taman Safari Indonesia untuk para tamu Safari Lodge,yaitu diskon 30% tiket masuk ke arena Taman Safari Indonesia, yeay!

Over all, kami puas sekali menghabiskan 2 malam di Safari Lodge. Next time kami akan datang lagi dan menginap di caravan atau bungalow yang lebih terasa nuansa hutannya. Yes,we’ll definitely come back here again!


Post Comment