3 Cara Mengonsumsi Buah yang Benar

Sudah menjadi rahasia umum kalau mengonsumsi buah itu mendatangkan banyak sekali manfaat, supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal perhatikan cara mengonsumsi buah yang benar berikut ini.

3CaraMengonsumsiBuahyangBenarSaya pribadi dan pasangan termasuk orang yang doyan banget dengan buah-buahan – setiap minggu harus ada stok buah di dalam kulkas. Selain makan makan buah dalam bentuk asli, terkadang kami juga mencari alternatif makan buah dengan bentuk olahan lain – misalnya dengan mengonsumsi sorbet. Tapi kalau sudah urusan memilih buah, sayalah yang diandalkan oleh suami, hihihihi – misalnya memilih mangga, jeruk dan alpukat yang sudah layak dikonsumsi. Ketiga buah-buahan itulah yang paling sering kami konsumsi. Selain harganya terjangkau, ketiga buah tadi sudah bisa dikonsumsi oleh Jordy anak kami yang berusia 16 bulan.

Sementara itu, baru-baru ini saya sempat ngobrol seputar bagaimana sih cara yang benar mengonsumsi buah yang baik untuk anak dan orang dewasa,  dengan Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK, Ahli Gizi Klinik pada peluncuran Rainbow Hoops rasa buah. Secara garis besar, Dr. Fiastuti memberikan 3 kiatnya berikut ini:

  • Pemberian buah pada anak, sebaiknya dilakukan setelah makan. Karena buah itu kalorinya kecil, tetapi seratnya tinggi – jadi efek kenyangnya tinggi. Jadi kalau anak dikasih buah dia sudah keburu kenyang. Tapi kalau untuk orang dewasa yang takut gemuk, makan buah dulu itu malah bagus untuk mengenyangkan dan mengontrol supaya asupan makan berat tidak berlebihan. Kalau untuk anak buah bisa diberikan setelah makan atau bersamaan saat makan.
  • Kalau kita mau mendapatkan efek vitamin mineral, efek serat, dan efek cairan dari buah – makan buah itu sebaiknya dalam keadaan utuh, artinya dikupas dipotong dan langsung dimakan. Kalau diblender sebetulnya tidak jauh berbeda dengan dipotong karena kita masih mendapatkan manfaat baiknya. Tapi kalau dijus, kita hanya mendapatkan cairan dan vitaminnya saja, kita tidak mendapatkan seratnya, karena seratnya dibuang.
  • Selain itu, kalau buah diblender dan dipotong harus langsung dimakan, karena buah banyak mengandung vitamin, kalau buah dikupas dan dipotong kecil-kecil atau kita blender, lalu kita taruh di suhu ruangan – akan terpapar oleh udara, dan matahari. Bahkan tidak disarankan menyimpan buah yang sduah dipotong dalam waktu lama di dalam kulkas. Hal tersebut bisa menyebabkan vitamin buah teroksidasi – jadi kita tidak akan optimal mendapatkan vitamin C dan betakarotinnya.

Bagaimana  Mommies, apakah selama ini cara makan buah-buahan Anda sudah benar? Mudah-mudahan kiat-kiat tadi bisa bermanfaat ya :)