6 Kiat Tetap Fit Saat di Kantor

Kerjaan bertumpuk? Nggak sempat olahraga sehingga badan terasa kurang fit? Tenang… lakukan saja beberapa langkah di bawah ini sehingga Mommies bisa tetap fit.

Belum lama ini suami saya protes. Bukan protes karena masakan saya rasanya tak kunjung enak seperti chef di hotel berbintang. Bukan juga protes karena saya menelantarkan atau kurang perhatian pada keluarga terutama pada anak kami, Bumi. Suami saya protes karena saya mulai sering nggak fit.

“Kok, kamu sekarang sering banget, flu? Mungkin karena kamu jarang olahraga, ya?”

Wah, kalau ngomongin olahraga, kalau dibandingkan dengan dirinya, suami saya ini memang getol banget olahraga. Seminggu sekali ia selalu ikutan futsal bersama teman kantornya, hampr setiap akhir pekan dia pun akan bangun lebih pagi untuk lari atau bersepeda di lingkungan rumah. Bahkan sekali-kali jalurnya akan ditambah dengan keliling sepeda atau lari ke daerah Sudirman atau Bintaro.

Sementara saya? Paling hanya renang atau pun main badminton di akhir pekan. Itu pun tidak terlalu sering.  Saya sering menggunakan alasan kalau nggak punya waktu olahraga. Sudah kecapean kerja. Tak sempat olahraga? Masa, sih?  Padahal, sebagai perempuan pekerja justru sebenarnya saya bisa saja menyiasati waktu untuk melakukan olahraga.

Yah, paling tidak ada banyak kegiatan aktifitas fisik yang bisa kita lakukan. So, no excuses! Get fit plan. Supaya badan tetap fit saat bekerja, saya pun akhirnya melakukan beberapa langkah sederhana saat berada di kantor. Apa saja?

Jaga emosi

Saya percaya kalau sehatan itu akan punya kaitan erat dengan jiwa. Jadi, kalau kita bisa punya emosi kita bisa stabil, tentu kita akan lebih sehat. Memang, sih, kadang  penatnya pekerjaan suka bikin kita, stress. Belum lagi kalau mengingat kondisi jalanan yang sudah nggak ramah. Untuk itu, setiap kali mulai merasa penat atau pun  stres, saya pun akan  megambil napas dalam-dalam untuk ataupun mengendalikan pikiran. Kalau dirasa nggak berhasil, saya akan memilih untuk keluar dari area meja sejenak untuk menyegarkan pikiran.

Minum air putih

Fit saat di kantor1

Keasikan kerja, boleh saja. Tapi tetap jangan lupa minum air putih untuk membantu menyeimbangkan tubuh dari kebutuhan cairan. Lagi pula sudah pada tahu, dong, ya kalau minum air putih sangat bermanfaat untuk tubuh.  Oh ya, kalau banyak teman-teman saya yang meilih botol minuman dengan ukuran yang besar, saya justru memilih botol minum dengan ukuran kecil sehingga ketika sudah habis, mau nggak mau saya harus berjalan untuk mengambil air lagi.

Posisi duduk

Yakin, deh, kalau duduk lama-lama di meja kerja pasti kita akan merasa pegal. Untuk itu, coba perhatikan posisi duduk. Usakan ampil posisi duduk yang nyaman dengan punggung ditopang oleh kursi. Kalau perlu sediakan bantal kecil. Ketika bekerja, usakahan jangan  membungkuk ke depan saat mengetik. Lalu jangan lupa istirahatkan jari-jari tangan setelah sekian lama mengetik.

Kedipkan mata

Ngomongin soal kesehatan, tentu tidakakan terlepas dari menjaga kesehatan mata. Untuk itu,  usahakan untuk mengedipkan mata secara berkala. Fungsinya, tentu saja untuk dengan menjaga kelembapan mata. Di samping itu, ketika berada di depan layar komputer, coba perhatikan jarak mata dan layar monitor, jangan sampai terlalu dekat.

Ingin membeli sesuatu, lakukan sendiri

Sudah bisa dipastikan, ya, kalau terlalu lama di depan layar komputer akan membuat tubuh kita jarang bergerak. Hasilnya tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Selain mengambil air minum sesering mungkin, coba, deh, untuk selalu luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berjalan selama 30 menit guna melemaskan otot dan persendian tubuh. Cara seperti ini akan saya lakukan ketika ingin membeli makan siang atau jajan sore saat di kantor. Jadi, nggak perlu minta tolong office boy, terus, ya!

Olahraga

Tidak sedikit penelitian yang menyebutkan kalau Orang yang bekerja terlalu lama di belakang meja akan mengalami pertambahan berat badan drastis. Untuk itu, sebisa mungkin  usahakan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat guna memperlancar metabolisme tubuh.

Bagaimana dengan Mommies yang lain? Kalau punya ‘resep’ untuktetep fit saat di kantor, share, ya!


2 Comments - Write a Comment

  1. Ini bener banget sih. Berat badan saya nambah setelah pindah kantor. Soalnya pekerjaan yang baru porsinya lebih banyak me-review dokumen dan meeting-meeting, yang artinya duduk terus. belum lagi kalau meeting disuguhin cemilan mulu, ahahahah… Enak tapi bikin berabe :p

    Sekarang lagi merutinkan diri untuk jogging di taman belakang kantor. Nggak muluk-muluk, 3x seminggu aja. Lumayan sih badan jadi lebih enak. Mudah-mudahan nggak kambuh malesnya xD

    1. hahahhahaaa.. iya, Mbak…. meeting dan ngetik sambil ngunyah cemilan. Ya, nggak aneh kl badan makin gelembung…. memang deh, kalau malas harus dilawan. Targetnya, sih, paling nggak dua kali dalam seminggu bs jalan atau lari pagi. Akhir pekan renang, deeeh….

Post Comment