Kampanye Penuh Cinta untuk Anak dalam Koleksi Ivan Gunawan, ‘Corat-Coret’

Kepedulian terhadap anak-anak dicurahkan sepenuhnya melalui show Ivan Gunawan ini.

Sebuah konsep acara penuh warna dan peragaan busana yang begitu menggugah dan berkesan. Sebelumnya, saya jarang menemui acara mode yang membawa pesan begitu dalam tentang anak-anak, seperti ini. Anak-anak menjadi sumber inspirasi utama bagi Ivan Gunawan untuk koleksi label ready to wear miliknya, Jajaka. Bukan hanya menjadi inspirasi, pemikiran dan kepedulian tentang masa depan anak-anak kita membuat Ivan menjadikan acara ini sekaligus sebagai sarana untuk mengingatkan kita semua, untuk peduli dan bersama-sama mencegah kekerasan pada anak, sekecil apapun.

Kebahagiaan, keamanan, pendidikan dan kesejahteraan anak-anak menjadi tanggung jawab orang dewasa. Dunia anak seharusnya adalah dunia yang nyaman, aman bagi mereka untuk berimajinasi seluas-luasnya, berkembang dan berkreasi dengan bebas, ceria dan penuh warna. Tetapi kekerasan terhadap anak rupanya terus terjadi, yang membuat kita sedih, marah dan sangat prihatin.

Sudahkah kita membuka hati dan mata kita untuk lebih peduli dengan anak-anak yang ada di sekitar kita? Sahabat Anak Negeri, yang menjadi pendukung acara ini juga terus mengingatkan kita untuk ‘ikut campur’, dan peduli, karena sikap kita tersebut bisa mencegah terjadinya kekerasan terhadap seorang anak. Sahabat Anak Negeri yang dimotori beberapa artis seperti Widi Mulia, Shanty, Dira Sugandi dan Teuku Zacky mengingatkan untuk tidak sekedar peduli, tetapi take action, speak up, dan lapor bila melihat, mendengar dan mencurigai tindak kekerasan terhadap anak di sekitar kita. Video “Stop Child Abuse. Take Action!” ini menjelaskan dengan praktis bagaimana kita bisa berperan lebih untuk mencegah kekerasan terhadap anak.

YouTube Preview Image

Koleksi Ivan dalam show Corat-coret ini menggunakan material batik yang berwarna cerah, dan sangat mencerminkan kebebasan mencampur warna dan bentuk, melahirkan wujud yang ekspresif, dan bebas. Ivan sering menerima gambar corat-coret khas goresan anak-anak dari dua keponakannya yang berusia tujuh dan sembilan tahun, dan coretan mereka menjadi ide dasar Ivan dalam merancang koleksinya. Walaupun terinspirasi dari anak-anak, busana yang ditampilkan sebagian besar adalah busana untuk orang dewasa, sebagai koleksi utama label Jajaka. Ada pula rancangan khusus untuk anak-anak, yang di panggung ditampilkan oleh anak-anak dari banyak selebriti yang menjadi modelnya.

jajaka1 jajaka2

Rancangan Ivan Gunawan kali ini sangat playful, menggambarkan keceriaan dan kebebasan dalam bergerak dan berekspresi. Gaya yang casual dan sporty, tampak dalam beberapa signature item seperti jaket batik dan kemeja putih berpadu batik yang tetap clean look.

Di penghujung show, Ivan membuat sebuah ‘statement’ yang menegaskan dedikasinya ini. Semua model berjalan di panggung dengan membawa papan bertuliskan dukungan terhadap perlindungan anak, dan kampanye ‘stop kekerasan terhadap anak’. Bagaikan peserta demo, mereka berkeliling dan mengacungkan papan-papan pernyataan tersebut.

jajaka3
Banyak keluarga selebriti yang berpartisipasi dalam show ini, seperti keluarga Ussy Sulistiawati dan Widi Mulia ini.

Menarik ya? Oya, koleksi ready to wear Ivan Gunawan ini bisa kita dapatkan melalui online shop, di www.igunonshop.com dan instagram @igun_onshop.

Kesadaran untuk melindungi anak-anak ini memang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Tetapi, nyatanya memang masih banyak sekali keluarga, anggota masyarakat di Indonesia yang belum paham dan belum memandang isu kekerasan ini sebagai sesuatu yang serius. So, tugas kita semua untuk terus menerus mengajak, dan mengingatkan. Sebuah reminder kreatif semacam ini bisa menjadi salah satu caranya.

 

 

 

 


Post Comment