6 Destinasi Seru Untuk Anak di Jakarta

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth W

Ini dia 6 tempat +1  (dari kacamata saya, seorang ibu beranak dua) yang membuat saya jatuh cinta pada Jakarta.

Meskipun Jakarta dibilang sebagai kota macet dan polusi udaranya tinggi, tapi sebagai warga Bekasi yang menghabiskan banyak waktu di Jakarta (mulai dari bekerja, sekolah anak hingga berlibur) saya mencoba melihat sisi ‘indahnya’ Jakarta di mata saya.Pilihan saya berdasarkan ramah tidaknya tempat tersebut untuk keluarga, hehehe.

Jujur saya selalu mati gaya (kalau tidak boleh dipakai kata mati gaya, ganti : bingung) menyambut hari libur atau weekend. Kemana lagi ya saya bisa bawa jalan-jalan anak-anak saya? Saya dan suami kan tidak mungkin selalu menghabiskan waktu dan uang di playground dan menikmati “penuh”nya tempat tersebut di saat musim liburan/weekend.  Saya berdua suami masih ingin menikmati hari libur ke tempat-tempat yang kami dapat nikmati sebagai orang dewasa, tanpa harus khawatir apakah tempat tersebut sesuai untuk anak-anak atau bukan. Namun, berkat kegigihan saya sebagai tukang jalan-jalan, saya menemukan beberapa spot asyik yang mudah-mudahan Anda semua dapat menikmatinya juga bersama keluarga ya.

TC2

*Gambar dari sini

  1. Urban Kitchen Kids Area. Kalau sudah sampai urusan mencari makan, biasanya dalam satu keluarga seleranya bisa beda-beda, food court sebetulnya merupakan pilihan yang paling asik karena makanan yang tersedia lengkap, baik Internasional dan lokal dengan harga yang terjangkau. Tapiii menurut saya food court merupakan tempat yang paling tidak ramah akan anak sampai saya mencoba Urban Kitchen cabang Central Park. Di situ terdapat area anak-anak yang menyediakan berbagai kegiatan seperti menggambar dan Art & C Tidak perlu khawatir mereka akan berlari-lari di seputar food court karena bosan, karena di area ini mereka dapat memilih aktivitas yang sudah disediakan.
  1. Family Movie Time di Blitz Megaplex (Grand Indonesia). Program di mana bioskop diatur senyaman mungkin untuk keluarga yang membawa anak-anaknya nonton. Lampu tidak terlalu gelap, suara tidak terlalu kencang, ruangan tidak terlalu dingin, dan yang paling penting di sini anak-anak bebas beraktivitas tanpa khawatir ada yang protes! Stroller pun boleh diletakkan di dalam bioskop. Karena anak-anak saya termasuk yang kerap bereaksi saat lampu dimatikan dan saat mendengar suara yang sangat keras di adegan tertentu, maka program ini merupakan jawaban dari keresahan saya setiap ingin mengajak anak menonton di bioskop. Program ini memang belum rutin dan hanya ada pada film anak-anak tertentu, makanya saya berharap lusa nonton Minions program ini diadakan lagi!
  1. Dominos Pizza. Biasanya kalau hari libur, para mommies sudah berencana untuk berjumpa sahabat dekat atau mengikuti arisan. Nah, ini salah satu tempat yang mungkin bisa menjadi pilihan apabila ingin mengajak anak-anak. Hanya dengan mengumpulkan minimal 10 anak dan membayar per anak sebesar Rp 32.72++, selama kurang lebih 30-45 menit anak-anak akan menikmati berkeliling seputar dapur dan storage, lalu dapat melihat langsung pembuatan pizza dan terakhir mencoba langsung membuat pizza dengan bebas memilih topping yang tersedia. Anak sibuk bermain sekaligus belajar, orangtua dapat leluasa mengunyah dan kangen-kangennan dengan teman-temannya.
  1. For a book lover, Gramedia di mal-mal besar, Books & Beyond, Karawaci. dan Kinokuniya, SOGO Plaza Senayan adalah surga buat saya. Berhubung saya dan suami suka sekali berlama-lama di toko buku, maka beruntunglah kami memiliki anak-anak yang betah juga di dalam toko buku. Apalagi kalau section anak-anaknya besar dan beragam pilihan bukunya. Entah hawa atau suasana toko buku, anak-anak saya selalu bisa tenang dan tidak pernah cranky, selalu well behave kalau dibawa masuk ke toko buku! Ini yang membuat saya hampir selalu menjadwalkan mampir ke toko buku setiap mampir ke mal. Untuk alternatif lain, bisa juga cek tempat membaca raman anak yang pernah ditulis oleh Mommies Daily di sini
  1. Bermain di Taman Honda, Tebet. Baru pertama kali ke sana namun sepertinya bisa menjadi tempat favorit anak-anak. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak karena tempatnya yang begitu luas dan nyaman, seperti jogging karena ada track khusus, ada juga reflexology track dengan berbagai tingkatan, lapangan luas yang bisa dipakai untuk main sepeda, dan terdapat playground Happy-nya pakai sangat! Murah (ralat, gratis!) dan sehat karena udara segar dan anak bergerak melakukan banyak aktivitas.
  1. Weekend at Shangrila Hotel. Cukup satu kali anak-anak di bawa ke tempat penginapan seperti hotel, pasti mereka akan minta untuk kedua kalinya dan berikutnya. Tapi yang namanya hotel kan tidak murah ya apalagi sedang musim liburan. Tapi ketika dengar Hotel Shangrila memiliki paket weekend dengan harga yang lebih murah dibanding hari biasa dan setelah membanding-bandingkan dengan hotel bintang lima lainnya, paket tersebut sangat terjangkau dan menarik sekali, langsunglah saya dan suami booked kamar di suatu Hasilnya sukses membuat saya akan bangkrut di kemudian harinya. Karena anak-anak sangat menikmati liburan singkat tersebut. Setiap Sabtu/Minggu siangnya terdapat area anak outdoor dan semi outdoor di mana terdapat banyak sekali aktivitas anak seperti bouncy castle, berkuda, mini sepak bola, face painting, menghias cup cakes/cookies, memberi makan hewan dan banyaak lagi programnya yang berbeda-beda setiap akhir pekannya. Belum lagi masih terdapat aktivitas di kids club-nya dan menikmati segarnya berenang. Selagi anak-anak bermain di kids club, mama papanya dapat bersantai di lounge atau café. Getaway singkat yang tak terlupakan untuk anak-anak dan orang tua!

For a mall hunter, saya punya mal favorit baru, Bintaro Exchange Mall (BEX) dan The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) . Memang ini lokasinya bukan di Jakarta, tapi tetap saya masukkan karena memang tempatnya asik.

  1. Di area luar BEX terdapat taman yang cukup luas dimana anak-anak bisa berlari-lari atau bersepeda menghirup udara segar di pagi atau sore hari. Selain itu terdapat fasilitas bioskop outdoor yang terkadang memutarkan film anak-anak. Seru, kan!?
  1. The Breeze BSD merupakan tempat yang pas apabila Anda sudah jenuh mendatangi mall yang penuh batasan tembok. Karena di sini begitu banyak ruang lapang dan area outdoor yang pasti akan sangat dinikmati anak-anak. Di area Pasar Ragam sering diadakan acara-acara seperti bazaar atau nonton bersama. Sepertinya nonton dengan lokasi outdoor merupakan pilihan yang tepat bagi anak-anak, selain menghirup udara segar, anak-anak juga merasa leluasa, dan tidak perlu takut gelap.

Selamat Ulang Tahun ke 488 Jakarta tercinta.


Post Comment