4 Tempat Membaca Ramah Anak di Jakarta

“A room without books is like a body without soul” – Marcus Tullius Cicero.

Saya sangat suka mengajak anak mengunjungi perpustakaan, khususnya yang ramah anak. Bukan karena mau sok-sokan mencitrakan diri berbudaya, nih, Mommies, hihihi. Tapi karena saya sadar banyak sekali manfaat dari berkunjung ke perpustakaan, salah satunya sebagai alternatif tempat hiburan bersama anak.

share-clipart-free-clip-art-children-reading-books-600x715

*Gambar dari sini

Tahu sendiri, kan,  kalau mencari tempat nongkrong yang nyaman sekaligus ramah-anak di Jakarta itu agak tricky? Ujung-ujungnya ya ke mall lagi, mall lagi. Habis bagaimana, mau sedang panas atau hujan sekalipun, di mall tetap terasa nyaman. Mall juga serba ada, mau makan tinggal mampir ke restoran atau food court, mau grocery shopping tinggal melangkah ke supermarket, begitupun kalau ingin nyalon atau nonton film, mall is a one-stop leisure center. Tapi, seperti saya singgung sedikit di artikel ini, juga ada kelemahan dari mengajak keluarga ke mall, salah satu yang dikhawatirkan adalah akan menumbuhkan sikap konsumtif – bukan cuma di diri anak, tapi juga di diri kita sendiri sebagai orangtua. Makanya, begitu menemukan perpustakaan di sekitar kawasan tempat tinggal, saya langsung bersemangat untuk menyambanginya.

Perpustakaan zaman sekarang sangat jauh berbeda dari perpustakaan di sekolah (negeri) atau milik pemerintah daerah seperti yang kerap saya sambangi saat masih sekolah dulu. Berhubung didirikan oleh pihak swasta, perpustakaan masa kini dibuat sangat nyaman dan didekorasi dengan menarik. Bukan cuma anak yang otomatis excited begitu memasuki perpustakaan semacam ini, orangtuanya pun dijamin akan tergugah untuk foto-foto lalu mengunggahnya ke social media, hahaha.

Jangan salah, perpustakaan masa kini juga bisa menjadi one-stop leisure center, lho. Perpustakaan yang cukup dekat dengan tempat tinggal saya seperti Rimba Baca misalnya, yang selain menyediakan beragam bahan bacaan (untuk anak maupun orangtua), juga kerap mengadakan berbagai aktivitas seru. Pada akhir pekan dan saat liburan sekolah, di tempat ini diadakan kegiatan dan acara-acara yang ramah anak, antara lain storytelling, mengenal binatang peliharaan, crafting hingga fun science experiment.

Berkat kerap berkunjung ke perpustakaan dan melihat berlimpah-ruahnya pilihan buku di sana, anak saya jadi bersemangat ingin membaca (lebih tepatnya sih dibacakan) rupa-rupa buku. Minat baca dapat dengan mudahnya disuburkan hanya dengan satu-dua jam kunjungan ke perpustakaan setiap minggunya karena di situ kami bisa meraih quality time dengan membaca bersama.

Tapi, bukan cuma perpustakaan yang bisa menjadi destinasi untuk membaca bersama anak, Mommies. Ketika menyambangi mall, ada toko-toko buku dengan koleksi bahan bacaan keren yang menyediakan kids’ reading corner. Saya lebih suka “meringkus” anak ke sana sebelum dia melihat game arcade center di mall, hahaha. Suasana toko-toko buku ramah anak ini bagaikan oase di tengah hiruk-pikuk mall, di tempat semacam ini kami bisa mengisi diri dengan bacaan dan pengetahuan, bukan cuma sibuk mengonsumsi.

Nah, jika Mommies ada yang ingin menghabiskan akhir pekan nanti ke perpustakaan atau toko buku ramah-anak bersama keluarga, berikut saya sarikan beberapa tempat yang bisa dipilih di Jakarta.