banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

4 Tempat Membaca Ramah Anak di Jakarta

author

vanshe28 May 2015

4 Tempat Membaca Ramah Anak di Jakarta

“A room without books is like a body without soul” – Marcus Tullius Cicero.

Saya sangat suka mengajak anak mengunjungi perpustakaan, khususnya yang ramah anak. Bukan karena mau sok-sokan mencitrakan diri berbudaya, nih, Mommies, hihihi. Tapi karena saya sadar banyak sekali manfaat dari berkunjung ke perpustakaan, salah satunya sebagai alternatif tempat hiburan bersama anak.

share-clipart-free-clip-art-children-reading-books-600x715

*Gambar dari sini

Tahu sendiri, kan,  kalau mencari tempat nongkrong yang nyaman sekaligus ramah-anak di Jakarta itu agak tricky? Ujung-ujungnya ya ke mall lagi, mall lagi. Habis bagaimana, mau sedang panas atau hujan sekalipun, di mall tetap terasa nyaman. Mall juga serba ada, mau makan tinggal mampir ke restoran atau food court, mau grocery shopping tinggal melangkah ke supermarket, begitupun kalau ingin nyalon atau nonton film, mall is a one-stop leisure center. Tapi, seperti saya singgung sedikit di artikel ini, juga ada kelemahan dari mengajak keluarga ke mall, salah satu yang dikhawatirkan adalah akan menumbuhkan sikap konsumtif - bukan cuma di diri anak, tapi juga di diri kita sendiri sebagai orangtua. Makanya, begitu menemukan perpustakaan di sekitar kawasan tempat tinggal, saya langsung bersemangat untuk menyambanginya.

Perpustakaan zaman sekarang sangat jauh berbeda dari perpustakaan di sekolah (negeri) atau milik pemerintah daerah seperti yang kerap saya sambangi saat masih sekolah dulu. Berhubung didirikan oleh pihak swasta, perpustakaan masa kini dibuat sangat nyaman dan didekorasi dengan menarik. Bukan cuma anak yang otomatis excited begitu memasuki perpustakaan semacam ini, orangtuanya pun dijamin akan tergugah untuk foto-foto lalu mengunggahnya ke social media, hahaha.

Jangan salah, perpustakaan masa kini juga bisa menjadi one-stop leisure center, lho. Perpustakaan yang cukup dekat dengan tempat tinggal saya seperti Rimba Baca misalnya, yang selain menyediakan beragam bahan bacaan (untuk anak maupun orangtua), juga kerap mengadakan berbagai aktivitas seru. Pada akhir pekan dan saat liburan sekolah, di tempat ini diadakan kegiatan dan acara-acara yang ramah anak, antara lain storytelling, mengenal binatang peliharaan, crafting hingga fun science experiment.

Berkat kerap berkunjung ke perpustakaan dan melihat berlimpah-ruahnya pilihan buku di sana, anak saya jadi bersemangat ingin membaca (lebih tepatnya sih dibacakan) rupa-rupa buku. Minat baca dapat dengan mudahnya disuburkan hanya dengan satu-dua jam kunjungan ke perpustakaan setiap minggunya karena di situ kami bisa meraih quality time dengan membaca bersama.

Tapi, bukan cuma perpustakaan yang bisa menjadi destinasi untuk membaca bersama anak, Mommies. Ketika menyambangi mall, ada toko-toko buku dengan koleksi bahan bacaan keren yang menyediakan kids' reading corner. Saya lebih suka "meringkus" anak ke sana sebelum dia melihat game arcade center di mall, hahaha. Suasana toko-toko buku ramah anak ini bagaikan oase di tengah hiruk-pikuk mall, di tempat semacam ini kami bisa mengisi diri dengan bacaan dan pengetahuan, bukan cuma sibuk mengonsumsi.

Nah, jika Mommies ada yang ingin menghabiskan akhir pekan nanti ke perpustakaan atau toko buku ramah-anak bersama keluarga, berikut saya sarikan beberapa tempat yang bisa dipilih di Jakarta.

1. Perpustakaan Rimba Baca

Pastinya ini tempat pertama yang saya sebut karena memang sudah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit kami. Kalau sudah menjadi anggota perpustakaan, kita bisa meminjam 5 buah buku setiap minggunya. Koleksi bukunya tidak terbatas untuk anak-anak saja, tapi juga untuk dewasa. Yang unik, di tempat ini, komik dan majalah ditaruh di corner yang letaknya agak jauh (pojok lantai 2) agar tidak menjadi pilihan pertama anak saat datang ke sini. Tempat ini tidak cuma diramaikan oleh buku tapi juga berbagai mainan edukatif. di sini juga ada arts & crafts corner tempat anak bisa menggambar, mewarnai dan membuat prakarya seperti origami atau melukis keramik. Selain rutin mengadakan aktivitas ramah anak, tempat ini juga punya program liburan yang seru.

[caption id="attachment_53129" align="aligncenter" width="240"]rb2 Asyik mewarnai di pojok Arts & Crafts[/caption]

[caption id="attachment_53127" align="aligncenter" width="480"]rb5 Program liburan bersama Gen Cerdik di Rimba Baca[/caption]

[caption id="attachment_53126" align="aligncenter" width="480"]rb4 Acara Fun Science bersama Gen Cerdik di Rimba Baca[/caption]

Alamat                       : Jl. RSPP No. 21B, Cilandak, Jakarta Selatan

No telepon                : (021) 766-4517

Website                     : www.rimbabaca.com

Twitter                       : @rimbabaca

Jam operasional

Senin-Jumat             : 09:00-17:00

Sabtu-Minggu          : 09:00-19:00

2. Toko Buku Aksara

Ini toko buku favorit saya. Sejak masih kuliah, saya suka berlama-lama di sini untuk melihat-lihat (dan sesekali membeli) berbagai buku yang dikurasi dengan sangat baik. Koleksi Aksara unik dan tidak pasaran; tidak hanya bacaan, tempat ini juga menjual koleksi non-buku seperti piringan hitam, CD, DVD, kamera dan benda-benda untuk dekorasi rumah, traveling, dan lain-lain. Di berbagai toko Aksara, antara lain di Kemang, Citos, dan Pacific Place, saya selalu menemukan kids' corner yang ditata dengan apik. Buku-buku untuk anak biasanya disatukan di satu pojok khusus yang lantainya dilapisi parket. Ini membuat anak dan orangtua bisa memilih buku dengan santai karena bisa sambil duduk-duduk di lantai. Koleksi buku anaknya pun, lagi-lagi, unik. Kita bisa menemukan buku-buku anak yang dikategorikan terbaik atau recommended karena legendaris, misalnya buku-buku Dr, Seuss, "Where the Wild Things Are" oleh Maurice Sendak, "The Giving Tree"oleh Shel Silverstein, atau "A Color of His Own" oleh Leo Lionni.

aksara

*Gambar dari sini

[caption id="attachment_53133" align="aligncenter" width="480"]bookstore2 Seems like a little piece of heaven, isn't it?[/caption]

Facebook page: https://www.facebook.com/AksaraStore

3. Perpustakaan The Open Book

Tempat satu ini belum pernah saya masuki, saya hanya melewatinya saat sudah tutup. Tapi, dari luar saja tempat ini sudah tampak sangat menarik. Kebetulan, seorang kenalan di social media mengunggah foto-fotonya ketika sedang berkunjung ke The Open Book. Wah, saya jadi penasaran dan berencana ingin mengunjunginya dalam waktu dekat. Dari informasi yang saya kumpulkan, selain bisa dikunjungi per kedatangan, tempat ini menyediakan paket keanggotaan bulanan dan tahunan untuk bisa meminjam buku. Di sini juga kerap diadakan acara-acara seru bagi anak maupun orangtua, yang tentu biayanya akan lebih murah jika kita menjadi anggota perpustakaan.

 

the-open-book-1

*Gambar dari sini

Alamat                       : Dharmawangsa Square, 2nd Floor, Unit 36-37

Jl. Dharmawangsa VI & IX, Jakarta Selatan

No telepon                : (021) 727-808-25/26

Websiite                    : http://www.theopenbook.co.id/

Twitter                       : @theopenbook_id

Jam operasional

Senin-Jumat             : 10.00 – 19.00

Sabtu                          : 10.00 – 17.00

Minggu                      : 11.00 – 15.00

4. Perpustakaan/ Kafe Reading Room

Saya menemukan tempat ini saat sedang melintas di kawasan Kemang Timur. Jika Mommies suka nongkrong berlama-lama dikelilingi buku, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat. Buku-buku di sini memang hanya bisa dibaca di tempat dan juga ada lokasi untuk merokok di lantai 2. Meski begitu, saya pernah mengajak anak saya ke tempat ini saat sebelum jam makan siang di hari kerja, jadi suasananya masih sepi dan nyaman untuk membaca buku bersama anak diselingi menyantap makanan.

IMG_0992b

Alamat           : Jl. Kemang Timur Raya No. 57, Jakarta Selatan

No telepon    : (021) 9027-7567

Website         : http://thereadingroomjkt.weebly.com/

Twitter           : @readingroomjkt

Sayangnya, berhubung saya tinggal di Jakarta dan belum banyak menjelajah tempat semacam ini di kota-kota lain, jadi saya belum bisa banyak bercerita tentang tempat-tempat sejenis di luar Jakarta. Apakah ada Mommies yang ingin berbagi tentang perpustakaan atau toko buku ramah anak lainnya? Yuk, share di sini!

PAGES:

Share Article

author

vanshe

Ibu satu anak. Was an SAHM for 2,5 years but decided that working outside home is one of many factors that keeps her sane. Grew up deciding not to be like her mother, but actually feels relieved she turns out to be more and more like her each day. She's on Twitter & IG at @rsktania.


COMMENTS