Belajar Lebih Seru Bersama Youtube

Pemakaian teknologi yang tepat ternyata bisa menjadi alat bantu untuk anak belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Dan, Youtube menyediakannya.

digital-learning

*Gambar dari sini

Dulu, saya sempat menganggap teknologi merupakan ‘musuh’ untuk kedua anak saya yang waktu itu berusia 5 dan 7 tahun. Khawatir kalau mereka akan menjadi korban dari cyber crime membuat saya sangat membatasi pemakaian smartphone ataupun tablet. Sampai suatu ketika saya menyadari jika saya, sebagai orangtua cukup jeli melihat dan memahami aturan mainnya, maka teknologi dapat menjadi ‘guru’ untuk kedua anak saya.

Semua berawal dari dimulainya kegemaran mereka terhadap film-film besutan Marvel. Mulai dari Thor, The Avengers, Spiderman sampai yang terbaru adalah The Avengers Age of Ultron. Kekaguman mereka akan tokoh-tokoh superhero membuat mereka mempraktikkan adegan-adegan laga yang ada di dalam film-film tersebut. Khawatir? Ya iyalah. Saya takut mereka akan kebablasan dan ujung-ujungnya malah akan menyakiti diri sendiri atau teman-temannya.

Menerangkan bahwa apa yang ada di film hanya pura-pura dan jangan dicontoh sudah seringkali saya lakukan. Tapi, yang namanya anak kecil, sangat sulit menerima penjelasan kalau tidak didukung dengan visual. Sampai satu hari, saya pun punya ide untuk memperlihatkan kepada mereka bagaimana behind the scene dari semua film yang mereka tonton. Caranya? Cari di Youtube.

Terbukti cara saya ini manjur. Saat mereka melihat ternyata adegan Spiderman berantem dengan manusia listrik hanyalah rekayasa, atau bahwa mobil-mobil yang saling bertabrakan sebenarnya hanyalah background hijau yang kemudian diubah dengan bantuan komputer, secara pelan namun pasti mereka pun mulai paham bahwa apa yang ada di film itu tidak nyata. Terbukti bahwa Youtube yang erat kaitannya dengan teknologi sekarang malah berbalik menjadi sumber pengetahuan untuk anak-anak saya belajar.

Dan, ternyata, saat saya menghadiri acara yang digagas oleh Google di akhir April 2015 lalu, Google juga memperlihatkan bahwa Youtube sukses mengumpulkan pengajar di Indonesia untuk mengubah ruang kelas menjadi ‘Kelas Global.”

Bagaimana caranya? Lanjutkan di halaman berikut ya


Post Comment