Parenting di Media Sosial, 4 Hal yang Harus dilakukan

Siapa di antara Anda yang akhir bulan Februari kemarin mampir ke acara Social Media Week di Pacific Place? Atau, mungkin ada yang datang saat Mommies Daily mengadakan talkshow bareng Amalia Sari Utomo, seorang Creative Director Juara Agency dan juga ibu dari anak remaja yang aktif di media sosial? Waktu itu Mommies Daily memang berkesempatan meramaikan acara Social Media Week dengan membuat acara talkshow dengan tema “Parenting in Social Media.”

IMG-20150224-WA0003

Hidup di era teknologi seperti sekarang ini memang menuntut kita untuk lebih melek dengan perkembangan yang ada. Salah satunya, tentu saja dengan media sosial. Tanpa disadari, media sosial dengan jaringan yang nggak ada batasnya jadi salah satu jembatan untuk mengetahui dunia. Makanya, media sosial pun akhirnya berpengaruh pada dunia parenting.

Sayangnya, sampai sekarang masih banyak orangtua yang sering tutup mata dengan hal ini. Bahkan sebuah riset yang membuktikan kalau 96% remaja di dunia menggunakan media sosial dalam kesehariannya, menyatakan hanya 15% dari orang tua mengetahui media sosial mereka. Nah, kebayang nggak, sih, apa dampak buruknya kalau anak-anak kita menyalahgunakan media sosial? Terjerumus pada hal negatif, atau bahkan jadi korban cyber crime? Duh, ngeri ya!

Dari sini bisa terlihat kalau sebenarnya kita sendirilah yang berperan ketika seorang anak menyalahi penggunaan media sosial. Sebagai orangtua kita nggak bisa ‘tutup mata’ dengan kemajuan teknologi.

Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan?