Motherhood Monday: Stella Sutjiadi, “Bermain Jadi Perekat Orang Tua dan Anak”

Ketika tahu, kalau akan berbagi panggung di acara New Parent Academy Short Class Jakarta dengan Stella Sutjiadi, saya langsung buru-buru memberanikan diri untuk meminta waktu wawancara. Apa pasalnya? Karena saya ingin sekali mendapatkan ilmu bermain bersama anak dari Mommygram yang satu ini.

ss2

Stella Sutjiadi, lulusan FSRD ITB ini selalu bermain bersama anaknya setiap hari. Bukan hanya bermain, tapi juga membuat sendiri mainan yang dirasa bisa menstimulus tumbuh kembangnya. Coba intip akun Instagram Stella, deh. Isinya berbagai proses dan hasil bermain bersama Daffa, putrinya yang berusia 2,5 tahun. Stella juga tidak pelit berbagi ilmu. Di setiap postingan-nya, Stella menjelaskan bahan dan cara membuat permainannya hari itu, serta penjelasan kegunaan dari mainan tersebut. Psst, FYI Mommies, semua gambar yang ada di IG Stella itu digambar sendiri!

Jadi sebetulnya, Stella dapat pengetahuan soal pentingnya bermain bersama anak itu dari mana, ya?

Untuk pengetahuan, saya dapat dari banyak sumber. Beberapa di antaranya dari buku parenting tulisan Ayah Edi, website Baby Center, dan akun Twitter Psikolog anak, Mbak Anna Surtinina. Tiga sumber inilah yang paling cocok dengan pemikiran saya tentang tumbuh kembang anak. Dan dari sumber ini, saya bisa menyimpulkan bahwa sebetulnya kegiatan bermain dan mengeksplor untuk anak, terutama di usia dini, bukan hanya ‘keinginan’ tapi juga ‘kebutuhan’ yang sangat mendukung perkembangannya. Dan kita sebagai orang tua (fasilitator) wajib memenuhinya.

Kalau ide bermainnya dapat dari mana, Stel?

Kalau untuk ide bermain, biasanya saya dapatkan justru ketika sedang berinteraksi dengan Daffa. Pas main bersama, entah dari celotehannya, atau dari cerita buku yang kami baca bersama, dari film yang lagi saya tonton, atau dari permasalahan yang muncul sehari-hari ketika sedang menghadapi Daffa, hehehe.

Tentunya juga banyak yang didapat dari browsing untuk melihat ide-ide bermain ibu lainnya yang cemerlang! Banyak banget, nih, ide bikin sesuatu yang didapatkan dari internet. Kadang saking banyaknya, saya suka suka berhenti browsing. Soalnya kalau sudah browsing, suka pusing sendiri mau bikin yang mana duluan. Semua menarik! Hahaa

ss5

 

Selanjutnya apa ya bahan-bahan dan alat yang diperlukan?


One Comment - Write a Comment

  1. Stella is such a big inspiration!
    Bukan hanya soal DIY mainan atau cara bermain kreatif untuk anak, tapi juga soal visi-nya tentang pengasuhan dan pendidikan Daffa. Sama satu lagi, komitmen untuk konsisten dari hari ke hari ngelakuin itu. Itu butuh kerja keras dan kegigihan seorang ibu. Salut banget!

    Satu lagi artikel keren dari @Sazqueen. Love!

Post Comment