“Lasagna” Terong Sederhana

Sudah lama saya suka sekali dengan terong. Sayuran ini gampang ditemukan di mana aja, murah harganya dan mudah diolah. Bisa dikukus, dipanggang atau digoreng, dan dibumbui apapun. Dalam hidangan vegetarian, terong pun kerap digunakan sebagai pengganti daging karena teksturnya yang lembut namun crunchy.

Biasanya, saya mengolah terong dengan cara sederhana, yakni memanggang atau menggorengnya, lalu menyantapnya dengan sambal teri. Begini saja dijamin bikin merem melek deh!

Nah, kemarin, kebetulan saya punya stok keju mozzarella berlimpah. Lama-lama bosan juga ya kalo bikin pizza tiap hari. Saya pun memutuskan untuk browsing resep dan menemukan resep lasagna terong.

Di Italia, lasagna terong amat populer. Di sini, kehadiran lasagna digantikan dengan terong yang diiris-iris lalu dipanggang atau digoreng sebelum diolah. Saya pun tertarik. Namun berhubung saya pemalas, saya akhirnya membuat resep itu dengan menggunakan bahan sesimple mungkin.

IMG_20141109_142151

Hasilnya, tetap enaaakkk! Bahkan saya sampai membuatnya dua hari berturut-turut karena mendapatkan pujian dari suami dan ipar.

Anyway, here’s the recipe

Bahan:

2 buah terong ungu, iris-iris lalu rendam dalam air garam selama 5 menit dan tiriskan

Saus bolognaise siap pakai (saya pakai saus spaghetti merek Del Monte)

Sosis, iris-iris

Keju cheddar, parut (bisa juga ditambahi dengan keju parmesan dll)

Keju mozzarella atau quick melt, iris-iris/parut

Minyak secukupnya (saya pakai minyak kedelai)

Cara membuat:

Olesi loyang dengan minyak, susun terong dan panggang selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

Siapkan pinggan tahan panas atau alumunium foil. Olesi dengan minyak sedikit.

Susun terong panggang di dalam pinggan. Lalu tumpuk dengan saus bolognaise, sosis, dan keju parut.

Ulangi lagi susunan di atas hingga pinggan terlihat penuh. Akhiri dengan menaburkan irisan keju mozzarella.

Panggang selama 10 menit hingga keju meleleh.

Hidangkan selagi panas.

Kiat dan saran:

  • Sosis bisa diganti dengan tumisan daging cincang dan bawang bombai, beef bacon, atau malah di-skip sama sekali sehingga menu ini jadi menu vegetarian.
  • Bisa juga ditambahi dengan potongan sayuran lain yang terlebih dulu direbus sebentar. Sehingga hidangan ini lebih padat gizi.
  • Jika ingin repot sedikit, silakan buat saus bolognaise sendiri from scratch. Saya sih berprinsip, kalo ada yang gampang, kenapa harus repot? Hehehe…

Selamat mencoba!


One Comment - Write a Comment

Post Comment