Sambal Teri

Salah satu makanan terfavorit saya adalah sambal. Entah itu sambal terasi, sambal mentah, sambal goreng, sambal matah, apapun deh. Yang penting sambal, pasti saya makan.

Beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke rumah saudara, saya disuguhi sambal teri. Sederhana banget, tapi rasanya bikin merem melek. Dan yak, sambal teri itu sukses membobolkan diet saya hari itu. Yummy!

Di rumah, saya pun iseng membuat sambal teri sendiri. Ternyata gampang banget ya. Komposisi bahan-bahannya pun bisa diatur sesuai selera. Kalau suka pedas, silakan tambah cabenya. Kalau kurang suka pedas, kurangi cabe, dan perbanyak tomat. Kalau ingin sambalnya berwarna hijau, gunakan cabe dan tomat hijau. Kalau ingin sambalnya merah menyala, pakai cabe merah dan tomat biasa. Simple deh.

Saya biasanya membuat sambal teri ini dalam porsi cukup banyak. Jadi bisa disimpan di kulkas untuk teman makan beberapa hari ke depan. Menyantapnya pun bisa macam-macam. Hanya menggunakan nasi panas pun sudah sedap sekali.

Atau, sambal ini bisa digunakan untuk bumbu dasar masakan berjenis balado atau sambal goreng. Saya pernah menggunakannya untuk sambal goreng kentang, telor balado dan tumis terong. Lalu, terinya juga bisa disubstitusi dengan jenis ikan asin lain, seperti ebi, udang rebon maupun cumi asin. Rasanya pasti maknyus!

2014-06-12 11.27.33

Anyway, here’s the recipe. Selamat mencoba

Bahan:

10 buah Cabai merah keriting

10 buah cabai rawit (disesuaikan dengan selera)

3 buah tomat

7 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 genggam ikan teri, rendam dalam air panas sebentar

Garam, gula dan kaldu bubuk bila suka

Minyak goreng

2014-06-06 12.46.09

Cara membuat:

Cuci, bersihkan dan potong-potong cabai, tomat dan bawang. Goreng hingga layu.

Tiriskan lalu haluskan (berhubung saya malas ngulek, saya menggunakan blender)

Menggunakan sisa minyak menggoreng cabai, masukkan teri, goreng hingga harum.

Masukkan cabai yang sudah halus ke dalam wajan. Berikan bumbu-bumbu.

Cicipi hingga sesuai selera. Masak hingga matang.

 

P.S: Jika ingin versi lebih sehat sedikit, saya biasanya memanggang cabai, bawang dan tomat di dalam oven dengan diolesi sedikit minyak. Selain itu, saya menggunakan minyak kelapa asli atau minyak zaitun untuk menumis sambal dan teri, bukan minyak kelapa sawit. Porsinya pun secukupnya saja, tidak berlebihan