Sejuta Peran Ayah

dad-and-son-fishing-e1402332527275

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel tentang Manfaat Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak. Di dalam artikel tersebut saya menyebutkan bahwa banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh anak yang memiliki ayah yang terlibat dalam pengasuhannya. Nah, kali ini saya ingin membahas tentang apa sih sebenarnya peran yang dimiliki oleh ayah dalam pengasuhan anakny di setiap tahap kehidupan anak?

Ada 2 istilah terkait dengan pengasuhan anak oleh ayah. Istilah yang pertama adalah fathering, yaitu peran yang dimainkan seseorang yang berkaitan dengan anak, bagian dari sistem keluarga, komunitas, dan budaya. Kemudian istilah yang kedua adalah good fathering, yaitu keterlibatan positif ayah dalam pengasuhan melalui aspek afektif, kognitif, dan perilaku.

Palkovits, pengarang buku Involved Fathering and Child Development: Advancing Our Understanding of Good Fathering, menyebutkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak memiliki beberapa definisi, yaitu:

  • Terlibat dengan seluruh aktivitas yang dilakukan oleh anak.
  • Melakukan kontak dengan anak.
  • Dukungan finansial.
  • Banyaknya aktivitas permainan yang dilakukan bersama-sama.

Ayah memiliki peran yang sangat penting dalam setiap tahap perkembangan anak. Saat anak masih bayi, ayah memiliki peran untuk merespon kebutuhan bayi seperti ibu. Ketika anak menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak, mereka akan semakin mengerti akan sinyal-sinyal kebutuhan yang diberikan oleh bayi sehingga mereka akan menjadi lebih sensitif terhadap kebutuhan anaknya. Ketika kebutuhan bayi direspon dengan baik oleh orangtuanya, mereka akan tumbuh menjadi orang yang bahagia, sukses, dan dapat menyesuaikan diri sengan baik di lingkungan.

Saat anak masih bayi, ayah juga memiliki peran untuk mendorong anak mengeksplorasi lingkungannya dan memanipulasi objek. Ayah menyediakan stimulasi berupa stimulasi fisik dan verbal. Saat bayi semakin besar, mereka akan senang bermain dengan ayah yang menyediakan interaksi yang tidak terprediksi, menstimulasi, dan menyenangkan. Bayi yang memiliki ayah yang terlibat dalam pengasuhannya menunjukkan skor tes yang tinggi pada kemampuan berpikir dan perkembangan otak.

Selanjutnya: Bermain, pembelajaran penting dari ayah bagi anak!


One Comment - Write a Comment

Post Comment