Manfaat Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak

fatherslove

Mommies, seperti kita tahu, selama ini telah tumbuh kepercayaan dalam masyarakat Indonesia mengenai peran seorang ayah dan ibu dalam keluarga. Ayah memiliki peran untuk mencari nafkah, melindungi keluarga, mendidik keluarga, dan kepala keluarga. Sedangkan seorang ibu memiliki peran untuk mengurus keluarga, mengasuh anak-anak, mendidik dan melindungi anak-anak, dan mencari nafkah tambahan.

Terkadang dengan perannya tersebut, seorang ayah tidak terlalu terlibat dalam mengasuh anak-anaknya dengan alasan sudah lelah sepulang kerja. Seorang ayah biasanya setelah pulang kerja hanya mengajak main anaknya dan menonton TV bersama sebentar, tetapi kegiatan lain seperti mandi, makan, mengerjakan PR, dan aktivitas sehari-hari lainnya menjadi tanggung jawab ibu.

Padahal semakin banyak dilakukan penelitian mengenai pengaruh keterlibatan ayah dalam mengasuh anak terhadap well-being anak. Hasil salah satu penelitian dari seorang sosiolog bernama Dr. David Popenoe menyatakan bahwa ayah yang terlibat langsung dalam pengasuhan anak memberi keuntungan positif bagi anaknya yang tidak mungkin didapat dari orang lain. Ayah memiliki dampak secara langsung terhadap well-being anak. Aspek pada diri anak yang dipengaruhi oleh keteribatan ayah adalah kemampuan kognitif, pencapaian akademis, psychological well-being, dan tingkah laku sosial.

Bagaimana pengaruh keterlibatan ayah terhadap kemampuan kognitif dan pencapaian akademis anak? Lihat di halaman selanjutnya ya!


One Comment - Write a Comment

Post Comment