4 Serangkai Untuk Perawatan Ibu Hamil

Waktu hamil dulu, saya malahan lebih peduli dengan perawatan tubuh, terutama kulit. Bukannya apa-apa, kulit kan merupakan bagian tubuh yang terbesar, ya, apalagi saat hamil sudah pasti mereka merenggang kan, mengikuti tubuh yang semakin ‘berisi’ :D

Ya, yang saya pedulikan hanya kulit tubuh, sayangnya. Hal ini tentu karena takut muncul  stretch mark yang selalu menjadi concern bagi setiap perempuan karena dianggap merusak pemandangan, haha. Padahal sih, setelah jadi ibu, ternyata masih banyak hal lain yang lebih pelik yang harus dipikirkan, ya.

Berdasarkan pengalaman saya, selain kulit ada bagian lain yang harus diperhatikan selama hamil:

  • Puting Payudara

Nipple_balmSaat hamil, saya baru memerhatikan perawatan payudara sebelum melahirkan. Untuk saja, saya tidak mengalami masalah yang berarti saat menyusui. Kalau baca-baca artikel di kategori breastfeeding, banyak sekali Mommies yang mengalami masalah saat menyusui. Mulai dari ASI nggak lancar keluarnya, puting lecet bahkan sampai terluka.

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau mengantisipasi puting yang terluka saat menyusui. Ada yang mengoleskan puting dengan nipple cream atau ada yang membuatnya kebal. Kalau saya dulu, selain menggunakan nipple cream, juga mengoleskan ASI sebelum menyusui.

Di Mothercare, ada 2 produk yang membantu Mommies menghadapi masalah ini. Yang pertama adalah Mothercare Its Your Body Pure Lanolin Nipple Balm. Terbuat dari 100% lanolin. Lanolin adalah lilin wol, minyak wol, atau lemak wol yang merupakan zat yang terbuat dari ekstrak wol hewan seperti domba. Ekstrak ini kemudian diolah lebih lanjut untuk membuat krim lanolin. Nah, lanolin merupakan pelembap yang baik plus aman. Jadi setelah mengoleskan ini, Mommies nggak perlu membasuhnya lagi dengan air saat mau menyusui si kecil.

Yang ke dua adalah Mothercare Its Your Body Nipple Cream. Bedanya dengan Nipple Balm, nipple cream ini bisa digunakan sejak masih hamil. Fungsinya adalah untuk membuat puting lebih lembap dan tidak kering, jadi saat si bayi lahir dan menyusu, puting Mommies telah siap!

  • Perineum

perineal_gelMommies sudah tau kan, perineum itu bagian mana? Perineum adalah daerah antara vagina dan lubang anus. Saat melahirkan, bayi akan keluar dari vagina. Nah, ada beberapa hal yang menyebabkan perobekan di area perineum seperti otot vagina yang masih tegang, bayi terlalu besar atau melahirkan terburu-buru.

Belakangan, massage perineum sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Mothercare mengeluarkan sebuah produk untuk membantu Mommies melakukan perawatan di area ini, Mothercare It’s Your Body Perineal Gel. Gel ini dermatologycally tested, fragrance free, terbuat dari calendula, sebuah bahan herbal yang fungsinya untuk melembutkan kulit dan menyembuhkan luka. Kalau membaca testimoni konsumen di situs Mothercare, banyak yang mengakui keunggulan produk ini lho!

Nah, saya dulu nggak melakukan massage ini karena kekurangan informasi. Beberapa teman yang melakukan massage ini mengatakan massage perineum sangat membantu proses melahirkan mereka, sih.

  • Area bokong dan di bawah pusar

Saat hamil, saya menggunakan losion sebanyak-banyaknya di sekujur tubuh. Tapi setelah melahirkan, saya sadar area yang harus mendapatkan perhatian lebih ternyata di bagian bokong dan di bawah pusar. Khusus untuk tubuh saya, bagian itu ternyata melebar paling besar di antara yang lain sehingga walaupun saat hamil stretch marks nggak muncul, tapi setelah melahirkan mulai deh kelihatan jejak-jejaknya. Huh, nyesel deh, melewati bagian ini untuk diperhatikan lebih!

Stretch_marksSalah satu losion yang saya pakai adalah keluaran Mothercare. Nah, baru-baru ini Mothercare memperbarui losion anti stretch marks mereka, Mothercare Its Your Body Stretch Marks Cream. Losion ini mengandung cocoa butter, shea butter, jojoba oil dan sweet almond oil. Keempat kandungannya ini bermanfaat maksimal untuk melembapkan kulit.

Di kota Mommies belum ada outlet Mothercare? Atau nggak sempat ke tokonya? Keempat produk di atas, bisa Mommies dapatkan secara online di mothercare.co.id lho!

Bagaimana, sudahkah Mommies merawat 3 bagian tubuh tersebut? Atau ada bagian lain yang harus diperhatikan juga selagi hamil? Share dong, kiat-kiatnya. Kami ada 5 produk Mothercare Its Your Body Stretch Marks Cream bagi 5 Mommies yang beruntung! Bagi Mommies yang sedang hamil, sebutkan juga usia kehamilannya saat ini, ya! Kuisnya kami tutup Kamis, 25 September 2014 jam 5 sore!


14 Comments - Write a Comment

  1. Yaaah, baru baca post ini udah kelewat aja tanggal deadline submit comment-nya :(
    Anyway, kebetulan emang lagi hamil 8w gitu dan baru diingetin kakak n tante weekend lalu kalo kudu rajin2 pake baby oil atau cream anti stretch mark beginian karena perut n seluruh badan udah mulai melar2. Kalo tante gue yang konvensional sih nyaraninnya baby oil aja udah cukup, tapi kan sekarang ada yang udah lebih spesifik macam lotion2 anti stretch mark dari mothercare ini yah, jadi pengen coba yang emang khusus buat stretch mark juga…kalo minyak zaitun atau minyak kelapa ampuh juga yah emangnya?

  2. Ah, dua kali hamil beruntung perut, paha nggak gatal … jadi nggak garuk-garuk, yang katanya bisa memparah kondisi stretch mark. Waktu itu, sih, usahanya cuma rajin pakai lotion/minyak zaitun supaya kulit nggak kering. Hihihi.

Post Comment