4 Serangkai Untuk Perawatan Ibu Hamil

Waktu hamil dulu, saya malahan lebih peduli dengan perawatan tubuh, terutama kulit. Bukannya apa-apa, kulit kan merupakan bagian tubuh yang terbesar, ya, apalagi saat hamil sudah pasti mereka merenggang kan, mengikuti tubuh yang semakin ‘berisi’ :D

Ya, yang saya pedulikan hanya kulit tubuh, sayangnya. Hal ini tentu karena takut muncul  stretch mark yang selalu menjadi concern bagi setiap perempuan karena dianggap merusak pemandangan, haha. Padahal sih, setelah jadi ibu, ternyata masih banyak hal lain yang lebih pelik yang harus dipikirkan, ya.

Berdasarkan pengalaman saya, selain kulit ada bagian lain yang harus diperhatikan selama hamil:

  • Puting Payudara

Nipple_balmSaat hamil, saya baru memerhatikan perawatan payudara sebelum melahirkan. Untuk saja, saya tidak mengalami masalah yang berarti saat menyusui. Kalau baca-baca artikel di kategori breastfeeding, banyak sekali Mommies yang mengalami masalah saat menyusui. Mulai dari ASI nggak lancar keluarnya, puting lecet bahkan sampai terluka.

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau mengantisipasi puting yang terluka saat menyusui. Ada yang mengoleskan puting dengan nipple cream atau ada yang membuatnya kebal. Kalau saya dulu, selain menggunakan nipple cream, juga mengoleskan ASI sebelum menyusui.

Di Mothercare, ada 2 produk yang membantu Mommies menghadapi masalah ini. Yang pertama adalah Mothercare Its Your Body Pure Lanolin Nipple Balm. Terbuat dari 100% lanolin. Lanolin adalah lilin wol, minyak wol, atau lemak wol yang merupakan zat yang terbuat dari ekstrak wol hewan seperti domba. Ekstrak ini kemudian diolah lebih lanjut untuk membuat krim lanolin. Nah, lanolin merupakan pelembap yang baik plus aman. Jadi setelah mengoleskan ini, Mommies nggak perlu membasuhnya lagi dengan air saat mau menyusui si kecil.

Yang ke dua adalah Mothercare Its Your Body Nipple Cream. Bedanya dengan Nipple Balm, nipple cream ini bisa digunakan sejak masih hamil. Fungsinya adalah untuk membuat puting lebih lembap dan tidak kering, jadi saat si bayi lahir dan menyusu, puting Mommies telah siap!

  • Perineum

perineal_gelMommies sudah tau kan, perineum itu bagian mana? Perineum adalah daerah antara vagina dan lubang anus. Saat melahirkan, bayi akan keluar dari vagina. Nah, ada beberapa hal yang menyebabkan perobekan di area perineum seperti otot vagina yang masih tegang, bayi terlalu besar atau melahirkan terburu-buru.

Belakangan, massage perineum sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Mothercare mengeluarkan sebuah produk untuk membantu Mommies melakukan perawatan di area ini, Mothercare It’s Your Body Perineal Gel. Gel ini dermatologycally tested, fragrance free, terbuat dari calendula, sebuah bahan herbal yang fungsinya untuk melembutkan kulit dan menyembuhkan luka. Kalau membaca testimoni konsumen di situs Mothercare, banyak yang mengakui keunggulan produk ini lho!

Nah, saya dulu nggak melakukan massage ini karena kekurangan informasi. Beberapa teman yang melakukan massage ini mengatakan massage perineum sangat membantu proses melahirkan mereka, sih.

  • Area bokong dan di bawah pusar

Saat hamil, saya menggunakan losion sebanyak-banyaknya di sekujur tubuh. Tapi setelah melahirkan, saya sadar area yang harus mendapatkan perhatian lebih ternyata di bagian bokong dan di bawah pusar. Khusus untuk tubuh saya, bagian itu ternyata melebar paling besar di antara yang lain sehingga walaupun saat hamil stretch marks nggak muncul, tapi setelah melahirkan mulai deh kelihatan jejak-jejaknya. Huh, nyesel deh, melewati bagian ini untuk diperhatikan lebih!

Stretch_marksSalah satu losion yang saya pakai adalah keluaran Mothercare. Nah, baru-baru ini Mothercare memperbarui losion anti stretch marks mereka, Mothercare Its Your Body Stretch Marks Cream. Losion ini mengandung cocoa butter, shea butter, jojoba oil dan sweet almond oil. Keempat kandungannya ini bermanfaat maksimal untuk melembapkan kulit.

Di kota Mommies belum ada outlet Mothercare? Atau nggak sempat ke tokonya? Keempat produk di atas, bisa Mommies dapatkan secara online di mothercare.co.id lho!

Bagaimana, sudahkah Mommies merawat 3 bagian tubuh tersebut? Atau ada bagian lain yang harus diperhatikan juga selagi hamil? Share dong, kiat-kiatnya. Kami ada 5 produk Mothercare Its Your Body Stretch Marks Cream bagi 5 Mommies yang beruntung! Bagi Mommies yang sedang hamil, sebutkan juga usia kehamilannya saat ini, ya! Kuisnya kami tutup Kamis, 25 September 2014 jam 5 sore!


14 Comments - Write a Comment

  1. huwaawwww, perineal gel itu gue sempet beli, loh! Tapi nggak punya keberanian untuk melakukan pijatnya :p

    Anyway, menurut gue yang nomor satu perlu diperhatikan adalah soal stretch mark. Kalau dulu gue dikasih minyak sereh ama ibu harus dipake setiap hari setiap saat sejak hamil usia 2 bulan. Soalnya ini bakalan ganggu banget, sih, pas udah melahirkan baru keliatan (in my case, ya). Pas hamil bersih, udah melahirkan baru muncul tuh noda. Nah, kalo ada Body Stretch Mark Cream macam dari Mothercare dengan aroma yang pasti lebih sedap dari minyak sereh, boleh dicobain, deh! Jangan sampai telaattt, karena menyesal tak ada artinya. Inget, ya, untuk mencegah stretch mark, rawat bagian rawan seperti yang ditulis Lita, dan beberapa bagian lain seperti paha dan lengan atas.

    :D

  2. Wahh enak ya sekarang satu brand dah lengkap sampe ke perineal gel segala. Dulu cari losion yg aman kalau terminum aja bingung, apalagi perineal gel ya. Klo strechmark sih udah ada. Tapi kalo satu brand gini kan enak bs sekalian blanjanya.

  3. Mau ikutan share resep selagi hamil, langsung komen disini aja ya :)
    Sejak mulai ketauan kalo hamil udah langsung pake minyak-minyakan.
    Buat strechmark pake minyak zaitun sama minyak kelapa. minyak zaitun diolesin pas sebelum mandi mulai dari perut, bawah puser, pantat, sampe paha.
    minyak kelapa diolesin habis mandi jadi habis handukan langsung olesin minyak kelapa dibagian yg sama kayak minyak zaitun. Alhamdulillah strechmark gak muncul, semoga bertahan sampe lahiran aamiin..
    Buat puting susu, mulai masuk trimester dua rajin olesin minyak kelapa sama air hangat. Alhamdulillah puting selama hamil gak sensitif jadi pas lagi diolesin minyak kelapa gak berasa ngilu ato nyebabin kontraksi.
    Nah buat yg bagian perineal ini belum kesentuh, mau nyobain ah krimnya mothercare ini.
    Usia kehamilan: Minggu ini masuk 22 weeks preggie :)

  4. Aku sekarang gi hamil 33 minggu.
    untuk puting payudara si biasanya satu atau dua minggu sekali aku bersihin dan kompres pakai air anget mulai masuk bulan kelima.
    Minyak zaitun aku oles 2 kali sehari ke perut bagian bawah, sisi samping payudara, pangkal paha, dan bokong. Mungkin pakainya sudah rada telat kali yah (mulai rutin masuk bulan keenam kehamilan), jd jejak strechmark tetep nongol di perut, huhuhuu
    Untuk bagian perineum baru tau loh ada massagenya. Mungkin bisa tolong dibantu untuk tekhnik massagenya gimana yah?? :)
    Makasi

  5. Kalo ngomongin perawatan tubuh selama hamil, ga akan ada abisnya ni. Dulu, pertama kali tau hamil, Mamiku lsg pamer perutnya yg mulussss… Ni perut mami mulus.. Kamu Harus ky gini juga ya.. Byk ibu2 yg muncul garis2 seram (Mamiku Ga tau istilah stretchmark). Panas dong aku.. Langsung deh beli minyak zaitun, body butter, baby oil n krim anti stretchmark. Jadi aku pake krim2 itu sejak hamil 2 bln. D payudara ak pilih pake baby oil, perut-pantat-paha ak pake krim anti stretchmark, lengan n bagian tubuh lain pake body butter. Tiap malam, telapak kakiku ak pakein body butter trs dbungkus kaos kaki tipis. Ak pake krim2 itu abis mandi n jam istirahat siang d kantor. Enak bgt tu dengerin radio Sambil usap2 perut pake minyak zaitun. Ak bersyukur bgt sampe kehamilan menjelang 8 bln, stretchmark blm nongol. Utk puting, ak percayakan pada baby oil. Saat mandi, ak bersihkan puting. Awalnya Emg perih2 gimana, tapi sekarang udah nggak. Smoga ntr asi-ku bisa Keluar lancar. Amiinn.. Ak percaya semakin dini qt ngelakuin itu, hasil yg akan qt dpt pasti maksimal. Semoga sampe lahiran ntar tubuhku sama mulusnya dengan Mamiku.. Hohoho…
    Ajeng – lagi hamil 30 minggu

  6. Ahhh, seharusnya produk ini ada sejak dulu. Hiks, tapi mau nambahin deh, siapa tau aku dapet hadiahnya kan yaa. Hehehe.

    Kalo aku sih ga cuma putingnya doang, tapi bagian payudaranya juga, soalnya dulu payudaraku kecil, tapi karna kelenjar asi yg berkembang dimana mana lantas menghasilkan guratan hitam yang buruk banget. Huff. Dulu sih pas udah muncul strech marknya baru diolesin minyak kelapa , lumayan juga pengaruhnya, guratannya jadi samar. Paha dan lengan juga ga bs diabaikan sih, soalnya disitu juga melebar kulitnya, jadinya kalo ga ke jamah sama perawatan jadinya malah jelek :(.

    Dan kata ibuku kalo kulit kita dijaga kelembabannya, teratur minum air putih, makan buahdan sayur, rajin olahraga, strechmark jrg dateng sih, buktinya mamaku anaknya 6 tapi kulitnya tetep mulus. Hehehe

  7. adiesty

    Yaah… kuisnya cuma buat ibu hamil aja, ya? Bisa buat ibu yang pengen hamil nggak? hehehehehe… *ngarep*

    Sama, sih, Lit… dulu waktu hamil gue juga takut banget kalau kulit jadi penuh stretch marks. Soalnya ada salah satu temen deket yang lebih dulu punya anak, setelah melahirkan kulitnya jd penuh stretch marks gitu…. ngerrrriiii :(

    Makanya waktu hamil rajin banget pake body butter, cream yang konon katanya bisa mengurangi stretch marks, dan setiap malem wajib banget pake minyak zaitun. Paling enak minyaknya dibalurin sama suami, hahahhaa… Untuk perawatan kulit paling itu aja sih. Paling asupan untuk tubuh banyakin makan buah dan air putih aja :D

    Alamdulillah skrg nggak ada stretch marks sih….

  8. lagi hamil kedua dengan usia kandungan 36 minggu, udah berbakat stretchmark dr muda, jadi sebelum hamil udah ada stretchmark didaerah paha dan bokong, pas hamil pertama nambah deh dimana2, waktu itu cuma fokus area perut, pantat dan paha, ternyata si stretchmark itu menginvasi lengan (dekat ketiak) dan payudara! huh bener2 ngerasa kecolongan deh…dihamil yg kedua ini aku malah lebih siap dan ikhlas menerima kehadiran si stretchmark, karena tau emang udah bakat dari sananya, dan udah coba berbagai macam produk anti stretchmark ternyata ga ada yg mempan untuk mencegah dan memudarkan stretchmark yg udah ada. Tapi… aku tetep rutin pake body lotion setiap abis mandi, pake oil2an juga untuk massage didaerah rawan stretchmark, banyak minum dan makan sayuran. so far udah keliatan ada guratan baru didaerah pusar karena hamil kali ini jauh lebih besar perutnya dari yang pertama. Yang lucunya, stretchmark ini malah jadi favorit anakku yang pertama buat dielus-elus sebelum tidur, semacam pengganti nenen buat dia. Tapi sebagai wanita, aku masih mengimpikan kulit yg halus dan mulus. Berharap banget bisa nyoba Mothercare Its Your Body Stretch Marks Cream, untuk mengembalikan harapanku memudarkan si stretchmark ini. Hopefully Mothercare can bring the magic to my miserable skin…..

  9. Wah baru tau saya ternyata ketika hamil juga perlu melakukan perawatan kulit yg ekstra ya, saya taunya malah melakukan perawatan ini itunya ketika setelah melahirkan :D
    Kalau memakai lotion mah udah jadi kebiasaan sehabis mandi pasti ritualnya memakai loton dan kasih minyak kayu putih disekitar perut. Kebiasaan ini masih berlangsung sampai detik ini juga…sesekali memakai minyak telon, hah udah kyk bayi aja ya saya hehe…Btw mau share sedikit mengenai perawatan selama hamil. Ini kisah kaka saya pasca melahirkan tahun 2009 yang lalu. Mama saya sengaja buat ramuan khusus yang udah turun temurun dari eyang putr, ketika ada yang melahirkan ramuan ini wajib dipakai. Nah ramuannya itu kita sebut jamu lahiran, cara membuat dan bahannya adalah sbb :
    Beras direndam secukupnya, kmudian ditumbuk dan ditambah kencur dan garam, kemudian dijemur sampai kering. Penggunaannya setelah mandi dilulurin deh itu ramuan ke seluruh badan. Sedangkan untuk yang diperut itu jeruk pecel, minyak kayu putih dan injet ditumbuk/dihaluskan jadi satu terus diolesin keperut dan ditempelin sirih terus dikenditi/diikat perutnya (bisa pakai korset). Hmmmm agak ribet ya keliatanya haha…tapi alhamdulillah berkat ramuan tersebuat perut dan kulit kaka saya mulus dan tidak bergelambir seperti teman-temannya yang tidak dirawat. Alhamdulillah sekarang ada beberapa Product dr Mothercare yang praktis tinggal olesin aja, simple :D
    Ya itulah sekilas share tentang pengalaman keluarga kami dalam merawat kulit pasca melahirkan, adakah yang pernah mengalami seperti kaka saya? Menggunakan ramuan-ramuan tradisional :D

  10. Wahhh membicarakan untuk perawatan saat hamil pass sekali untuk saya, karena saya tergolong yang malas hehehe, dan menjadi pelajaran untuk selanjutnya.

    mulai dari perawatan payudara, saya mulai membersihkan puting sejak usia kandungan 6 bulan ( tetapi tidak rutin), dan memijat bagian payudara juga untuk memperlancar peredaran darah juga produksi asi. Lantas karena tidak rajin melakukannya, terjadilah drama puting lecet dan berdarah, seandainya waktu itu saya rajin dan memakai produk yang tepat seperti yang dimiliki oleh mothercare, puting akan menjadi lembab dan tragedi berdarah tak jadi sejarah.

    untuk bagian kulit yang terkena resiko strechmark ternyata saya masih memasang senyum simpul saat usia kehamilan 7-8 bulan ternyata ketakutakutan akan kulit bergaris tidak muncul. Nahhh tiba-tiba tanpa permisi mau memasuki HPL dan saya perhatikan dari kaca ternyata guratan hitam kecoklatan muncul, wahhh lesu dahh, ternyata hasil kenakalan malas merawat tubuh memberi hadiah tanda cinta yang sukar hilang dan terus membekas. Hikss hikss, beruntungnya tidak terlalu parah karena saat hamil hanya perut yang membesar, jadi terlihat hanya disekitan perut. Yeayy.. saya jadi kapok dan selalu memberitahu dengan bangga strechmark saya pada teman atau saudara yang hamil, agar mereka termotivasi merawat tubuh mereka saat hamil dan tidak malas seperti saya.

    Nahh untuk sekitar daerah parenium saya malah mengetahui sejak awal kehamilan dan menyiapkan krim tersebut, juga menanyakan kepada customer care yang ada dimothercare cara penggunaanya. Saya mulai melakukan sejak memasuki usia 8 bulan, dibantu dengan suami, yang memang kami memimpikan persalinan normal. Hasilnya daerah tersebut saya rasa nyaman (ditambah suami yang melakukannya :p),. Tetapi sangat disayangkan saya melahirkan dengan jalan operasi. Saya merekomendasikan kepada teman ia melahirkan normal, dan memberitahukan kepada saya ada efek positif dari produk mothercare tersebut.

    Menikmati kehamilan merupakan hal yang menakjubkan, beruntung kondisi kehamilan saya kuat masih bisa melakukan aktifitas seperti biasa.
    Yang saya perhatikan asupan makanan bergizi, minum air putih juga olahraga ringan pada saat hamil, saya pun masih menjalalani profesi menari diatas panggung sampai perut membesar di usia kehamilan 8 bulan.
    Untuk kehamilan berikutnya saya sadar akan melakukan perawatan dengan rutin dan mendapatkan cerita positif berikutnya.

    thx mommiesdaily atas ulasannya, bermanfaat sekali.

  11. Yaaah, baru baca post ini udah kelewat aja tanggal deadline submit comment-nya :(
    Anyway, kebetulan emang lagi hamil 8w gitu dan baru diingetin kakak n tante weekend lalu kalo kudu rajin2 pake baby oil atau cream anti stretch mark beginian karena perut n seluruh badan udah mulai melar2. Kalo tante gue yang konvensional sih nyaraninnya baby oil aja udah cukup, tapi kan sekarang ada yang udah lebih spesifik macam lotion2 anti stretch mark dari mothercare ini yah, jadi pengen coba yang emang khusus buat stretch mark juga…kalo minyak zaitun atau minyak kelapa ampuh juga yah emangnya?

  12. sanetya

    Ah, dua kali hamil beruntung perut, paha nggak gatal … jadi nggak garuk-garuk, yang katanya bisa memparah kondisi stretch mark. Waktu itu, sih, usahanya cuma rajin pakai lotion/minyak zaitun supaya kulit nggak kering. Hihihi.

Post Comment