Hypnobirthing, Sejauh Mana Perannya Dalam Proses Melahirkan?

2014-06-22 11.35.12

Minggu lalu saya terbang ke Surabaya guna memenuhi undangan dari Cellsafe Indonesia yang mengadakan seminar dengan judul Persalinan Normal Tanpa Rasa Nyeri di Hotel Shangri La. Kalau di Jakarta, saya sudah biasa mendatangi event seminar untuk para orangtua yang haus informasi. Nah kalau di Surabaya baru kemarin, nih. Dan saya kagum sekali lho, dengan antusiasme para calon orangtua yang mengikuti seminar ini.

Acara seminar ini menghadirkan 2 tokoh sebagai pembicara utama yaitu dr. Amang Surya dan dr. Astie Young serta ada pembicara dari Halway Hospital Singapura dan tentunya Cellsafe Indonesia sendiri. Cellsafe Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan pengolahan darah tali pusat dan jasa penyimpanan cryogenic untuk bayi. Mengenai fungsi, apa dan bagaimana penyimpanan darah tali pusat, nanti akan saya bahas di artikel terpisah, ya!

Secara umum acara ini dibagi dalam 2 sesi, yaitu sesi pertama oleh dr. Amang yang membicarakan mengenai persalinan tanpa rasa sakit. Dr. Amang ini sangat populer tak hanya di Surabaya, lho. banyak sekali pasiennya yang datang dari luar Surabaya. Coba Mommies lihat di thread ini, deh. nama dr. Amang kerap disebut-sebut, terutama bagi Mommies yang merencanakan proses bayi tabung.

Menurut saya, sesi ini menarik sekali. Berhubung saat hamil saya mengalami ketakutan menghadapi proses persalinan, maka mau tak mau saya menyetujui bahwa alam bawah sadar ikut berperan serta dalam mempersiapkan fisik kita saat hendak bersalin.

Ini ada beberapa catatan dari hasil seminar dengan dr. Amang kemarin:

  • Tubuh kita didesain untuk hamil dan melahirkan, maka alangkah lebih baik jika kita melahirkan secara normal/ vaginal.
  • Keuntungan persalinan normal banyak sekali. Salah satu yang utama adalah, terhindar dari risiko yang terjadi pada saat operasi sesar antara lain pendarahan dan bersinggungan dengan lingkungan luar yang belum tentu steril.
  • Melahirkan, nggak ada yang nggak sakit. Tapi skala sakitnya tergantung dari masing-masing orang.
  • Bagaimana cara supaya skala sakit saat melahirkan ini rendah, kata dr. Amang sih, ubah mindset agar kita lebih rileks dan camkan bahwa tubuh kita memang didesain untuk melahirkan.
  • Salah satu cara mengubah mindset dan menenangkan pikiran yang populer belakangan ini adalah hypnobirthing.
  • Menurut dr. Amang harusnya semua obgyn mau melakukan teknik ini, yang pada dasarnya adalah menenangkan ibu yang sedang dalam proses melahirkan. Tapi sayangnya nggak semua obgyn mau melakukan ini, karena biasanya proses melahirkan lebih lama dan membuat obgyn lebih capek.

Apakah hypnobirthing selalu berhasil? Lihat di halaman selanjutnya!


2 Comments - Write a Comment

Post Comment