Yang Harus Dihindari Saat Merencanakan Kehamilan

Perencanaan kehamilan bagi Ayah dan Ibu yang sudah siap menyambut satu tambahan anggota keluarga adalah bagian penting yang seringkali terlewatkan. Tidak hanya perencanaan finansial dan emosional, perencanaan yang berkaitan dengan kesiapan fisik Ibu juga perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Berkaitan dengan kesiapan fisik dan kesehatan, ada beberapa hal yang harus Ibu waspadai dan jika perlu dihindari sepenuhnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berhati-hati dalam mengonsumsi vitamin kehamilan

Asam folat adalah kandungan penting yang diperlukan oleh setiap calon ibu, termasuk Ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Sekitar 400 mikrogram asam folat diperlukan oleh tubuh Ibu menjelang kehamilan untuk mencukupi asupan yang dibutuhkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa banyak dari vitamin kehamilan juga mengandung vitamin A. Vitamin A yang dapat diterima oleh tubuh yang sedang bersiap untuk kehamilan normalnya adalah 770 mikrogram RAE atau 2,565 IU. Selalu cek kemasan vitamin yang Ibu minum, karena vitamin A yang terlalu berlebihan dapat berujung pada cacat kelahiran.

  • Berhenti merokok, minum minuman keras, dan meminum obat-obatan yang bersifat keras maupun narkotika

Rokok dan obat-obatan keras tidak hanya menurunan kualitas sperma dan meningkatkan ketidaksuburan dalam hormon, tapi juga berpotensi untuk memperbesar kemungkinan keguguran dan kelahiran prematur saat Ibu mengandung nantinya. Begitu juga dengan alkohol, jika terus-menerus dikonsumsi dalam upaya untuk hamil, dapat menuntun kepada cacat kelahiran nantinya. Selain itu, ketiga hal ini harus dihindari jauh sebelum perencanaan karena kandungan kimianya masih dapat tersisa di dalam darah untuk waktu yang lama.

  • Jika memungkinkan, hindari kafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi memang belum terbukti berpengaruh pada tingkat kesuburan, namun ada baiknya bagi Ibu untuk mulai membatasi konsumsi kafein. Jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari, ukuran kafein yang masih dianggap normal bagi Ibu yang sedang atau akan hamil.

  • Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu berat

Penentuan berat badan ideal bagi persiapan tubuh dalam kehamilan dapat dilihat dari total indeks massa tubuh Ibu. Jika indeks massa tubuh Ibu di bawah 20, Ibu perlu menambah berat untuk dapat menjalani kehamilan yang bebas risiko. Jika indeks massa tubuh Ibu di atas 24, Ibu perlu berkompromi dengan menurunkan beberapa kilogram berat badan Ibu.

  • Hindari ikan laut yang mengandung zat merkuri tinggi

Ikan yang sudah pasti tidak boleh disentuh selama upaya untuk hamil adalah ikan hiu, ikan pedang, ikan tuna putih, ikan makarel, dan tilefish karena tingginya kandungan merkuri di dalam ikan-ikan tersebut. Ikan-ikan yang termasuk aman sebagai sumber omega-3 yang diperlukan calon Ibu adalah ikan herring, ikan salmon, dan ikan trout.

  • Hindari polusi lingkungan dan infeksi bakteri maupun virus

Batasi diri dari paparan bahan-bahan kimia yang ada di sekeliling Ibu, seperti radiasi matahari, zat pestisida, dan kandungan timah yang dapat meracuni tubuh. Tidak hanya bahan kimia berbahaya, bakteri dan virus yang terkandung di dalam apa yang Ibu konsumsi juga perlu diwaspadai. Hindari memakan makanan mentah seperti sushi atau keju maupun susu yang belum disterilisasi atau belum melewati proses pasteurisasi.

 

Sumber: http://www.babycenter.com/0_seventeen-things-you-should-do-before-you-try-to-get-pregnan_7171.bc


Post Comment