Sup Jagung Ceker

Udara dingin seperti sekarang ini paling pas kalau kita bisa makan sesuatu yang bisa bikin tubuh jadi lebih hangat. Setuju dong, ya :)

Nah, salah satu menu andalan dan jadi comfort food saya adalah sop jagung ceker. Nggak cuma saya saja, sih, yang doyan, soalnya Bumi pun paling suka kalau saya masak makanan yang satu ini. Lagipula, selain enak dan gurih, kandungan gizi yang terdapat dalam sop ceker juga banyak dan bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari kandungan gizi dan vitamin yang bisa didapatkan dari berbagai sayurannya, termasuk manfaat ceker ayam yang memang bagus untuk kesehatan balita.

Berikut saya share resep sop ceker ala saya, ya. Siapa tau Mommies mau coba di rumah.

Bahan sup jagung ceker ayam :

10 buah ceker

2 sosis

5 buah bakso

4 buah jagung (dua jagung diiris, dua jagung lainnya di haluskan dengan blender atau ditumbuk)

4 buah wortel , potong kecil-kecil

2 buah kentang , potong dadu

Brokoli

Lada secukupnya

4 siung bawang putih

1 buah bawang bombay, iris tipis-tipis

Jahe secukupnya, dan memarkan

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara membuat sup ceker ayam :

Bersihkan ceker dari kuku kuku panjang , lalu rebus hingga kaldunya keluar.

Sambil menunggu kaldu dari ceker ayam , tumis bumbu yang sudah dihaluskan (lada, bawang putih), bawang bombay dan jahe hingga harum.

Setelah bumbunya matang dan tercium wanginya, tuangkan ke dalam air rebusan ceker, dan masukan jagung yang telah dihaluskan serta sayur-sayuran. Aduk hingga merata .

Setelah itu masukan garam, garam , gula sesuai selera.

Masak hingga sup benar benar matang , angkat .

Sup ceker ayam siap untuk disantap .

Oh, ya, untuk sayuran atau isi sup ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera Mommies, ya. Jadi, bisa menambahkan dengan jenis sayuran lain seperti buncis, kol, daun bawang dan seledri. Berhubung waktu itu saya nggak sempat belanja, jadi memang hanya mengandalkan isi kulkas saja :D Selain itu, kalau memang Mommies tidak menyukai tekstur kuah yang creamy, sebaiknya jagung tidak perlu dihaluskan.

Bagaimana Mommies, mudahkan? Selamat mencoba, ya!

 

 


4 Comments - Write a Comment

Post Comment