Liburan Murah di Jakarta

Maunya, sih, kalau liburan akhir tahun kemarin dihabiskan dengan jalan ke luar kota bersama keluarga, yah. Salah satu keinginan terbesar saat ini adalah bisa jalan-jalan ke Gunung Bromo. Apalagi waktu membaca ulasan Liburan Anak di Mommies Daily ini . Wah, jadi tambah semangat mau ke Bromo. Sayangnya karena bapaknya Bumi nggak bisa dapat cuti panjang, jadinya nggak mungkin untuk liburan ke luar kota, apalagi ke Bromo.

Meskipun kali ini nggak bisa jalan-jalan ke luar kota, toh, sebenarnya di Jakarta masih banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Selain lebih dekat,  wisata di Jakarta juga bisa dinikmati tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Bahkan, gratis! Nggak percaya? Berikut beberapa ide yang akhirnya saya buat dalam rangka mengisi liburan akhir tahun 2013.

Wisata Transportasi

Berhubung Bumi cinta banget dengan kereta, salah satu jadwal yang saya susun dalam liburan kali ini adalah melakukan wisata transportasi.  Soalnya, sejauh ini Bumi baru satu kali naik commuter line, itu pun jaraknya sangat dekat, dari stasiun Pondok Ranji menuju BSD. Ahasil, sering kali Bumi merengek minta naik commuter line lagi.

Selain itu, keliling menggunakan Busway  untuk melihat wajah Jakarta rasanya juga sangat menyenangkan. Apalagi saat ini di wilayah Jakarta sudah ada 10 rute trayek yang bisa dinikmati. Dengan modal Rp 3.500 untuk membeli tiket, saya sudah bisa ajak Bumi keliling Jakarta dengan berpindah-pindah rute trayek di halte tertentu tanpa perlu membayar tiket lagi. Oh, ya, naik bajai dan bemo juga sudah masuk dalam list saya juga, lho!

Wisata Sejarah

Sudah baca artikel Puan soal ‘Menikmati Kota Tua’ belum? Nah,  dalam rangka liburan akhir tahun kali ini, salah satu agenda yang saya buat adalah melakukan wisata sejarah  bersama Bumi. Jangankan Bumi, saya saja yang sudah tinggal di Jakarta sejak lahir, masih belum punya kesempatan menyusuri beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah panjang di Kota Jakarta.

Nggak cuma ke kota tua saja, sih,  mengunjungi pelabuhan Sunda Kelapa juga rasanya sangat menarik. Di samping Bumi bisa melihat berbagai jenis kapal, setidaknya saya bisa menyelipkan cerita sedikit mengenai sejarah Jakarta, di mana dulunya Jakarta dulunya merupakan kota pelabuhan dan pusat perdagangan.

foto dari sini

Ada satu destinasi lain  yang nggak boleh dilewatkan, yaitu jalan-jalan ke menelusuri jejak pecinan di petak sembilan yang dekat dengan dengan pusat perbelanjaan Glodok. Selain ada pemukiman padat yang rata-rata masih mempertahankan arsitekur kuno khas pecinan, banyak hal menarik yang bisa di dapatkan di sini. Salah satunya tentu wisata kuliner kuliner khas Tionghoa.

Wisata Museum

Dari sekian banyaknya Museum yang ada di Jakarta, sampai saat ini Bumi baru sempat datang ke beberapa Museum. Salah satunya adalah Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII saat mengikuti acara acara Ensiklopedi Dewi yang digagas Museum Ceria.

Jadi, sebenarnya masih ada puluhan museum yang saya kunjungi bersama Bumi dalam rangka mengisi liburan akhir tahun kali ini. Contohnya, ada Museum Wayang, Museum Layang-Layang, Museum Tekstil, Museum Mandala, ataupun Museum Gajah.

Oh, ya, berkaitan dengan wisata museum, belum lama ini saya sempat datang diundang ke ke 3M Customer Innovation Center (CIC) yang berlokasi di kantor pusat 3M di Jakarta Selatan. Menurut saya, sih, CIC ini seperti museumnya 3M, ya. Soalnya di sini kita bisa melihat ribuan produk yang telah dikeluarkan 3M. Mulai dari produk Industrial, Safety & Graphics, Electronics & Energy, Consumer hingga Healthcare.

 


Asiknya, nih, sembilan jenis usaha 3M yang saat ini sedang tumbuh pesat di Indonesia dengan ini dikemas dengan cara yang unik. Penasaran? Mommies bisa ajak si kecil ke CIC yang berlokasi di Kantor Pusat 3M Indonesia di Jakarta Selatan lewat perjanjian terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ada pihak 3M yang bisa mendampingi Mommies selama mengunjungi “museum” 3M yang dibuka setiap hari kerja mulai jam 08.00-17.00 WIB. Dengan begitu, Mommies bisa mendapat penjelasan lebih jauh bagaimana 3M berinovasi selama ini.

Mudah-mudahan ide-ide liburan yang saya buat ini berguna untuk Mommies yang lainnya, ya!

 


Post Comment