Money Talks: Budget Ulang Tahun, Penting Nggak?

by: - Wednesday, December 5th, 2012 at 4:00 pm

In: Financial Planner Money Talks 11 responses

0 share

Pertanyaan yang mungkin ada di benak para Mommies adalah: perlukah saya mempersiapkan budget ulang tahun?  Jawabannya, tentunya ya. Apalagi jika memang setiap tahun kita selalu membuat pesta atau perayaan ulang tahun untuk kita atau anak-anak kita, maka budget ulang tahun ini harus kita selalu sisihkan.

*gambar dari sini

Kapan kita mulai menyiapkan budget ulang tahun?

Idealnya, tentu dari setahun sebelumnya. Sesuai judulnya, ulang tahun dirayakan setahun sekali.  Karena pengeluarannya yang bersifat tahunan, maka budget ulang tahun ini bisa kita kategorikan sebagai pengeluaran tahunan. Alokasi pengeluaran tahunan ini kita ambil dari pendapatan tahunan. Untuk pegawai yang mendapatkan gaji tetap, maka pendapatan tahunan yang didapatkan adalah THR dan Bonus.  Ingat ya, pengeluaran tahunan bukan hanya budget ulang tahun saja, lho! Ingat yang sudah memiliki rumah dan kendaraan, punya kewajiban membayar pajaknya tiap tahun. Atau yang tiap tahunnya mudik Lebaran dan merayakan Natal dengan mempersiapkan hadiah. Pastikan pos-pos tahunan lainnya juga sudah dihitung.

Berapa besar budget ulang tahun yang disiapkan?

Sama halnya dengan liburan, budget ulang tahun ini sangat bervariasi. Contoh saja, semakin banyak tamu yang diundang,  semakin banyak dana yang diperlukan. Pada prinsipnya, kita boleh memersiapkan budget ulang tahun setinggi mungkin, namun tetap harus disesuaikan dengan kemampuan.  Seperti poin di atas, pastikan semua pos-pos pengeluaran tahunan sudah kita alokasikan, sehingga kita tahu betul, berapa besar budget yang bisa kita gunakan.

Biaya apa saja yang termasuk dalam perhitungan budget ulang tahun?

Ada beberapa item yang biasanya mempengaruhi besar kecilnya budget ulang tahun.  Yang pertama adalah tempat. Merayakan di rumah – walaupun membutuhkan effort yang lebih di sisi lain – akan membuat budget ulang tahun lebih kecil dibandingkan menyewa ruangan di restoran, misalnya.

Yang tidak kalah pentingnya adalah makanan. Pilihan makanan bisa mulai dari memasak sendiri, menyewa catering atau mengundang makan di restoran.  Kiat untuk persiapan budget ulang tahun anak, biaya makanan bisa kita akali dengan membeli makanan dalam bentuk paket di restoran, sehingga dapat mecegah biaya makanan jadi besar.  Tidak lupa, kue ulang tahun, ya.. terutama untuk anak-anak, biasanya para Mommies sangat bersemangat untuk mencari kue ulang tahun dengan bentuk yang lucu-lucu.

Untuk pesta ulang tahun anak, item yang juga menjadi bagian dari budget adalah dekorasi, permainan, dan goodie bag. Dekorasi bisa sesederhana – tapi tetap seru – dengan menempel balon-balon, dan hiasan dinding  yang sesuai dengan tema pesta, atau bahkan menambah panggung untuk acara dan permainan. Main ke forum ide ulang tahun anak, deh, banyak Mommies yang sharing di sana.

Jika Mommies ingin yang lebih praktis, bisa juga menyewa Party Planner atau Event Organizer untuk memersiapkan pesta ulang tahun.  Jika menyewa jasa profesional seperti ini, jangan lupa budget-nya jasa mereka dihitung dalam perhitungan budget ulang tahun.  Selalu komunikasikan dengan EO dari awal besar dana yang kita miliki untuk mempersiapkan pesta ulang tahun tersebut, sehingga dari awal bisa kita cegah pembengkakkan dananya. :)

Jadi,  berapa pun budget yang kita miliki, tujuan merayakan pesta ulang tahun ini is to have fun. Jangan sampai kehilangan kreativitas, ya! Selamat mencoba.

*Penulis, Reliza Arfiani (Icha- @relizakodri) adalah Planer di QM Financial. Icha menyelesaikan S1 di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Indonesia. Kemudian meneruskan S2 di International University of Japan di Niigata, Jepang.

 

Share this story:

Recommended for you:

11 thoughts on “Money Talks: Budget Ulang Tahun, Penting Nggak?

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Iyank
  3. Pingback: Eka Kusumawati
  4. Pingback: Dida Farida
  5. Alhamdulillah sy dan suami sepakat utk tidak ada perayaan ultah dengan pesta atau mengundang tamu.Bukan pelit,hanya qta cm ingin tradisi ultah tdk dirayakan dengan pesta,melainkan dgn cara2 lain yg menurut kami bisa diambil pelajaran/manfaat/ilmu utk anak..tapi tetep butuh anggaran siy..cuma gak besar..
    but thanks bwt sharingnya… ;)

  6. Pingback: Mommies Daily
  7. Selama ini mikirnya,, ah paling biaya ultah cuma sekian. Ternyata eh, ternyata, mau bikin kecil2an pun, masih lumayan menguras dompet, ya. Yang paling benar, ya, disiapkan semuanya. Jadi ga bangkrut usai pesta, haha…

Leave a Reply