Perlengkapan MPASI

0 share

Setelah melalui masa ASIX yang mendebarkan … masuklah kita pada masa MPASI. MPASI, merupakan singkatan dari Makanan Pendamping & bukan Makanan Pengganti. Jadi ASI masih yang utama. Menurut referensi yang saya baca, komposisi ASI:MPASI masih di 75:25 dan menjelang setahun berangsur-angsur menjadi 50:50, lewat setahun barulah menjadi 25:75.

Aku memulai tirakad semedi bertapa untuk cari wangsit, milih-milih ilmu. Karena nggak mau bodoh-bodohan lagi. Walaupun nggak ikut seminar ini itu, tapi tetap harus memperdalam ilmu dulu, nih. Dan pilihan pun jatuh pada mengambil WHO sebagai guideline, dengan acuan dari 2 milis yaitu milis MPASI & kesehatan. Dan jangan lupakan 4 days rule, sebagai tes alergi. Sebetulnya sih bukan alergi ya, melainkan suatu reaksi intoleransi.

Saya memilih untuk melewatkan sehari dari tanggal seharusnya, dan jatuh di tgl 1 Oktober 2010 sebagai MPASI pertama di hari Jumat. Saya ambil cuti khusus untuk merekam moment mendebarkan inih. Tentunya tetap ada sedikit kekeliruan, tapi nggak yang fatal-fatal amat sih. Semisal aku pake tepung beras, which is mungkin seharusnya nggak harus juga pake tepung beras. Dari berasnya sendiri juga emang kenapa coba? Karena waktu itu, tepung beras itu lagi tren. Dan sebagai emak labil, aku pun ikut terbawa tren itu. Hehehe.

Untuk perlengkapan perang … sebagai impulsive buyer, aku sedia:

  • Botol bersendok ‘Boon’ squirt Rp130.000 beli di tokomedela.com atau fb: Toko AsiBayi. Pilihan lain ke faustasyandana.multiply atau fb: fausta syandana harga Rp135.000
  • Richel Cooking Set Rp230.000 ke faustasyandana (nggak Pigeon karena nggak jelas BPA free atau tidak) Atau ke japanese_house.multiply; klo mau pilihan lain ada Kuku Duckbill Rp150.000 beli di galerimama.com tapi bahannya ABS (plastik tipe 7-OTHERS)
  • Baby Cubes Rp120.000 beli di mysweetrooms
  • Sassy Baby Safe Feeder Rp60.000 beli di tokomedela.com (fb: Toko AsiBayi) atau Rp65.000 beli di faustasyandana
  • Brother Max Weaning Set Rp170.000 beli di japanese_house.multiply (member mpasirumahan diskon 10%)
  • Lock n Lock yang banyak dengan berbagai bentuk dan ukuran
  • Ikea Feeding Set (titip temen yang ke S’pore, jadinya gift)
  • Kiddy Feeding Set (beli d Carrefour, Rp50.000, waktu itu butuh urgent, yang penting bahannya PP)
  • Takahi 0.7lt Rp205.000 beli di Takahi langsung atau di faustasyandana juga ada
  • Munchkin Fresh Feeding Set Rp230.000 di tokomedela.com atau Rp250.000 di japanese_house.multiply (member mpasirumahan jadi Rp225.000)
  • Munchkin Training Cup Rp140.000 di japanese_house.multiply (diskon 10%)
  • Pisau, parutan keju, talenan plastik, talenan kayu, steamer, sendok kecil gagang panjang stainless, garpu stainless, gelas ukur, timbangan, sponge cuci piring peralatan baby, sabun cuci peralatan baby ‘Sleek’, slaber/bib, panci bertutup & bergagang diameter paling kecil (14cm) >>> di Carrefour, Grand Lucky, pasar inpres
  • Ice Cube dengan tutup (apa aja yang penting bahannya PP) buat tempat kaldu, lassie/smoothie/juice .
  • Teflon ukuran paling kecil untuk ngedadar adonan, tapi paling baru bakal kepake beberapa bulan lagi
  • Hand blender Philips Rp420.000 beli di cleobabys.com cuma buat bikin lassie, smoothie, abon

Kalau saya, sih, lebih suka belanja online. Karena bisa pilih, tanya-tanya, kalkulasi dulu, pikir-pikir dulu, diskusi sama suami (plus bujuk rayu), baru, deh, transfer, duduk manis tunggu barang datang.

Banyak, ya? Hehehe. Tentunya ini bukanlah must have items. Ada beberapa yang bisa dieliminasi kok. :D

 

Share this story:

Recommended for you:

11 thoughts on “Perlengkapan MPASI

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: cindy cc adam
  3. Pingback: vellyvioletta
  4. Pingback: mayang anjani
  5. Pingback: Farihah Wahidati
  6. Pingback: Reny Adriyani
  7. Pingback: lita iqtianti
  8. Pingback: Andini Desita
  9. Pingback: ciphie
  10. Pingback: iwansuharyanto
  11. Waaah, persiapannya lengkap banget! Gue waktu itu sempat bebelian tapi ga sedetail ini, Palingan yang perlu banget hanya wadah tempat makan, alat buat rebus-rebus/ goreng-goreng, pisau, talenan untuk memotong, dan minum. Soalnya kan memang peralatan MPasi lebih baik dipisah sama alat dewasa :)

Leave a Reply