Fitria, Where School Can be Fun

Sejak awal memiliki rumah di kawasan Taman Galaxy, Bekasi, saya sudah mengincar sekolah ini. Tapi dengar punya dengar, sekolah ini cukup mahal untuk sebuah Playgroup. Akhirnya, saya melewati Fitria saat pencarian sekolah untuk Langit di tahun 2009 lalu.

Saat waktu sudah semakin dekat dengan target menyekolahkan Langit, saya semakin giat mencari sekolah yang bagus, dekat lokasi rumah (nggak mau yang jauh pake kendaraan ah, kasihan nanti capek dijalan), dan tentunya terjangkau. Setelah mencari-cari ke beberapa sekolah lain, kok rasanya belum ada yang sreg sampai akhirnya mampir ke Fitria. Pas tahu biayanya, ternyata nggak semahal yang saya pikir (walaupun juga nggak semurah yang kami inginkan).

Biaya di tahun 2011 kemarin adalah (kalo nggak salah tahun 2012 ada kenaikan, tapi nggak banyak, kok):

  • Uang pangkal Rp 3.850.000 (termasuk 3 buah seragam)
  • Uang bulanan Rp 375.000 (di luar biaya katering yang dihitung per harinya Rp 6.000)

Untuk biaya lain-lain seperti field trip atau perpisahan, biasanya sekitar Rp 300.000- 500.000. Field trip dan perpisahan ini diadakan setahun sekali. Lumayanlah, ya..

Kalau untuk fasilitas, Fitria bisa dibilang cukup lengkap. Ruang bermain indoor dan outdoor serta kolam renang lengkap dengan ruang ganti yang cukup memadai untuk anak-anak.

Kebetulan saya lebih memilih sekolah yang berbahasa Indonesia, di Fitria bahasa utamanya adalah bahasa Indonesia tapi setiap Jumat anak-anak mendapat pengenalan bahasa Inggris. Masih sangat basic, sih, seperti berhitung atau alfabet (yang kebetulan Langit sudah belajar dirumah) serta pengenalan diri. Lucu saja, sih, suatu hari saya pulang kantor, Langit ngomong ke saya, “What your name? My name is Langit”, hihihi…

 

Untuk kurikulum, Fitria masih mengacu pada Diknas di mana anak usia pra sekolah konsepnya bermain sambil belajar. Namun Fitria, karena berbasis Islam, maka pendidikan agamanya walaupun nggak berat tapi dijadikan yang utama. Seperti mengucapkan salam, setelah berbaris setiap pagi anak-anak mengucapkan mutiara hikmah yang isinya seputar akhlak/sikap yang baik (Al Adibu ma bubun – Yang berbudi dicintai, Akrim abaka wa ummaka- Hormatilah ibu bapakmu, Akrim ustadzaka- Hormatilah gurumu. Saya hapal, lah wong setiap mau tidur Langit selalu membaca ketiga hal ini kok, hehehe).

Sejauh ini, selama 1 semester saya cukup puas dengan perkembangan Langit bersekolah (bermain) di Fitria. Hari pertama minta temenin di kelas, hari kedua dan hingga hari ini sudah mau masuk kelas, berbaris dan mengikuti semua kegiatan tanpa drama yang berarti. O, ya, di sini muridnya di-encourage untuk sendiri di kelas. Dan sepanjang pengetahuan saya, guru-gurunya cukup kooperatif menangani anak-anak yang ngambek atau ngamuk saat ngga mau sekolah.

Kalau saya sih, tahun depan Langit tetap mau di sini saja. Selain biaya cukup masuk akal dengan fasilitas yang ada, jarak tempuh dari rumah kami ke Fitria ini hanya 5 menit dengan berjalan kaki :D

Alamat KB & TK Fitria 3

Jl. Bulan.No24 Jakasetia /Galaxi, Bekasi Selatan 17147

Telp (021) 8228656

Website: kbtk-fitria3.com


13 Comments - Write a Comment

  1. Eh koq gak dikasitau sih kalo ada seminar buat ortu yang ternyata pembicaranya psikolog anak temennya Bu Elly Risman? *spoiler banget deh :D*

    Iya ih, kalo Fitria deket rumah aja, pasti mau deh masukin Nadira ke situ. Gak terlalu mahal itu mah ukurannya, apalagi dibanding sama TK di BSD sono. Mau pengsan rasanya baca uang pangkalnya :D

    1. Oh iya, lupa!

      Jadi ya buibu, perberapa bulan itu Fitria suka ngadan seminar untuk para orangtua. Yang jadi pembicaranya ibu Rani (sapa gitu lupa nama belakangnya), beliau teman seangkatan ibu Elly Risman, jadi apa yang diberikan ke kita bener2 mirip sama bu Elly.

Post Comment