Sekolah Di Mana Ya?

Sebulan belakangan ini saya sedang giat mencari sekolah untuk Langit yang berusia 20 bulan. Mulai dari browsing, tanya kanan kiri, baca tret di preschool di Mommies Daily sampai datengin sekolah-sekolah tersebut untuk melihat fasilitas, suasana sekolah dan tentunya budget.

Nah, berhubung memang pengennya yang deket2 rumah, maka terkumpul 4 sekolah dibawah ini:

1. Tumble Tots

Yang paling dekat rumah saya adalah di:
Jl. Raya Kalimalang Ruko Jaka Permai Blok B I / No. 6 & 7.
Telp: (021) 8896 5020. Fax: (021) 8896 5020

Jarak tempuh sekitar 10 menit, bisa naik angkot/becak/ojek

Biaya:

  • Registrasi: Rp. 200.000,-
  • Membership fee: Rp 750.000,-
  • Monthly fee (untuk pertama, harus bayar minimal 3 bulan ): Rp 400.000,-

Review:

  • Satu kelas terdiri dari 5-7 anak, kebanyakan ditemani dengan orangtua atau pengasuh masing-masing serta 3 pengajar. Menurut saya, terlau ramai kelasnya.
  • Langit pas trial disini terlihat agak bingung dengan banyaknya orang sehingga tidak (atau belum?) bisa focus pada sang pengajar.
  • Materinya menitikberatkan pada motorik kasar, antara lain menari, lempar bola, sampai main aneka permainan yang tersedia.
  • Durasinya selama 45 menit saja dari jam 9 pagi sampai 9.45, seminggu 2 kali.
  • Secara biaya memang tak terlalu mahal dan agak cocok dengan kantong saya. Tapi entah kenapa, saya kurang sreg ya..

2. Towns 4 kids

Alamat:
JI.Agave H3 No.9 Tmn.Galaxi Bks-Sltn 17147
Jarak tempuh sekitar 10 menit bisa naik ojeg, angkot/ becak

Biaya:

  • Uang pangkal: Rp 2.000.000,-
  • Monthly fee: Rp 300.000,-

Review:

  • Satu kelas usia Langit saat ini ada 4 orang anak, semuanya laki-laki (!), pengajarnya ada 2 orang dalam 1 kelas. Dan murid hanya boleh ditemani orangtua atau pengasuh maksimal 2 minggu, setelah itu harus dilepas sendirian dalam kelas (I love this).
  • Waktu kami datang, pas ada pelajaran bahasa mandarin (hihihi, yang mana ibunya juga nggak ngarti booo…), terus ada permainan menggunakan lilin-lilin play dough, dan kelas multimedia.
  • Durasi persesi-nya 2 jam dari jam 8 pagi (oh berat sekali rasanya untuk Langit yang paling pagi aja bangunnya jam 8) sampai jam 10, seminggu 3 kali.
  • Alat mainannya banyak, mulai dari yang kecil-kecil sampai playground-nya ada ayunan, mobil-mobilan, buku-bukunya juga banyak.
  • Tapi entah kenapa saya kurang sreg sama preschool ini, karena beberapa hal, terutama adalah karena jam masuk sekolahnya. Hehehe…

3. Kiwi Kids

Alamat:
Ruko Villa Galaxy Bl AR-1/17-18 Bekasi
Telp (021) 82429978
Jarak tempuh sekitar 10 menit bisa naik ojeg, angkot/ becak

Biaya:

  • Membership: Rp 1.700.000,-
  • Registration: Rp 200.000,-
  • Monthly fee (jika dibayar per-term alias 3 bulan, diskon Rp 100.000,-) : Rp 400.000,-

Review:

  • Satu kelas usia Langit ada 4 orang dengan seorang pengajar.
  • Kegiatan saat kami trial adalah melukis menggunakan cat air lalu ke dancing room yang bagus banget, lengkap ada palang pegangan dan kaca di seluruh dinding, serta ada sesi story telling.
  • Kendati pengajar hanya seorang, namun entah kenapa saya bisa mempercayai beliau. Sikapnya ke anak-anak murid serta kepercayaan dirinya menghadapi Langit membuat Langit juga tertarik untuk bersamanya.
  • Di sekolah ini orangtua boleh menemani, namun akan lebih baik jika ditinggal. Di trial pertama, Langit sempat saya tinggal loh, dan saya melihat Langit nyaman.
  • Durasi sekolah dari jam 10 sampai jam 12 siang (passs…banget buat Langit), seminggu 3 kali.
  • Mainan dalam kelas cukup banyak, buku-buku dongeng juga ada, serta tempat untuk ‘mandi bola’ yang pasti menggoda hampir setiap anak tersedia.

4. Gymboree

Alamat paling dekat rumah:
Jl. Alamanda Blok H – 7 no. 5 -6 Kemang Pratama 3, Bekasi
Phone: 021 – 8210443
Jarak tempuh sekitar 20-30 menit (harus keluar komplek perumahan) naik angkot kayanya 2x, naik ojeg lebih dari ceban, naik becak abangnya pengsan

Biaya:

  • Membership: Rp 450.000,-
  • Pendaftaran: Rp 100.000,-
  • Monthly fee (2x seminggu): Rp 330.000,-

Review:

  • Ruangan kelasnya cukup menggoda dengan infrastruktur permainan yang keliatannya oke punya. Tapi sayang saya nggak jadi trial, karena pas datang untuk trial ternyata muridnya nggak ada yang datang sehingga kelas ditiadakan (begitu informasi yang saya dapat dari pengajarnya. How sad)

Dari review diatas, mungkin sebenarnya sudah kelihatan mana yang akan saya pilih. Atau mommies ada saran lain?

Nah menanti awal tahun, saya mendapat masukan juga untuk sekalian saja nunggu sampai Langit 2 tahun di bulan April nanti. Menurut mommies disini bagaimana?


35 Comments - Write a Comment

  1. Kanya sih Langit senengnya yang dia cewe sendiri itu Lit..hahaha…tapi kalo pagi pagi begitu Langit juga belum siap untuk tampil yah :D

    Gue juga mau tunggu Jehan 2 taun aja Lit, jadi masuknya pas ajaran baru taun depan. Kan pas Jibran masuk SD tuh jadi sekalian deh emaknya pusing ngatur jadwalnya…

  2. lit, dulu carissa masuk gymbore. jaman itu (tsah macam udh lama bgt… 6,5 taon yg lalu lah kira2, waktu itu umurnya 14 bulan) gue brasa kurang ok deh sama gymbore & tumbletots. soalnya kegiatannya msh di ruang kelas aja. pas umur 18 bulan, dia pindah ke kinderland. gue lbh sreg krn ada playground dan ada tk-nya. jd nanti kalo mau nerusin ke tk nggk perlu pindah2 lg. jd dia nggk pusing kenalan lg dg temen2 baru & lingkungan baru.

    mungkin ini bisa dijadikan bahan pertimbangan, apakah bisa nantinya Langit nerusin ke TK disitu… :)

  3. mami lita, review kinderland katanya bagus sih, sayangnya di bekasi nggak ada. gw ga mau yang jauh2, kesian kecil2 udah terkontaminasi sama macetnya jakarta. lagian ntar ibunya capek nganter jemputnya juga :p
    iya ya, kebetulan di towns4kids dan kiwi ada playgroup dan TK-nya juga sih… *hemm..berpikir keras*

  4. setuju sama mami lita, kl bisa sekalian tk jd ga pindah2 lagi, hemat uang pangkal jg kan jadinya..
    soal nunggu sampe usia 2 taun, ada bagusnya jg, jd langit jg lebih siap, lagian selama di rumah ada aktivitas ga usah buru2 sekolah jg gpp, rayvell dan keira mulai sekolah umur 3 tahun..

  5. oh, kalo sekali pas playgroup/ preschool udh bayar uang pangkal, pas TK udah ga bayar lagi ya? *baru tau, oh sangat bodoh* baiklah mami yustina, akan saya jadikan catatan!
    iya makanya ya tin, toh 2 tahunnya juga 4 bulan lagi *kyaa…anakku sudah besaaaarrrr..*

  6. sama nih mbak aku jg lg nyari2 preschool buat azka anakku
    udah hampir pasti gymboree sih

    Tapi kl diliat2 harganya kok beda jauh yee..sebell ih
    plg deket di PIM itu 2x seminggu 600rb loh, 1x seminggu aja 475rb
    dan itu plg murah deket2 sini :(

  7. Lit, gw jg dikasih tau sama temen gw mendingan cari skolah yg kalo bisa sampe TK. Untungnya nanti di tempat Tiara skolah (shining star bintaro) sampe TK.
    Alasan gw nyekolahin Tiara sblm umur 2 taon karena gw merasa kurang kreatip.
    Tapi nih Lit, ada temen smp gw cerita, anak pertamanya dia sekolahin dari baby class gituhh, by the time anaknya umur 7 taon, anaknya minta berenti skolah. Panik dah tuh lgs temen gw. Nah pas anak kedua, dia sekolahin dari umur 3 taon. Saran dia ke gw, boleh2 ajah si Tiara disekolahin dari baby class, tp jgn tiap hari dan kalo bisa cari skolah 2 jam ajah wktnya. Nah nanti kalo udah TK baru deh tu tiap hari.

  8. @dhita, iya ternyata gymboree beda2 yah tergantung daerahnya. sepupuku juga di daerah jakbar, lebih mahal drpada di bekasi. makanya dia kaget pas aku kasih tau harga di gymboree bekasi..

    @rani, iya nih ran, apalagi elo dr tiara kecil sama elo mulu ya, gw aja baru2 ini tiap hari dirumah sama langit udah mule merasa ga kreatip :p kesian anaknya juga masa mainnya itu2 mulu dah.. nah ada juga yang bilang gitu, kalo mulai dari kecil takutnya ntar bosen :p kebetulan yang gw incer emang seminggu 3x aja, 2 x di dalam kelas, yang 1x itu ada outdoor activity-nya…mudah2an pilihan gw nantinya ga salah deh ya!

  9. anak pertamaku dulu ikut gymboree waktu umur 2 tahun, ambil yang paket 2x seminggu. umur 3 tahun masuk playgroup deket rumah, 3x seminggu, @ 2 jam. IMO sih kalau anak 2 tahun sebetulnya yang namanya “sekolah” itu kan sebetulnya lebih banyak untuk berlatih sosialisasi (apalagi kalau di rumah sendiri aja kaya anakku). kalau masalah keterampilan yang dilatih di “sekolah” sih sebetulnya di rumah juga dilatih kan. untuk masalah kurang kreatip, nanti dari kelas-nya si anak, kita bisa contek tuh kegiatannya. hehehe.

  10. han…mau review ttg SD yg bagus dong..anak saya yang besar masih TK A, kita sbg ortu dah mulai mikirin dimana ya SD yg rekomen…abis rata2 kok pada curhat beban anak kelas 1 SD itu berat bener…pelajarannya itu loh.

  11. Mau sharing
    Anak sulungku waktu usia 3 th masuk playgroup di KB/TK KOMIMOnya kak seto di Atrium mall Senen.
    Sekelas muridnya cuma 7 anak dgn 2 guru. Lumayan bagus, gak ada ortu atau pengasuh yg nunggu di dlm kelas, so anak jd mandiri.
    Sayangnya Akbar gak bs nerusin ke TKnya karena Komimonya harus pindah lokasi. Akhirnya aku pilih TK islam dkt rumah aja, menghemat biaya dan waktu krn waktu itu aku msh bekerja kantoran.
    Ohya sblm masuk ke Komimo sempat trial di tumble tots tp ya spt mba Lita bilang terlalu ramai.

    Mudah2an bs membantu

  12. @muti, iya emang sih permainan di sekolah sebenernya bisa diterapin di rumah. cuma ya itu, anaknya lagi2 cuma ketemu sm ibunya atau pengasuh doang :(
    @endah, komimo adanya dimana aja sih? ada info ga? thanks yaaaaa

  13. Lita..salam kenal ya, tinggalnya di galaxi kah..tetangga gw nih keknya :). gw udah mengalami fase ini 6 bulan lalu lit..nyari PG buat karin, 2,5thn skrg. udah survey kesana sini, kecuali TT n Gymboree, gw emang kurang sreg for some reasons. akhirnya ke town4kids deh, masuk kelas Nursery 1 yg cukup padet kelasnya :). tertarik juga sebenernya sama kiwi kids, cuman waktu itu jatuhnya kok lebih mahal ya dari t4k (tp kok di review elu lebih murah ya, bingung :p). krn gw pikir masih PG, asal tempatnya nyaman n programnya jelas udah cukup lah, krn gw berencana TK-nya ke tmpt lain (uang pangkal Rp. 2jt cuman sampe N2 loh, jadi kalo mau lanjut TK bayar lagi). so far gw liat materi di t4k emang cukup berat ya, tapi sih karin enjoy aja dan progressnya baik..terutama art & craft, vocab & keberanian. karena gw kerja, gw sangat terbantu sih dengan aktivitas sekolah..untungnya karin juga bisa bangun pagi lit..hehehe. kiwi kids juga ok kok, temen gw ada anaknya yg sekolah disitu..IMHO sih yang mana yang paling nyaman aja buat Langit, supaya ntar enjoy sekolahnya…gud luck ya!

  14. ada info preschool yang pake bahasa pengantar bahasa indonesia gak ya? terutama daerah bintaro…kayanya kebanyakan yang gw temui pake bahasa inggris.
    i know it’s not bad, tapi anak gw (24 bln) masih belum banyak bicara, dokternya menyarankan untuk gak banyak nonton tv dan menghindari penggunaan bilingual..thx..

  15. Wah senangnya ada yang mereview preschool di Bekesong sini. Pernah survey ke TK Mini Pak Kasur gak, Lit?
    katanya ada juga di kemang pratama. Mulai dari KB Gelatik 2-3 tahun hari Sabtu 1X seminggu **rada susah nyari hari Sabtu ini euy**
    Uang muka : Rp 2,150,000
    SPP : 135rb/bln utk 1X seminggu
    Eniwei, TFS ya, Lit…

  16. @serenity, elo di galaksi boookk?? Hits deh! Gw puuuunn…! Senangnya ada yg deketan :D

    @vtree, ehm iya entah kenapa gw jg lebih sreg sm sekolahan yg bahasanya indonesia aja, kalo pun bhs inggris sbg tambahan atw bahas kedua..

    @indah, satu lg warga bekasi! Gw kemaren ini sempet lewat tk pak kasur, cm ga mampir krn kirain tk doang.. Nah skg lg mo liat kepik nih! Udah kesana belum?

  17. Hai mama langit,
    Kenalkan, saya mita. Tinggal di pekayon, next to galaxi lho. Btw, anak saya malah sudah sekolah di kiwi kids.
    Dari budget sih ok, tapi hanya saran saja, pastikan miss nya komunikatif kepada ortunya.
    Bundel semua kuitansi spp (karena disini tidak ada kartu bayaran) agar kejadian ditagih dua kali gak terjadi.
    (Saya pernah ditagih 2 kali, dgn alasan missnya lupa).
    Sering2 cek sms, karena teachernya hobby banget kasih pengumuman atau pemberitahuan hanya by sms!!
    Dan penting juga nih, kl anak kita tidak masuk bahkan sampai 3 minggu pun, don’t expect the teacher will call,
    Gak sama sekali (kecuali untuk telp mengingatkan pembayaran).
    Tidak bermaksud mempengaruhi sama sekali, hanya membantu berdasarkan pengalaman pribadi.
    Saat ini saya sudah memindahkan anak saya dari kiwi kids. Semoga saja langit bisa dapat perhatian
    Dan hasil lebih baik daripada anak saya. Sukses ya mama.

  18. mitta, tengkyu reviewnya buuuu..
    ada anaknya temen gw juga yang akhirnya mindahin anaknya drai kiwi kids. nggak tau juga kenapa. tapi kemaren gw ke creative kids house di blakang LIA bekasi, lumayan juga disitu. ada review tak? *loh balik nanya*

    indah, maap baru reply. deket rumah gw di Nakula neik… ada yang seminggu sekali di hari sabtu aja..

  19. Hai Lita, tetangga deket tapi belom pernah ketemu ya kitah, hehehe.

    Anak gue kebeneran sekolah di Creative Kids di belakang LIA Galaxy. Udah setahun ini masuk kelas PG B untuk usia 3 tahun keatas. So far sih, gue cukup puas aja karena untuk ukuran PG, gue ga banyak minta macem2. Asal anak udah seneng dan mau berangkat ke sekolah aja gue mah udah hepi.

    Yang agak jadi kendala sih, pas semester II ini tiba2 guru PG-nya resign dadakan karena mo masuk jadi PNS. Jadilah mereka agak2 kelimpungan cari penggantinya. Sekarang sih udah ada, tapi karena nyarinya mepet, gue jujur sih merasa agak kurang sreg karena kayaknya gurunya masih kurang pengalaman, masih muda dan masih kuliah. Tapi kalo dibilang jelek sih ya ngga juga.

    Gue sih udah niat mo masukin TK Dafa disitu lagi, walaupun ada hasutan disana-sini untuk ga ngelanjutin disitu karena berbagai macam alasan, hehehe. Masalahnya adalah sekolah ini untuk ukuran bangunan dan lingkungan serta lokasi gue udah cocok banget. Biaya juga. Tahun lalu gue udah muter2 Galaxy nyari2 sekolah dan banyak ga cocoknya disana-sini. Kadang ada sekolah yang cuma di Ruko, jujur sih gue ga terlalu suka kalo bangunan sekolahnya di Ruko.

    Emang cari sekolah susah2 gampang sih. Pertimbangan gue tetep disitu karena ga jaminan gue masukin ke sekolah lain bakal lebih baik. Malah mungkin anak harus adaptasi lagi dengan lingkungan dan lain2nya. Termasuk guenya juga karena sekolah anak itu sebenernya ‘sekolah’ orangtuanya juga, hehehe. Sekolah di Bekasi emang banyak banget, cuma pilihannya terbatasi jadi cuma 2. Kalo ga sederhana banget dan murah tapi minim fasilitas, ya mahal banget walopun fasilitas selangit. Makanya… binun yah? heheh.

  20. mom, salam kenal semua nya yaaaa….lg cari2 sekolah jg nih, sblmnya fabian (2.8)th udah sklh di pulomas sih,tp berhubung kita br pindah dipuri kranji, yaa cari2 sklh lagi deh..udah pernah trial sih ke town 4 kids, tp kynya bian kurang suka, baru msk lgs minta plg, heheh..ga tau kenapa…btw moms mau tanya tel creative kids dong, aku browsing ko ga nemu yaaa…tq..

  21. nenglita

    hai deasy! wah, harusnya kita tetangga loh, gw waktu hamil udh sempet booking rumah di puri kranji, tapi karena satu dan lain hal nggak jadi :( creative kids itu persis dibelakang LIA Bekasi. kalo dr kranji tinggal naik angkot 05A turun didepan LIA Bekasi jalan dikit *maap ye, pecinta angkot jadi ngasih taunya based on angkot, hihihi*

Post Comment