Berani Lepas Diaper di Malam Hari?

by: - Monday, December 27th, 2010 at 8:00 am

In: Behavior & Development Pre-Schoolers (2 years - 4 years) 50 responses

0 share

Setelah kemaren ada cerita Kenzie tentang toilet trainingnya, sekarang saya mau cerita tentang lepas diaper/ clodi atau apapun itu di malam hari. Hayooo, siapa yang masih punya kesulitan ini?

Toilet training di siang hari biasanya lebih mudah ya, karena baik anak maupun ibu atau pengasuhnya dalam keadaan sadar alias nggak tidur. Kalaupun tidur siang, biasanya kan cuma 1-2 jam yang berarti si kecil nahan pipisnya cuma sebentaran.

Nah, gimana kalau malam?

Kira-kira sudah hampir 6 bulanan ini saya memberanikan diri tidak memakaikan Langit (2,5 tahun) pospak lagi di malam hari. Kalau siang atau pergi-pergi kemanapun memang sudah lepas sama sekali. Kenapa harus saya yang memberanikan diri? Karena berarti harus siap dibangunkan Langit saat enak-enaknya menikmati ‘beauty sleep’ setelah menyapih Langit pas 2 tahun kemaren, terus belum lagi kalo nggak kebangun dan ngompol? Haduuuh, harus ganti sprei tengah malam! Ini semua berarti akan mengurangi waktu tidur, padahal besok pagi harus aktivitas lagi.

Setelah dipikir- pikir, Langit kan sudah besar, kalo tidur malam pun seringnya diaper dia kering, terus yang lain saja bisa masa saya nggak bisa. Sudah gitu kan juga penghematan! Hihihi… Soal kurang tidur mah, nanti diurus belakangan deh :D

Tadinya mau nunggu Langit pindah kamar sendiri atau mau beli training pants atau beli sprei anti bocor dulu sebelum lepas diaper malam hari. Tapi kok itu semua nggak terlaksana-terlaksana juga ya? Akhirnya nekat!

Modalnya cuma perlak dan alarm hp 2 jam sekali :)

Malam pertama :

Jam 21.00, Sebelum tidur kan memang dibiasakan untuk buang air kecil atau buang air besar dulu. Terus cuci kaki, dan seterusnya. Bagian Langit tidur dialasi perlak (saya dan suami masih belum rela pisah ranjang dengan Langit) Terus pas mau dipakein baju, saya bilang “Langit malam ini kamu nggak pake pampa (cara langit menyebut pospak) ya, kan sudah besar. Nanti kalau mau pipis, Langit bangunin ibu” terus dia menjawab “iya..” hehehe…

Setelah ritual-ritual yang panjang sebelum tidur, kira-kira jam 23.00 saya ajak pipis sekali lagi. Terus saya ulangi sekali lagi, “kalau nanti mau pipis langit bangunin ibu ya”

Saya siap-siap pasang alarm di hp jam 2 pagi. Ternyata sebelum jam 2, Langit gelisah dalam tidurnya. Akhirnya saya ajak dia ke kamar mandi untuk pipis. Sempet marah, tapi sambil saya peluk, lampu kamar dan lampu kamar mandi tetap dalam kondisi mati.

Balik lagi ke tempat tidur, ternyata Langit langsung tidur. Hooree….! Ketakutan saya dia akan segar saat dibangunin untuk pipis sirna sudah.

Saya pasang alarm lagi jam 5 pagi. Lagi-lagi jam 4.30 Langit gelisah, akhirnya saya ajak ke kamar mandi sekali lagi. Terus langsung tidur lagi deh. Dan baru kebangun lagi jam 7.30 tanpa ngompol!

Malam kedua :

Ritual seperti biasa, tapi malam ini Langit tidur lebih cepat, jam 20.00. Jadi ketika saya mau tidur jam 23.30, saya ajak Langit ke kamar mandi untuk pipis. Lalu Langit bangun lagi jam 3 untuk pipis dan lanjut tidur sampai jam 7 pagi. Hari kedua, mission accomplish!

Malam ketiga :

Ritual seperti biasa, tidur lebih cepat juga. Jam 12.30 pagi saat suami saya masuk kamar Langit terbangun, sekalian saja saya ajak pipis. Saya pasang alarm jam 3 untuk pipis selanjutnya, dan celaka….. saya nggak kebangun! Baru kebangun jam 6 pagi dan langsung panik takut Langit ngompol. Ternyata pas saya cek, celana masih kering, perlak pun kering. Asiiiik!

Malam-malam selanjutnya ritual tetap seperti biasa. Kalau saya kebangun, maka Langit akan saya ajak pipis, kalau nggak ya bisa bablas sampai pagi.

Ngompol? Ya tentu pernah! Hahaha, pertama kalinya ngompol malah dikasur hotel waktu kita nginep di Bandung, hihi… Menurut saya nih moms, kalau ngompol malah jangan dimarahin ya. Ajak dia ke kamar mandi seperti biasa, nah kalau saya sambil saya omongin pelan-pelan deh “kok nggak bangunin ibu? Kan Langit jadi harus wawi (cebok) tengah malam deh.. kasurnya basah deh..” gitu-gitu lah pokoknya :)

Kesimpulannya, tantangan terbesar untuk Mommies  yang mau melepas diaper si kecil di malam hari sebenarnya adalah diri sendiri. Seperti saya dengan segala ketakutan saya sebelumnya. Tapi ternyata setelah dijalani nggak akan sesulit yang dibayangkan kok!

Selamat mencoba! Semoga bisa menjadi resolusi tahun depan ya!

Share this story:

Recommended for you:

50 thoughts on “Berani Lepas Diaper di Malam Hari?

  1. beranii! Syasya 23m udah sebulan ini lepas diaper saat malam hari. Kalau siang sudah sejak 18m. Jd sekarang dah bebas diaper seharian.. Tapi kalau pergi msh ga pd euy…takut ga nemu toilet yg bersih..takut nemu toilet jongkok soalna syasya blm diajarin pk toilet jongkok.

    1. justru Langit bebas diaper siang dulu, plus kemana2 juga ga pake. mungkin pertama diajarin pipis jongkok dirumah kali ya, biar kemana2 enak pipisnya :D

      hayo bisa, Syasya kan pinterrr :D

    2. hihihi..memang kalau toilet training emaknya yaa yg harus punya keberanian dan kerajinan…

      iya deh mau gw coba ajarin pipis jongkok dirumah… thanx ya lit.. :)

  2. Wow two thumbs up for you and Langit! Gile, pergi2 ajah gw msh pakein pampers si Tiara. Next gw coba ah bobok siang ga pake pampers :D thank for sharing Lita, jd ada acuan buat gw :))

  3. sangat menginspirasi, sebenarnya memang kendala ada di diri sendiri karena kalau siang memang sudah lepas tapi saya selaku ibunya ini selalu ngga PD kalau mau coba malam, bener alasannya takut tidur ibunya terganggu, tapi berkorban 3/7 hari demi anak kita terjintah sehingga ke depannya mandiri, itu pasti harus bisa dilakukan untuk semua ibu. Trims

    1. mo titip dirumah?
      toilet traningnya sih oke, tapi masalahnya elo belum sapih Rakata kan? tar kalo minta nenen gimanaaaa…???

  4. Sudah berani…Nara sudah lepar pampers pas hampir #tgn (akibat kemalesan emaknya juga, bangun ditengah malam). Cara gw hampir sama sama Lita, tp gw ga pake bangun malem lagi, dari sore menjelang Maghrib sampe menjelang tidur, gw batasin minumnya. Trs setiap 1 jam sekali sampe sebelum bobo, gw ajak ke toilet terus, walaupun dia bilang blm kpgn pipis, ttp gw ajak ke toilet. Akhirnya pas bobo(sekitar jam 20.00) sampe pagi (Nara bangun selalu pagi jam 04.30-an) naru dia pipis lagi.

    Alamdulillah hampir selalu sukses, kalau pun ngompol, itu karena pas gw blm plg kantor, susternya kelupaan ngajak pipis bolak balik dan keburu ketiduran.

    1. Nara pinter!
      Gw kaget loh, ternyata anak kalo tidur malam ternyata malah cenderung bisa tahan pipis ya.. tapi pas bangun tidur, kalo Langit harus buru2 diajak ke toilet teteub, gw nya masih takut dia bocor :D

  5. Wah, hebat..Terima kasih banyak sudah shared pengalamannya. Kalo anak pertamaku (cewek) memang sejak 16 bulan potty trained, tapi anak kedua (cowok), sekarang umur 21 bulan baru siang hari aja gak pakai popok. Kadang kalo pergi suka gak pakai (karena perginya siang hari), jadi dia suka bilang kalo mau potty. Kalau malam yang rada susah, jadi makasih banyak sekali lagi sudah berbagi pengalamannya, nanti aku cobain ke anakku…

    Dina @ http://blog.sweetbatik.com

  6. Ma kasih ya mbak atas tips-nya, aku selama ini belum berani nglepas pospak malam hari, maklum ibu bapaknya kalau tidur susah bangun (maaf…)
    terima kasih ya buat tips2xnya, hari ini coba sama Zia aaah :D

  7. Berani. Alhamdulillah Qanit (26 bulan)udah lepas pospak kurleb 3bulanan.
    Ritualnya sama kya Langit, sebelum bobo diajak pipis plus sikat gigi dulu. Trus klo gue bangun malam, gue ajakin Qanit pipis tapi biasanya dia malah marah soalnya tidurnya terganggu. jadi kalo mau pipis, Qanit pasti bangun trus blg pipiis, langsung angkat deh sebelum ngompol. pipisnya pun sambil merem lho dia :p
    Dan bangun tidur jg langsung dibawa ke kamar mandi untuk pipis.
    sejauh ini sih tetep pernah ngompol 3x :p

    1. sama niiih, kalo pas tidur diajakin ke kamar mandi awalnya marah2. padahal jelas2 mau pipis. malah kadang2 saking konsen sama marahnya,pipisnya ga keluar! haduuuuh… bikin deg2an takut ngompol :))

  8. Aluf belum berani lepas nih lit, atau tepatnya guenya sih yang belum berani lepas hehehe tapi jadi pengen menguatkan niat untuk nyoba karena bener sih kata elo, sering kali kita aja yang mikirnya “Ah entar ribet,” padahal pas dijalanin sih enggak. Thanks for the story ya lit!

  9. lita… klo anakku baru beres disapih nih jadi kalo mau tidur masih harus mimi susu dulu. susah dong yaa buat ngurangin minum di malem hari? huehee masih belom lulus potty training nih, yang siang aja belom..

  10. Haduw..tertohokk sekali oleh judul artikelnya.. Bisa aja neng lita ini :D
    Kalau rakan (25mo) udah bebas diaper seharian and bobo siang..but as u said gw sebagai ibunya mah belum ngotot klo untuk lepas pampers malem..belum tega (tega ke guenya makhsudnya hihihi)
    Walaupun sering pampers malemnya pas dia bangun (jam 8an pagi) kering and malah kadang2 dia bangunin jam 12 malem/3 pagi cuma buat ajak “pipis di amar andii”..pdhl gw udah ngebatin lah itu kan pake pampers ayu bobo aja yukk…tapi untung insap..akhirnya gw temenin ke kamar mandi..pakein pampers lg d..
    Itu kalo ga salah sign2 klo dia udh siap yah udah lepas pampers malem..soalnya gw msh blm siap jiwa dan raga.. Hihi bandelll..
    But after reading this article..ya suddlah..hayukklah..
    Eh beli seprai anti bocor dl kali ya…? *apapun niatnya..belanja dulu pertamanya* hihi cari alesan .. :P

    1. Filiii…
      Hahaha, gw juga spt diceritain, banyak bener alasannya. tar aja kalo libur lah, beli sprei anti bocor dulu lah, ngabisin pampers yg telanjur dibelilah, dst dsb. sampe titik akhirnya, sudah nekat saja! kalo malam ini gagal, ya besok nggak usah dulu. eh pas 3 hari pertama alhamdulillah lancar, yaudah lanjooott… Penghematan bok! :))

      kiss buat Rakkan :*

  11. udah, senengnya seminggu – dua minggu pertama kita musti rajin2 bangun nawarin pipis di tengah malam, tapi selanjutnya dia udh bisa manage hasrat pingin pipisnya :p jadi diajakin pipis pas mau tidur sambil sikat gigi sama bangun pagi aja, dan sekarang pergi2 pun udh bebas diaper, terpacu karena Langit nih, serius deh :DD makasih loh gadis kriwil cantik, tante jadi semangat lepasin diaper Zieboy kalo pergi2 :)

  12. Duh, mbak… Ko’ aku malah kebalik ya? Karya (3,5 tahun) kalo pergi masih pake’ diaper. Sementara kalo malem dari sebelum dua tahun udah lepas. Sering banget kalo lagi jalan-jalan siang dia ngompol. Meskipun ngga’ sampe bikin pulau di tengah jalan ya, tapi kan tetep celananya basah. Kalo ditanya kenapa ga’ bilang, dia cuma bilang ngga’ “mau pipis disitu” sambil tunjuk WC mall. Di PAUD nya juga gitu. Apa karna dia risih ya?

    1. Mungkin pernah ke toilet umum terus nggak nyaman kali? Coba ajak ke toilet di tempat umum yang bagus, atau lucu kaya di Gancit/ Sency tuh, kan ada toilet anak. Nggak usah ngapa2in disana, lihat2 aja. terus ke toilet lain juga gitu, kasih lihat aja bahwa toilet umum juga bagus dan menyenangkan. Selamat mencoba, ya!

  13. Pingback: Mommies Daily
  14. Pingback: Mommies Daily
  15. Pingback: winda
  16. Pingback: winda
  17. Pingback: Andri Radiansah
  18. Pingback: Andri Radiansah
  19. Pingback: Adhi Nugroho
  20. Pingback: Adhi Nugroho
  21. Pingback: ade esti
  22. Pingback: ade esti
  23. Pingback: christina renken
  24. Pingback: christina renken
  25. Pingback: finnie
  26. Pingback: finnie
  27. Pingback: TwinsBebeShop

Leave a Reply