Campak, Rubella, dan Roseola (III)

ROSEOLA

Roseola sebetulnya termasuk penyakit yang umum diderita anak usia 6-36 bulan. Cuma karena panasnya yang langsung tinggi, yang ada mommies langsung panik. Apalagi pake ruam ya, nyaru sama campak atau rubella.

Penyebab roseola adalah virus herpes tipe 6 dan 7. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakit ini berlangsung selama 3-7 hari.

Gejala-gejala roseola:

  • Panas tinggi mendadak dan langsung diatas 39C bahkan bisa 40.6C.
  • Panas berlangsung 3-5 hari.
  • Pada beberapa anak, demam bisa didahului (atau bersamaan dengan) sakit tenggorokan, hidung berair, ato batuk.
  • Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).
  • Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga.
  • Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.
  • Saat demam turun ruam akan muncul. Ruam bisa berbentuk timbul maupun rata. Munculnya terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, lengan dan tungkai. Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.

Penanganan:

  • Roseola merupakan infeksi virus, jadi tidak memerlukan obat, apalagi antibiotik. Antibiotik tidak mempan untuk virus.
  • Bila anak berbakat kejang demam, siapkan obat anti kejang.
  • Berikan parasetamol saat demam diatas 38,5C dan anak gelisah atau rewel.
  • Perbanyak minum dan pemberian cairan. Banyak asupan cairan selain menghindari dehidrasi, juga membantu menurunkan panas.
  • Bisa juga dilakukan kompres air hangat atau berendam air hangat untuk meredakan panas.

sumber:

http://medicastore.com/penyakit/939/Roseola_Infantum.html

http://mayoclinic.com/health/roseola/DS00452

gambar:

http://mayoclinic.com/

baca juga:
Part I : Campak
Part II : Rubella


60 Comments - Write a Comment

  1. affi

    Nah ini nih Aluf sempet kena sampe 2 kali. Emang demam tingginya itu rada bikin deg2an sih, untung waktu itu udah dijelasin sama dokter di Markas Sehat kl nanti begitu demamnya turun akan keluar merah2, itu namanya roseola…

  2. Nahh…anak gw juga berarti kayanya kena roseola ini udah 2x nihh…
    yang pertama abis demam biasa (gak mendadak tinggi) keluar bentol2 merah kecil2. Gw panik lsg bawa ke ugd, dibilang “like” campak, dikasi bedak dingin aja sama obat virus.
    yang kedua, panasnya tiba2 tinggi > 39, dibawa ke dokter, tapi dokternya gak yakin, anak gw sampai harus test darah 2x (gak tega gw liat toddler diambil darah…), test urine…ujung2nya dikasi obat panas dan obat virus juga. pas demamnya turun, keluar deh merah2nya, beda sama yg pertama. yang kedua ini ruam2 merah besar2, pindah2.
    gw menyimpulkan roseola karna sepertinya ga ada gejala lain yang mengikuti seperti yang di campak dan rubella. sempet curiga rubella juga, soalnya anak gw gak vaksin MMR.

  3. Raka kena Roseola di usia 9 bulan. Gw termasuk mommies yang panik karena demamnya tinggi sampai 40.5 C selama 3 hari dan akhirnya kita putuskan untuk tes darah. Bener kata Vtree ga tega banget yaaa liat baby diambil darahnya. Raka nangis kejer, saking keselnya jilbab suster yang nyuntik dia tarik. Setelah tes darah paginya baru dech sorenya keluar ruamnya. Kata DSA anak gw begitu keluar ruamnya anak harus sering dimandiin karena virusnya berada di kulit. Oia pasca roseola Raka GTM selama 1 minggu mungkin mulutnya pahit setelah demam tinggi.

  4. affi & nuke udah jelas roseola yaa?

    vtree, nah anak gw tuh pernah ada yg tau2 panas tinggi aja gitu lemes 2hr. gue udah siap entar keluar ruam beres. hari ketiga udah adem, dan tanpa ruam…gue yg bengong deh :p yasud gue anggep aja virus lewat, entah virus apaan..hehehe

  5. yes,.. akhirnya tifa positif kena roseola..
    setelah 3 hari kemaren panas naik turun sekitar 39 derajat :D
    kemaren malam dah ga demam, tapi masih rewel..
    dan sore ini pas mau mandi punggung dan dadanya keluar ruam,..
    hehehe, lega deh emaknya ini :D

    thx infonya MD :p

    1. ana, panas naik turun itu pas turunnya karena obat ato dibiarin?
      kalo karena obat, berarti emang panasnya manteng. bener itu kemungkinan besar virus.
      ternyata roseola yaa :D
      jadi ngga panik dong kalo udah tau kira2nya ya ;)

      1. panas naik turun karna obat mbak..
        iyah, alhamdulillah skg dah ga panik lagi, dan mulai menghafal gejala roseola ini.. kemaren akhir november tifa kena lagi, tapi karna dah dapet ilmunya jadi lebih tenang :)

  6. Pingback: Ica

Post Comment