7 Etika saat Bertemu Anak Orang Lain, Jangan Pegang Sembarangan

Parenting & Kids

Mommies Daily・2 days ago

detail-thumb

Jaga batasan dan jangan semena-mena, ini etika yang perlu diterapkan saat bertemu anak orang lain. Yuk, hargai privasi orang tua anak!

Jagat maya kembali diramaikan setelah aktris sekaligus selebgram, Jennifer Coppen menumpahkan kekesalannya di broadcast channel Instagram dan membuat video penjelasan di TikTok terkait putrinya, Kamari Sky Wassink, yang disentuh secara sembarang oleh banyak orang yang tidak dikenal. Sebagai ibu, Jennifer merasa tidak senang karena hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan Kamari. 

Akibatnya, ia pun menyampaikan peringatan dan tidak lagi memperbolehkan penggemar berfoto bersama dengan anak semata wayangnya tersebut. Meskipun sebagian netizen merasa tidak terima dan menyerang Jennifer, tetapi ada banyak orang yang justru mendukung peringatan yang diungkapkannya itu.

Kondisi serupa sebenarnya sudah banyak terjadi tidak hanya pada kalangan artis saja, tetapi juga pada kalangan masyarakat biasa. Perlu diketahui bahwa anak-anak cenderung lebih rentan dibandingkan dengan dewasa, sehingga risiko terkena paparan kuman, bakteri serta virus jauh lebih besar, terutama ketika disentuh secara sembarangan oleh orang lain. 

Etika Saat Bertemu Anak Orang Lain

Terlepas dari kenal atau tidak, memegang anak orang lain terutama di bagian wajah apalagi menciumnya bisa membuat si kecil berpotensi terkena penyakit. Untuk menghindari peristiwa tersebut, berikut beberapa etika yang perlu diterapkan ketika bertemu anak orang lain. 

BACA JUGA: Orang Tua Bertengkar di Depan Anak Ternyata Bisa Bikin Anak Tangguh dan Kreatif, Simak Kata Psikolog

1. Dalam Kondisi Prima dan Tidak Sakit

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika bertemu dengan anak orang lain adalah memastikan bahwa Mommies sedang dalam kondisi yang prima dan tidak sedang mengalami permasalahan kesehatan. Apabila kondisi kamu kurang baik, maka sebaiknya hindari untuk berinteraksi atau melakukan kontak fisik dengan anak orang lain karena Mommies dapat menularkan virus terhadap anak orang lain yang ditemui tersebut. 

2. Tidak Mencium, Memegang, dan Menggendong Anak Sembarangan

Foto: fxquadro on Freepik

Meskipun Mommies sangat ingin untuk menyentuh, mencium, atau menggendong anak artis atau orang lain yang dianggap menggemaskan, tetapi sebaiknya hal ini perlu dihindari. Kebiasaan ini bisa berdampak bahaya dan menyebabkan masalah kesehatan serius kepada sang anak akibat paparan kuman dan bakteri dari orang lain. 

3. Mencuci Tangan sebelum Memegang Anak Orang Lain

Apabila sebelumnya Mommies sudah meminta izin kepada orang tua anak untuk memegang mereka dan diperbolehkan, maka hal selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan adalah tangan dalam kondisi yang bersih. Mommies bisa mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan semprotan antiseptik untuk menghilangkan bakteri yang tertinggal.  

4. Meminta Izin saat Mengambil Foto

Sering dianggap lumrah dan sepele oleh banyak orang, tetapi nyatanya mengambil foto anak orang lain termasuk dalam perilaku yang tidak mencerminkan etika yang baik. Mommies perlu meminta izin terlebih dahulu kepada orang tuanya agar tidak dianggap semena-mena dan kurang menghargai. Ketika sudah diperbolehkan, jangan lupa juga untuk menghindari memotret anak menggunakan flash yang bisa mengganggu penglihatan mereka. 

5. Tidak Merokok dan Menggunakan Parfum Dekat Anak

Foto: jcomp on Freepik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apabila seseorang merokok dan hendak menyapa anak orang lain, maka paparan asap dapat menempel di pakaian, mainan, hingga tubuh mereka dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti asma, pneumonia, bronkitis, menghambat paru-paru, bahkan kematian. Selain rokok, hindari juga untuk menggunakan parfum atau pewangi di sekitar anak karena bisa menimbulkan reaksi alergi serta eksim. 

6. Menghargai Pilihan Orang Tua Anak

Pada saat bertemu anak orang lain, tidak pantas rasanya untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang sensitif seputar pilihan yang orang tuanya ambil, salah satunya bentuk pola asuh yang diberikan kepada anak. Pastinya, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda dan Mommies sebaiknya menghargai keputusannya tersebut. Alih-alih menanyakan pertanyaan yang sensitif, kamu dapat mendengar cerita orang tua terkait perkembangan anaknya. 

7. Hindari Memberi Nasihat Berlebihan dan Membandingkan Anak

Selain pertanyaan sensitif, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah menghindari untuk memberi nasihat berlebihan tentang cara merawat anak kepada orang tua mereka. Biarkan agar obrolan dengan orang tua sang anak mengalir, barulah jika mereka menanyakan tentang nasihat, Mommies dapat memberikan pendapat yang berkaitan dengan topik tersebut. Hindari juga untuk membanding-bandingkan anak orang lain dengan anak lainnya karena kondisi ini dapat menyakiti hati anak dan orang tuanya. 

BACA JUGA: Anak Susah Makan? Konsultasikan ke 18 Dokter Gizi Anak Tepercaya Ini

Itulah etika yang perlu diterapkan ketika bertemu dengan anak orang lain, baik itu artis dan orang biasa. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk lebih menghargai dan menghormati privasi anak orang lain, ya! 

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik