Pendaftaran CPNS Dibuka, Ini Deretan Tes yang Harus Dijalani Peserta!

#MommiesWorkingIt

Katharina Menge・21 Aug 2024

detail-thumb

Secara resmi, pendaftaran CPNS 2024 dibuka dibuka mulai Selasa (20/8) pukul 17.08 WIB. Yuk, intip deretan tes yang harus dijalani.

Mommies masih punya peluang untuk mengikuti pendaftaran CPNS dan ingin mencoba? Tentu saja tidak ada yang salah dan tidak ada yang melarang, jika diri sudah mantap. Apalagi jika semua persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan lengkap.

Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024 mulai Selasa (20/8) pukul 17.08 WIB lalu dan resmi ditutup pada 6 September 2024 mendatang.

Kalau segala persiapan dokumen sudah selesai, maka sekarang saatnya untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tesnya mendatang. Sebab saat seleksi CPNS nanti, Mommies akan dihadapkan pada sederet tes yang menguras otak.

BACA JUGA: CPNS 2024 Dibuka 20 Agustus, Ini Jadwal, Syarat hingga Tips Lolos Tes

Deretan Tes untuk CPNS

Jadi, apa saja tes yang harus dijalani para peserta agar lolos tes CPNS? Intip daftarnya di bawah ini!

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tahap pertama pasca seleksi berkas dan administrasi selesai adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Mommies diharuskan untuk menjawab soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang membahas tentang nilai dasar kebangsaan Indonesia. Soalnya mirip tes PPKn karena peserta akan ditanya seputar Pancasila, UUD 1945, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika sampai NKRI.

Kemampuan Mommies seputar dasar-dasar egara kan diukur lewat tes ini. Materi yang diujikan meliputi:

  1. Sejarah, nilai-nilai hingga penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  2. Isi, makna dan kedudukan UUD 1945
  3. Konsep Bhinneka Tunggal Ika
  4. Sejarah pembentukan dan sistem pemerintahan NKRI
  5. Partisipasi Indonesia di Forum Internasional
  6. Sistem Tata Negara Indonesia mulai dari struktur pemerintahan, lembaga hingga hubungan pusat daerah

Saat seleksi CPNS, Tes TWK berjumlah kurang lebih 30 soal.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Setelah menyelesaikan Tes TWK maka Mommies akan berlanjut ke SKD berikutnya, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU). Kalau TWK fokus mengukur pemahaman Mommies terhadap negara, TIU justru akan mengukur kemampuan berpikir logis dan analitis Mommies. Tak hanya itu, TIU juga bisa melihat bagaimana kemampuan peserta dalam memecahkan masalah.

Tes ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta CPNS punya kemampuan kognitif yang sesuai dengan instansi pemerintah. Ada tiga materi Utama dalam TIU yang akan diujikan, yaitu:

Kemampuan Verbal: pencarian sinonim, antonim, analogi, dan pemahaman bacaan
Kemampuan Numerik: penyelesaian operasi hitung dasar, persamaan linear, konsep aljabar, geometri hingga bangun datar, dan ruang
Kemampuan Logika: penentuan pola dalam deret angka, gambar, dan penarikan kesimpulan berdasarkan premis

Untuk soal TIU, pada seleksi CPNS biasanya berjumlah sekitar 35 soal.

Jika ingin melihat deretan tes Pendaftaran CPNS berikutnya, Mommies bisa cek di CPNS 2024 Segera Dibuka, Ini Deretan Tes yang Harus Ditaklukkan Peserta tersebut. Semoga lancar pendaftarannya, Mommies!

BACA JUGA: Kenapa Saya Tidak Berminat Jadi PNS

Cover: Freepik