banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

5 Manfaat Power Nap dan Tips Melakukannya di Tempat Kerja, Bikin Lebih Fokus dan Kreatif!

author

Mommies Daily13 Aug 2024

5 Manfaat Power Nap dan Tips Melakukannya di Tempat Kerja, Bikin Lebih Fokus dan Kreatif!

Yuk, luangkan waktu untuk istirahat sejenak dari padatnya pekerjaan! Ini manfaat power nap hingga cara efektif melakukannya di tempat kerja.

Mommies pernah merasa kelelahan dan kantuk saat tengah bekerja di kantor? Kondisi ini disebabkan karena rutinitas pekerjaan yang cukup padat yang membuat seseorang merasa tertekan dan lelah. Biasanya, sebagian orang mengatasinya dengan mengonsumsi kopi atau mencuci muka agar lebih segar.

Namun, terkadang rasa kantuk tetap datang kembali dan mengganggu aktivitas bekerja. Untuk bisa menyegarkan tubuh dan pikiran lebih cepat kembali, Mommies bisa mencoba power nap. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang fakta dan manfaat ketika melakukannya di kantor, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 7 Cara agar Cepat Tidur di Malam Hari, Dijamin Bangun Pagi Lebih Segar dan Berenergi

Apa itu Power Nap?

Power nap adalah tidur siang dalam durasi singkat yang dilakukan pada rentang waktu tertentu. Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), durasi tidur singkat yang efektif adalah 10 – 30 menit yang terbukti bisa meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas seseorang di tempat kerja.

Mommies tidak perlu khawatir, sebab power nap tidak akan mengganggu waktu tidur malam apabila dilakukan pada pagi atau sore hari. Dengan melakukan aktivitas ini di tempat kerja, Mommies dapat mengembalikan energi serta produktivitas dalam bekerja. Selain itu, tidur singkat juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, energi, dan daya kreativitas.

Manfaat Power Nap di Tempat Kerja

Berikut ini beberapa manfaat power nap yang dapat meningkatkan produktivitas dan performa Mommies di tempat kerja.

1. Meningkatkan Produktivitas dan Kewaspadaan

Melansir dari Sleep Advisor, power nap dapat membantu Mommies untuk meningkatkan fokus dan kinerja mental. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Mommies dalam berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

2. Mengurangi Rasa Lelah

Manfaat selanjutnya yang akan Mommies dapatkan adalah membantu tubuh agar lebih rileks, mengurangi kelelahan, serta meningkatkan mood sehingga menjadi lebih baik kembali. Tidur singkat ini juga bisa membantu memulihkan energi dan tenaga yang biasanya sudah menurun pada siang hari.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Mudah Berkonsentrasi

Dengan menerapkan power nap, Mommies bisa lebih mudah dalam menangkap informasi baru. Selain itu, juga bisa membantu mengistirahatkan otak sejenak dan menjernihkan pikiran. Diharapkan setelah tidur singkat, Mommies bisa lebih fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja.

4. Meningkatkan Suasana Hati dan Kreativitas

Melakukan power nap selama kurang lebih 10 – 30 menit dapat meningkatkan suasana hati dan kreativitas. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hubungan Mommies dengan rekan kerja dan memunculkan ide-ide unik dan kreatif untuk meningkatkan performa di tempat kerja. Dengan suasana hati yang baik, seseorang akan merasa lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Mencegah Stres

Terkadang pekerjaan yang menumpuk bisa membuat seseorang menjadi burn out atau stres di tempat kerja. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan tidur singkat. Dengan melakukan itu, Mommies memberi kesempatan kepada tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan bersantai sejenak sehingga dapat mengurangi stres dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Tips Melakukan Power Nap di Tempat Kerja

Foto: Freepik

Agar power nap bisa dilakukan secara efektif, terapkan tips-tips di bawah ini ketika hendak melakukannya di kantor yuk, Mommies!

  1. Menentukan waktu yang tepat, seperti pada jam istirahat agar tidak mengganggu pekerjaan
  2. Mencari tempat yang nyaman serta sepi agar tidak mudah terganggu
  3. Meminimalisir distraksi yang ada di sekitar, seperti mematikan laptop dan notifikasi ponsel
  4. Mengatur alarm selama 10 – 30 menit agar bangun tepat waktu atau meminta tolong kepada rekan kerja untuk bantu dibangunkan
  5. Membuat diri senyaman mungkin, seperti tarik napas yang dalam agar tubuh rileks

Itu dia beberapa manfaat hingga tips efektif melakukan power nap di tempat kerja. Sudah terbukti bahwa melakukan kegiatan ini di tempat kerja bisa membantu Mommies untuk mengembalikan energi, fokus, dan rileks sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Ini 7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan