banner-detik
SELF

7 Cara agar Cepat Tidur di Malam Hari, Dijamin Bangun Pagi Lebih Segar dan Berenergi

author

Mommies Daily06 Nov 2023

7 Cara agar Cepat Tidur di Malam Hari, Dijamin Bangun Pagi Lebih Segar dan Berenergi

Mau tahu cara tidur cepat di malam hari? Dengan menerapkan deretan cara di bawah ini, Mommies dan Daddies bisa bangun pagi dengan lebih segar dan semakin berenergi.

Mendapatkan tidur yang berkualitas merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga keseimbangan hidup dan kesehatan. Namun, aktifitas sehari-hari sering kali menuntut kita untuk tetap bangun dan menguras energi, sehingga membuat kesulitan tidur di malam hari.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, ada beberapa cara agar Mommies bisa cepat tidur lelap dan merasakan manfaat tidur yang optimal.

BACA JUGA: 7 Manfaat Ashwagandha, Herbal dari India yang Bantu Susah Tidur

Cara Cepat Tidur di Malam Hari

Berikut adalah beberapa cara yang terbukti efektif agar cepat tidur di malam hari.

1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Healthline menunjukkan bahwa mandi dengan air hangat sekitar 1-2 jam sebelum waktu tidur dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk tidur lebih cepat. Air panas bisa mengubah suhu inti tubuh menjadi lebih rendah sehingga Mommies bisa tidur dengan tubuh yang lebih rileks dan ringan.

Selain itu, mandi dengan air hangat sebelum tidur juga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

2. Mendengarkan Suara yang Menenangkan

Mendengarkan suara yang menenangkan dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran dan tubuh, sehingga memudahkan proses tidur. Suara seperti musik instrumental, suara hujan, kicau burung, alunan air yang mengalir. Suara semacam ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mempersiapkan tubuh untuk tidur dengan lebih mudah.

Suara yang menenangkan dapat membantu mengurangi stres dan mempersiapkan tubuh untuk istirahat yang berkualitas.

3. Hindari Gadget Sebelum Tidur

Kebiasaan menggunakan gadget seperti televisi, ponsel, atau laptop sebelum tidur dapat memicu keterlambatan tidur dan mengganggu kualitas tidur yang seharusnya. Blue light atau cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin yang bertanggung jawab dalam mengatur siklus tidur.

Coba matikan semua gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur agar otak dapat bersantai dan mempersiapkan diri untuk tidur tanpa gangguan.

4. Pakai Aromaterapi

Aromaterapi telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa stress, kecemasan, dan depresi. Aromaterapi dengan aroma lavender dan peppermint diketahui bisa memberikan efek menenangkan yang mendorong seseorang untuk segera tidur.

Dengan menggunakan aromaterapi di kamar, Mommies bisa menciptakan suasana yang lebih santai dan menenangkan di sekitar tempat tidur.

Kira-kira, apa lagi, sih, cara agar cepat tidur di malam hari? Mommies yang ingin tahu, bisa klik di sini, ya!

Ditulis oleh: Azzahra Syifa

BACA JUGA: Tidur Siang Jadi Mapel di SD Sidoarjo, Apa Saja Manfaatnya untuk Anak?

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS