banner-detik
LIFESTYLE

8 Restoran Tradisional Hit dan Viral di Jakarta, Wajib Datang!

author

Mommies Daily26 Jul 2024

8 Restoran Tradisional Hit dan Viral di Jakarta, Wajib Datang!

Makanan Indonesia memang juara, dan jika Mommies pencinta masakan Nusantara maka jangan lupa untuk mengunjungi deretan restoran tradisional hit ini, ya!

Makanan Jepang dikenal fresh sedangkan makanan Italia punya rasa unik, meskipun sekarang kuliner dari seluruh dunia gampang ditemui, bagi banyak orang makanan Indonesia tetap yang pertama di hati. Kalau Mommies termasuk pencinta kuliner khas Tanah Air, pastikan datang ke deretan restoran tradisional ini.

Ada kenyamanan tersendiri saat menyantap makanan khas Indonesia. Selain cocok di lidah orang Indonesia, makanan dari Tanah Air kita ini memang kaya rasa dan kaya bumbu. Bahkan di tiap daerah dan suku punya makanan khas yang berbeda-beda.

Jika Anda sedang ingin menyantap makanan enak, maka restoran tradisional di Jakarta ini punya deretan makanan lezat dengan area makan yang nyaman. Cocok sekali untuk makan bersama keluarga atau tempat nongkrong dengan sahabat.

BACA JUGA: Wajib Follow! 15 Akun Instagram Resep Makanan Praktis untuk Inspirasi!

8 Restoran Tradisional Hit dan Viral di Jakarta

Yuk, cek deretan restoran tradisonal yang menyajikan aneka makanan khas Indonesia di Bawah ini!

1. Beautika

Foto: Instagram/beautikajkt

Alamat: Jl. Abdul Muis No.70 4, RT.4/RW.3, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat

Ayam Woku, Sambal Dabu Dabu, Ikan Cakalang dan banyak lainnya adalah beberapa menu khas makanan Manado yang bisa Mommies temukan di restoran ini. Beautika merupakan salah satu restoran tradisional hit yang khusus menyajikan makanan Manado.

Restoran ini punya banyak cabang, tak hanya di Jakarta tapi juga di Bekasi dan Tangerang. Kalau Mommies pencinta makanan pedas, ini restoran yang cocok banget. Menunya punya tingkat kepedasan tertentu dan tinggal pilih yang sesuai selera.

Kalau sudah puas makan, jangan lupa beli berbagai kue-kue tradisional khas Manado seperti Panada dan Apang, ya. Oh ya, restoran ini sudah halal jadi aman untuk Mommies yang beragama muslim.

2. Dapur Solo

Foto: Google Review

Alamat: Jl. Matraman Raya No.18 2, RT.2/RW.1, Kb. Manggis, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur

Suka makanan Jawa, pasti tahu, dong, restoran satu ini. Dapur Solo merupakan restoran tradisional yang sudah bertahan lama. Outletnya ada di mana-mana, baik di dalam mal maupun berdiri sendiri.

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1988, mulai dari gerai kecil hingga berkembang hingga sekarang. Meskipun hanya menawarkan makanan khas Jawa, tetapi mereka tetap konsisten sehingga rasanya tetap berkualitas.

Selain itu, pengunjung pun akan lebih terkesan dengan produk yang disajikan. Misalnya jika seseorang ingin menikmati makanan khas Jawa, mereka pun akan terpikir untuk mengunjungi Dapur Solo.

3. Remboelan

Foto: Instagram/remboelansoulfood

Alamat: Plaza Senayan Mall, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Restoran tradisional yang menyajikan makanan Indonesia satu ini juga tak kalah hit, loh. Cabangnya banyak terdapat di mal besar, salah satunya yang ikonis adalah di Plaza Senayan. Makan di Remboelan cocok untuk semua anggota keluarga, bahkan untuk orang tua yang suka picky kalau soal makanan.

Menyantap makanan di sini seperti menyantap makanan khas rumahan yang rasanya hangat. Bumbunya sangat terasa dan penyajiannya selalu panas, seperti baru dimasak. Kalau ke sini cobalah menu Perkedel Jagung Sambal Roa dan Sate Ayam. Lezat!

4. Sarang Oci

Foto: Instagram/sarangoci.id

Alamat: Jl. Kramat Kwitang No.14, RT.1/RW.7, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat

Satu lagi pilihan restoran tradisional yang menyajikan makanan Manado yang patut Mommies coba. Selain di Kwitang, terdapat beberapa cabang Sarang Oci lainnya di Jakarta, yaitu di Tebet, Kelapa Gading, Bulungan, dan kawasan Sahid Sudirman. Terdapat juga cabang lain di Alam Sutera.

Kalau ke sini, harus coba sajian perkedel milu atau bakwan jagungnya yang lezat. Harga makanan yang ditawarkan juga terjangkau dan disajikan dalam jumlah besar, pas untuk dinikmati bersama teman. Terdapat juga beberapa kue tradisional seperti panada, lalampa, dan balapis di restoran ini.

5. Aroem Jakarta

Foto: Instagram/aroem.jakarta

Alamat: Jl. Abdul Muis No.14, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat

Dengan interior yang mewah dan area makan yang luas, Mommies bisa mengajak keluarga besar untuk makan bersama di Aroem Jakarta. Restoran ini menyajikan kudapan nusantara dengan kemasan suasana yang modern.

Meskipun luas, di jam-jam tertentu seperti makan siang suasana restoran bisa sangat penuh. Jadi Mommies bisa melakukan reservasi untuk mengamankan tempat duduk. Makanan Indonesia yang disajikan sangat beragam, mulai dari Soto Betawi, Mie Aceh, hingga Ayam Keraton.

6. Pagi Sore

Foto: Google Review

Alamat: Komplek Rukan Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk, Kec. Penjaringan

Restoran Padang satu ini namanya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan Singapura bisa datang ke Indonesia untuk makan masakan Padang yang disediakan di sini.

Pagi Sore menawarkan kenyamanan dan kemewahan saat menyantap makanan Padang dengan desain restoran yang luas dan mewah. Makanan Padang yang lezat disajikan berbarengan dalam puluhan piring yang ditaruh di atas meja.

Pencinta berat ayam, wajib Ayam Pop saat berkunjung ke Pagi Sore. Ayamnya empuk dan lembut dan bumbunya kaya rasa banget!

7. Talaga Sampireun

Foto: Instagram/talagasampireun

Alamat: Jl. Lkr. Luar Barat No.1, RT.2/RW.3, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat

Menikmati makanan khas Sunda biasanya identik dengan saung dan gaya makan lesehan. Di Talaga Sampireun, Mommies bisa mendapatkan ambience ini. Tempatnya nyaman banget dan terbuka, lengkap dengan nuansa alamnya yang indah.

Mommies bisa menikmati menu paket yang disajikan untuk rombongan, mulai dari ayam, cumi, kakap, gurame, leunca oncom, sate maranggi, tumis bunga pepaya, dan masih banyak lagi. Pas buat makan bersama keluarga.

8. Pawon Sambal Kenthir

Foto: Instagram/pawonsambalkenthir

Alamat: Jl. Bang Pitung No.3, RT.1/RW.1, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan

Restoran tradisional hit satu ini punya gaya klasik Jawa yang interiornya sangat cantik. Area makannya nyaman, ada yang lesehan dan ada juga pakai kursi. Semuanya dengan interior rumah Jawa yang khas.

Restoran ini viral di media sosial dan diliput banyak food blogger dan televisi. Wajar sih karena tempatnya estetik dan makanannya enak. Wajib coba Garang Asem Ayam, sebuah makanan Indonesia yang menggunakan ayam kampung yang dimasak berkuah asam segar.

BACA JUGA: 15 Cara Cerdas Simpan Bahan Makanan: Bebas Boros dan Kulkas Penuh!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan