25 Worksheet Gratis untuk Anak SD: Download Langsung di Sini!

Education

Mommies Daily・23 Jul 2024

detail-thumb

Yuk, coba download gratis worksheet untuk anak SD di bawah ini agar membantu meningkatkan rasa semangat belajar si kecil!

Setiap orang tua tentu ingin agar anaknya tumbuh menjadi sosok yang pintar dan rajin belajar. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa rasa malas tentu bisa datang kapan saja sehingga membuat si kecil enggan untuk belajar. Nah, pada saat seperti inilah peran Mommies dan Daddies sangat dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi agar anak mau belajar dan mempelajari banyak hal baru.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anak menjadi malas belajar, seperti tidak menyukai topik pembelajaran, tidak mengerti apa pentingnya belajar, atau kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu. Untuk mengatasi hal tersebut, Mommies dapat berperan aktif untuk membantu si kecil agar tidak kehilangan minat untuk belajar.

BACA JUGA: 20 Worksheet untuk Balita Belajar Menulis, Bisa Download Gratis!

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak SD

Ada banyak cara yang bisa Mommies lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Berikut Mommies Daily telah rangkum beberapa cara diantaranya.

1. Melibatkan Diri dalam Proses Belajar Anak

Cara pertama yang dapat Mommies lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar anak adalah dengan ikut melibatkan diri dan mendampingi si kecil ketika belajar. Dengan melibatkan diri, anak dapat melihat bahwa orang tua turut memiliki ketertarikan dan rasa semangat untuk mempelajari hal baru sehingga dapat diikuti oleh mereka. Meskipun terlibat pada proses belajar anak, jangan lupa untuk tetap memberi ruang kepada mereka agar mereka tidak merasa tertekan.

2. Menjanjikan Hadiah pada Anak

Anak-anak tentu senang ketika diberikan suatu apresiasi dari orang tuanya, terutama hadiah. Mommies bisa memberikan hadiah kepada si kecil ketika setelah mereka selesai belajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa semangat mereka karena mereka mengetahui akan diberikan hadiah atau reward setelah belajar.

3. Fokus pada Usaha Anak bukan Hasilnya

Sebagian orang tua terkadang lebih fokus pada hasil ujian anak, tanpa mengetahui usaha mereka ketika belajar. Padahal, bisa saja si kecil sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi hasil yang didapatkan tetap kurang. Hindari untuk menegur anak ketika mereka mendapatkan hasil yang kurang maksimal, sebagai alternatifnya Mommies bisa mengapresiasi bentuk usaha yang telah dilakukan anak dalam belajar. Tujuannya agar si kecil akan merasa lebih dihargai dan membuat mereka tetap semangat untuk mencoba belajar lebih giat demi memperoleh hasil yang lebih maksimal.

4. Mengetahui Teknik Belajar Anak

Masing-masing anak memiliki gaya belajarnya masing-masing. Terdapat berbagai macam metode gaya belajar anak yang perlu Mommies ketahui, antara lain visual (penglihatan), auditory (pendengaran), taktil (sentuhan), dan kinestetik (gerakan). Ketika Mommies sudah mengetahui gaya belajar anak, maka akan lebih mudah dalam menyesuaikannya ketika belajar bersama mereka.

5. Membuat Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

Cara terakhir yang tidak kalah ampuh untuk bisa Mommies terapkan dengan tujuan meningkatkan motivasi anak untuk belajar adalah dengan membuat suasana belajar nyaman dan menyenangkan mungkin. Jangan sampai si kecil malas belajar karena mereka merasa tertekan, sehingga membuat mereka menjadi takut dan memilih untuk menghindar ketika diajak belajar. Mommies dapat memadukan pembelajaran dan permainan agar si kecil tertarik dan membuat mereka tidak mudah merasa bosan.

Rekomendasi Worksheet untuk Anak SD

Foto: Freepik

Salah satu cara agar membuat belajar menjadi lebih menyenangkan adalah dengan mengerjakan worksheet dengan berbagai soal variatif yang dapat membantu meningkatkan semangat belajar mereka.

Berikut ini beberapa worksheet untuk anak SD yang bisa Mommies download secara gratis!

  1. www.gurubumi.com/printable/
  2. www.lembarkerja.com/tag/worksheet-anak-sd/
  3. www.k5learning.com/free-worksheets-for-kids
  4. www.education.com/worksheets/
  5. www.kidsacademy.mobi/free-preschool-kindergarten-worksheets/
  6. www.mathworksheets4kids.com/
  7. www.grade1to6.com/free-worksheets.php
  8. www.irainbow.co.za/free-worksheets-for-kids/
  9. www.cuemath.com/worksheets/
  10. www.splashlearn.com/worksheets-for-1st-graders
  11. www.prodigygame.com/main-en/resources/math-worksheets/first-grade/
  12. www.brainor.com/math-worksheets/grade-1/time/calendar/
  13. www.mashupmath.com/free-math-worksheets
  14. www.math-aids.com/Number_Systems/#google_vignette
  15. www.englishwsheets.com/
  16. www.englishbanana.com/worksheets/categories/elementary-english-worksheets/
  17. www.learnenglishkids.britishcouncil.org/print-make/worksheets
  18. www.en.islcollective.com/english-esl-worksheets/level/elementary-a1
  19. www.homeschool.com/printables/
  20. www.kidzone.ws/
  21. www.greatschools.org/gk/worksheets/
  22. www.123homeschool4me.com/home-school-free-printables/
  23. www.teachervision.com/lesson-planning/worksheet
  24. www.scholastic.com/parents/kids-activities-and-printables.html
  25. www.eslkidsworld.com/worksheets.html

Itulah beberapa worksheet dengan soal-soal menarik dan variatif yang bisa si kecil download dan dikerjakan untuk meningkatkan motivasi belajar mereka. Selamat mengerjakan!

BACA JUGA: 15 Worksheet Mewarnai untuk Balita, Download Gratis!

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik