10 Lomba untuk Mengembangkan Potensi Anak, Kreatif dan Seru!

Education

Mommies Daily・16 Jul 2024

detail-thumb

Mengikuti lomba bisa bantu mengembangkan potensi kecerdasan si kecil. Bukan sekedar menang dan kalah saja, ternyata ada banyak manfaatnya, loh!

Siapa disini Mommies yang suka mendaftarkan si kecil untuk mengikuti berbagai lomba baik itu di luar maupun di dalam sekolah? Ternyata mengikutsertakan anak pada banyak perlombaan atau kompetisi tidak melulu berdampak buruk loh, Mommies! Banyak hal yang bisa anak dapatkan dengan mengikuti lomba untuk mengembangkan potensi. 

Beberapa manfaatnya, seperti meningkatkan rasa percaya diri anak, mengetahui kekuatan dan kelemahan si kecil, mengajarkan anak tentang menang dan kalah, melatih kekuatan mental anak, dan melatih anak untuk berpikir kritis. Mendaftarkan anak pada lomba atau kompetisi yang digemarinya juga akan melatih kemampuan mereka dalam bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. 

Sekian Lomba yang Baik untuk Perkembangan Anak

Selain bersifat menyenangkan dan meningkatkan semangat, lomba juga bisa membantu proses tumbuh kembang anak. Berikut Mommies Daily telah merangkum sekian lomba yang baik untuk mengembangkan potensi anak. Check this out!

1. Lomba Seni

Lomba yang satu ini sangat cocok untuk diikuti oleh si kecil yang memiliki minat pada bidang kesenian. Lomba seni dapat mencangkup banyak hal, mulai dari mewarnai, melukis, menggambar, membuat kerajinan tangan, hingga menari. Selain dapat membantu anak mengekspresikan bakat dan kemampuannya, lomba seni juga bertujuan untuk mengurangi stres dan meningkatkan rasa percaya diri si kecil. 

2. Lomba Olahraga

Salah satu jenis lomba yang dapat meningkatkan rasa semangat anak untuk berkompetisi adalah lomba olahraga. Lomba olahraga yang dapat dilakukan baik itu di dalam atau luar ruangan ini memiliki berbagai macam cabang yang bisa diikuti oleh si kecil, seperti lomba futsal, lomba basket, lomba renang, lomba kasti, serta lomba lari. Manfaat mengikutsertakan si kecil pada lomba olahraga adalah untuk melatih mereka bekerja sama dalam tim, melatih kedisiplinan, dan meningkatkan kesehatan fisik. 

3. Lomba Debat

Debat merupakan kegiatan bertukar pendapat untuk membahas suatu topik tertentu dari sudut pandang yang berbeda antara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Lomba debat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan si kecil saat berbicara di depan umum, mengasah kemampuan berpikir agar semakin kritis, serta menghargai pendapat yang diutarakan oleh orang lain. Selain itu, dengan mengikuti lomba debat, rasa percaya diri dan kemandirian anak juga akan semakin bertambah. 

4. Lomba Cerdas Cermat Pelajaran

lomba untuk mengembangkan potensi anak

Foto: gpointstudio on Freepik

Lomba lainnya yang dapat membantu mengasah kemampuan kognitif anak adalah lomba cerdas cermat. Lomba ini dapat melibatkan berbagai mata pelajaran yang ada di sekolah, seperti matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial, atau Ilmu Pengetahuan Alam. Cerdas cermat juga bisa menguji dan menggali kemampuan anak dalam berbagai ilmu, 

5. Lomba Balance Bike

Sepeda keseimbangan atau balance bike merupakan sepeda roda dua tanpa pedal yang digerakkan dengan cara mendorong kaki ke tanah. Balance bike sendiri dibuat dengan tujuan untuk membantu balita belajar menyetir dan menyeimbangkan tubuhnya, sebelumnya menggunakan sepeda pada umumnya. Lomba yang biasanya diikuti oleh anak berusia 2-5 tahun ini memberikan banyak manfaat untuk si kecil, seperti membangun keyakinan anak, memberikan kontrol lebih pada anak, serta membantu mereka dalam mempelajari satu keterampilan sekaligus. 

BACA JUGA: 7 Balance Baik untuk Anak yang Berkualitas, Harga Mulai dari Rp150 Ribu

6. Lomba Memasak

Berbeda dengan lomba sebelumnya, lomba memasak dapat diikuti oleh anak bersama dengan Mommies yang mendampingi mereka. Mengenalkan anak pada dunia memasak bertujuan untuk mengajarkan mereka cara untuk bertanggung jawab, meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas si kecil, memberikan pengalaman sensorik, dan memperkuat bonding antara Mommies dan anak.

7. Lomba Fashion Show

Si kecil gemar berlenggak-lenggok di depan kamera dengan menggunakan busana yang ia pilih sendiri? Mungkin Mommies bisa mendaftarkannya ke lomba fashion show. Dengan mengikuti lomba fashion show, anak bisa mendapatkan banyak manfaat, seperti meningkatkan rasa percaya diri, berani untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru, dan meningkatkan bakat serta potensi dalam diri si kecil. 

8. Lomba Modern Dance

Lomba berikutnya yang dapat melatih perkembangan anak adalah modern dance. Lomba yang biasanya terdiri dari 7-10 orang dalam satu tim ini, bertujuan untuk melatih kekompakan dalam tim dan mempererat pertemanan si kecil dengan teman-teman sebayanya. Selain itu, modern dance juga bermanfaat bagi kesehatan, yakni membantu meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung, memperkuat tulang, dan mengencangkan massa otot. 

9. Lomba Drama Musikal

Foto: Freepik 

Drama musikal merupakan pertunjukan yang menggabungkan seni tari, musik, serta peran menjadi satu yang menggambarkan satu cerita. Pengenalan drama musikal kepada anak bertujuan untuk meningkatkan daya kreativitasnya, membantu meningkatkan rasa percaya diri, melatih kerja sama tim, dan mengembangkan minat serta rasa apresiasi si kecil pada seni. 

10. Lomba Stand-Up Comedy

Lomba terakhir yang dapat dijadikan pilihan oleh Mommies untuk mengikutsertakan si kecil adalah lomba stand up comedy. Stand up comedy merupakan lawakan tunggal atau komedi tunggal yang dibawakan oleh pelawak mengenai suatu topik tertentu. Selain bersifat menghibur, anak yang mengikuti lomba stand up comedy juga mengasah pengetahuannya menjadi lebih luas, melatih kemampuannya berbicara di depan umum, hingga melatih kreativitasnya dalam menentukan topik lawakan yang lucu dan variatif. 

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Orang Tua Harus Datang ke Event Rising Generation Alpha

Itulah beberapa lomba yang baik untuk perkembangan anak. Mulai dari bidang seni hingga olahraga dapat diikuti oleh si kecil sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing.

lomba untuk mengembangkan potensi anak rising generation alpha

Foto: Mommies Daily

Dari berbagai lomba di atas, ternyata ada beberapa kompetisi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini, loh! Kompetisi tersebut dapat diikuti oleh si kecil pada acara Rising Generation Alpha yang diselenggarakan oleh Mommies Daily di Senayan Park (SPARK) pada 26-28 Juli 2024. 

lomba untuk mengembangkan potensi anak rising generation alpha

Foto: Mommies Daily

Beberapa kompetisi tersebut, meliputi Balance Bike, Coloring, Kids Model Search, hingga Modern dance. Selain Kids Competition, pada acara Rising Generation Alpha, Mommies juga bisa mengikuti Talk Show, Workshop, bahkan menghabiskan waktu bermain bersama anak di area Playground

Foto: Mommies Daily

Untuk informasi selengkapnya, Mommies dapat melihat update di media sosial Mommies Daily dan jika tertarik untuk mendaftarkan si kecil pada Kids Competition bisa mengunjungi website ini, ya!

rising generation alpha

Foto: Mommies Daily

Penulis: Nariko Christabel

Cover: Freepik