banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Unik! Ini 7 Cara Orang Cerdas dalam Mengatasi Stres dan Burnout

author

Mommies Daily11 Jun 2024

Unik! Ini 7 Cara Orang Cerdas dalam Mengatasi Stres dan Burnout

Jika Mommies sedang stres, coba terapkan beberapa kebiasaan unik yang kerap dilakukan orang cerdas berikut ini. Ampuh dan efektif!

Menjadi seorang perempuan di era modern saat ini memiliki banyak peran, mulai dari mengurus anak hingga bekerja. Akibat banyaknya kesibukan dan rutinitas yang harus dilakukan menyebabkan kelelahan fisik dan mental. Tekanan dari berbagai faktor, terutama pekerjaan juga dapat menimbulkan burnout.

Burnout merupakan keadaan emosional, fisik, serta mental yang disebabkan oleh stres berkepanjangan ataupun berulang. Rasa lelah yang dibiarkan dalam jangka waktu panjang ini dapat mempengaruhi aspek kehidupan lain dan menjadi kurang produktif. Oleh karena itu, sangat penting untuk bangkit kembali dari rasa kelelahan dan stres berkepanjangan sebelum semakin buruk.

BACA JUGA: Ingin Karier Sukses? Coba Lakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini!

Cara Unik Orang Cerdas dalam Mengatasi Burnout

Dilansir dari Beautinesia, berikut beberapa cara unik yang dilakukan oleh orang-orang cerdas dalam mengelola stres dan kelelahan mereka yang bisa dicoba!

1. Tetap Tersenyum Meskipun Tidak Merasakannya

Tetap tersenyum meskipun sedang merasa kelelahan? Tentunya hal ini tidak mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Namun, hal inilah yang kerap kali dilakukan oleh orang cerdas. Mereka melakukan ini bukan karena merasakan tawa, tetapi untuk menghilangkan stres.

Orang cerdas menggunakan cara ini karena mereka mengetahui bahwa tertawa dapat menghilangkan stres dengan cepat dan membuat seseorang merasa lebih baik meskipun hanya sesaat. Saat kita tertawa, hal tersebut bisa mengelabui otak sehingga merasa lebih bahagia.

Rasa bahagia tersebut membuat jantung menjadi lebih terkendali dan semua otot tegang dalam tubuh mendapatkan istirahat yang layak. Dikutip dari Help Guide , tertawa juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi seseorang dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

2. Menggunakan Blok Waktu pada Setiap Aktivitas

Blok waktu merupakan metode manajemen waktu yang dilakukan dengan cara membagi jadwal keseharian dalam blok-blok kecil sebagai pembagian waktu. Cara ini menjadi senjata rahasia agar Mommies dapat merasa lebih terkendali dan tidak kewalahan.

Selain sebagai langkah untuk melawan penundaan, orang cerdas menggunakan cara ini untuk menetapkan waktu tertentu pada setiap aktivitas agar dapat tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Hal ini dapat Mommies lakukan dengan cara mendedikasikan waktu dari jam 7 – 9 pagi untuk melakukan kegiatan penting yang membutuhkan perhatian penuh. Pada saat itu sebaiknya Anda tidak menerima email baru yang harus segera ditangani. Sedangkan untuk sore hari, Mommies dapat mengisi waktu dengan bertukar pikiran tentang ide dan menyempurnakan presentasi pekerjaan.

Penggunaan blok waktu membuat Mommies bisa membagi waktu untuk istirahat, bekerja, hingga menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga. Metode ini bertujuan untuk membantu Anda agar lebih fokus dalam bekerja, menyadari waktu yang digunakan, serta membantu dalam mengerjakan tugas-tugas kecil yang rutin.

3. Membagi Tugas Bersama

Foto: Freepik

Cara berikutnya yang biasa dilakukan oleh orang cerdas dalam mengatasi stres dan kelelahan berlebih adalah dengan membagi tugas bersama dengan rekan kerja. Orang cerdas melakukan hal ini karena mereka mengetahui bahwa tugas yang dikerjakan bukanlah pekerjaan satu orang saja.

Melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu dengan tujuan untuk menguasai produktivitas mungkin merupakan salah satu solusi untuk mempercepat pekerjaan. Namun, ternyata hal tersebut justru dapat memperlambat Mommies, loh! Orang cerdas menyadari bahwa dengan mendelegasikan tugas dengan rekan kerja yang lainnya dapat membantu mengurangi tekanan dan stres.

Melansir dari Hack Spirit, mendelegasikan tugas juga dapat membantu meningkatkan produktivitas. Sehingga Mommies dapat memberikan perhatian pada hal yang lebih penting dan mendesak, sementara rekan kerja dapat membantu pekerjaan lainnya. Apabila Anda memiliki pilihan untuk berkolaborasi dan membagi tugas dengan orang lain, maka manfaatkanlah sebaik mungkin.

4. Berolahraga Secara Rutin

Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, olahraga juga dapat meredakan stres, loh, Mommies! Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat Mommies merasa lebih rileks dan suasana hati membaik. Selain itu, pikiran Anda juga dapat teralihkan dengan olahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat dalam melepaskan stres. Anda bisa berolahraga sederhana seperti berjalan santai, berlari, ataupun bersepeda selama 15 – 30 menit. Mommies dapat melakukan olahraga sederhana ini selama 150 menit per minggunya.

Itu dia beberapa cara unik orang cerdas dalam mengatasi stres dan kelelahan sebagai gejala burnout. Apabila Mommies ingin mengetahui cara lainnya, dapat lanjut membaca di sini!

BACA JUGA: Rahasia Sukses Pengusaha Kecil, Hindari 8 Kesalahan Bisnis Berikut Ini!

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan