banner-detik
EDUCATION

Memberikan Hadiah agar Anak Semangat Belajar, Ini Penjelasan Psikolog

author

Mommies Daily11 Jun 2024

Memberikan Hadiah agar Anak Semangat Belajar, Ini Penjelasan Psikolog

Bolehkah menjanjikan dan memberikan hadiah agar anak mau belajar? Simak penjelasannya menurut Psikolog Pendidikan di sini.

Saat anak kehilangan semangat belajar, Mommies pasti mulai melakukan berbagai cara agar anak kembali termotivasi. Salah satunya dengan menjanjikan hadiah berupa barang atau jalan-jalan ke suatu tempat. Cara ini kadang bisa jadi solusi yang cepat dan efektif untuk menumbuhkan semangat belajar anak. Sayangnya, hal ini justru akan membuat anak lebih fokus dengan ’hadiah’ daripada proses belajarnya.

Menurut Psikolog Pendidikan, Kara Handali, M.Psi pemberian hadiah agar anak mau belajar hanya efektif dalam jangka pendek. Jika orang tua ingin membentuk anak yang senang belajar dan memiliki motivasi belajar dari dirinya sendiri, maka sistem ’hadiah’ dan ’hukuman’ kurang efektif karena anak jadi tidak tahu alasan kenapa ia harus belajar serta apa yang menyenangkan dari proses belajar. Hal ini juga akan membuat anak tidak mau belajar jika tidak diberikan hadiah atau hukuman.

Menjanjikan hadiah agar anak mau belajar juga akan memberikan dampak negatif yang berjangka panjang untuk anak, seperti anak menjadi pasif, menunggu diberi tugas, dan tidak punya semangat belajar dari dalam diri. Meski begitu, ternyata memberikan hadiah pada anak juga ada manfaatnya jika dilakukan dengan benar.

Berikut penjelasan mengenai manfaat memberikan hadiah pada anak dan alternatif lain selain menjanjikan hadiah agar anak mau belajar dari Psikolog Pendidikan, Kara Handali, M.Psi.

BACA JUGA: Syarat Mendaftar Sekolah Gratis di SMP, SMA, dan SMK Swasta Lewat PPDB Bersama Jakarta 2024

Manfaat Memberikan Hadiah pada Anak

Menjanjikan hadiah pada anak bisa menumbuhkan harapan dan emosi positif pada anak. Mommies bisa saja menjanjikan hadiah, tetapi bukan sebagai ’iming-iming’ atau ’pancingan’ agar anak melakukan tugas dan tanggung jawabnya, seperti belajar, mandi atau makan sendiri, membereskan mainan, dan lain sebagainya. Mommies bisa menjanjikan hadiah sebagai cara melatih kontrol diri anak dengan menunda keinginannya dan sebagai perayaan hari khusus.

Misalnya, anak ingin mainan tertentu, Mommies bisa menjanjikan bahwa anak bisa memperoleh mainan tersebut di hari ulang tahun atau kenaikan kelas, tetapi bukan karena anak melakukan sesuatu. Selain itu, praktik memberikan hadiah juga dapat digunakan Mommies untuk mengajarkan anak prinsip berbagi, misalnya mengajak anak memberikan hadiah pada teman-teman, keluarga, atau komunitas sosial.

Foto: Andrea Piacquadio on Pexels

3 Alternatif Lain Selain Menjanjikan Hadiah Agar Anak Mau Belajar

Berikut cara lain yang bisa Mommies terapkan di rumah untuk menumbuhkan motivasi belajar anak.

  1. Memberikan apresiasi yang berfokus pada usaha anak, misalnya ”Mama lihat kamu sudah berusaha tadi meskipun susah”, ”Terima kasih ya sudah berusaha yang terbaik”, dan lain-lain.
  2. Membiasakan anak menemukan hal positif dari usaha yang dilakukan alih-alih berfokus pada hasil. Mommies bisa memulai dan meminta anak untuk menyebutkan 1 hal positif yang ia lakukan. Terkait hal ini, Mommies tidak perlu berlebihan memuji anak dan masih bisa mengoreksi kesalahannya.
  3. Mendorong anak agar melakukan usaha terbaiknya tanpa membandingkan atau memberi kritik berlebihan. Mommies bisa menanamkan nilai ini melalui percakapan sehari-hari, misalnya ”Buat Papa dan Mama yang terpenting kalau kita melakukan sesuatu, kita coba dulu dan memberikan yang terbaik”. Mommies juga perlu ingat bahwa ’usaha terbaik’ setiap orang bisa saja berbeda serta berhati-hati agar tidak menghakimi anak. Jika Mommies melihat anak belum mengupayakan usaha terbaiknya, orang tua bisa bertanya dan memberi pendapat, seperti ”Kalau mama lihat, kamu sebenarnya bisa, kalau menurut kamu gimana?” atau ”Kalau nanti ada kesempatan lagi, apa yang mau kamu lakukan?”

BACA JUGA: 5 Ciri Orang Tua yang Hanya Melihat Anak dari Nilai Akademik dan Apa Kata Psikolog

Itu dia penjelasan mengenai menjanjikan hadiah agar anak mau belajar serta cara lain yang bisa Mommies terapkan di rumah. Semoga membantu, ya!

Penulis: Shandya Pricilla

Cover: Nicole Michalou on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan