banner-detik
PARENTING & KIDS

Bikin Tetap Aktif, Ini 7 Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Anak saat Cuaca Panas!

author

Mommies Daily28 May 2024

Bikin Tetap Aktif, Ini 7 Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Anak saat Cuaca Panas!

Cuaca panas ekstrem sering bikin anak jadi gampang sakit. Yuk, simak tips di bawah ini agar kesehatan anak tetap terjaga selama musim panas berlangsung.

Saat di sekolah, biasanya anak melakukan berbagai macam aktivitas seru yang dapat menjaga kesehatan fisik dan mentalnya, seperti belajar, bermain, hingga berolahraga di luar ruangan. Sayangnya, jika kegiatan tersebut dilakukan saat cuaca panas ekstrem akan berdampak buruk pada anak. Anak jadi gampang sakit dan bisa mengalami dehidrasi, kelelahan, serangan panas, dan keadaan darurat medis lainnya jika suhu panas tinggi dan ekstrem.

Selain mengganggu kesehatan fisiknya, suhu panas yang tinggi juga memengaruhi kesehatan emosional anak, seperti jadi gampang tersinggung, mudah marah, dan tekanan emosional lainnya. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kesehatan anak saat cuaca panas ekstrem datang?

Berikut 7 tips menjaga kesehatan anak di cuaca panas ekstrem yang bisa Mommies ikuti di rumah.

BACA JUGA: 10 Dessert di Jakarta dan Tangerang, Cocok Dimakan saat Cuaca Panas!

7 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Panas Ekstrem Datang

Yuk, jaga kesehatan anak saat musim panas ekstrem dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Menjaga Anak Tetap Aktif

Penting untuk menjaga anak tetap aktif saat cuaca panas ekstrem agar anak masih bisa beraktivitas seru seperti biasanya. Mommies bisa mengajak mereka untuk melakukan peregangan, yoga, bermain petak umpet di rumah, membuat kerajinan tangan, berenang dalam waktu yang singkat, bermain permainan papan, hingga membuat tantangan atau permainan fisik yang tidak terlalu berat.

Foto: Pexels

2. Menggunakan Baju Longgar

Saat cuaca panas terjadi, sebaiknya anak Mommies mengenakan baju berwarna terang agar mereka tetap sejuk dan terjaga dari tekanan suhu panas. Selain itu, pakaikan juga anak baju yang longgar dan terbuat dari bahan satu lapis yang menyerap keringat sehingga dapat memberikan efek dingin pada anak dan memaksimalkan penguapan keringat.

3. Memberikan Waktu Istirahat

Anak jadi gampang lelah dan mudah tersinggung saat cuaca panas tinggi dan ekstrem. Jadi, sebaiknya Mommies berikan waktu untuk anak istirahat yang cukup untuk dia menenangkan dirinya.

4. Mandikan Anak dengan Air Dingin

Cuaca panas yang ekstrem biasanya membuat anak jadi gampang gerah dan berkeringat. Untuk mengatasi hal tersebut, Mommies bisa sarankan anak mandi dengan air dingin atau mengajak mereka berenang sepulang sekolah. Mommies juga dianjurkan untuk tetap mengawasi anak saat mereka berenang atau bermain air untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

5. Pastikan Dapat Asupan Air yang Cukup

Asupan air yang cukup akan membuat anak terhindar dari dehidrasi. Pastikan Mommies selalu membawakan botol air untuk anak atau menyiapkan tambahan ASI jika anak Mommies masih bayi.

Bagi Mommies yang penasaran dengan tips selanjutnya, Mommies bisa lanjut membaca dengan klik di sini.

BACA JUGA: Stylish dan Minimalis, Intip 9 Rekomendasi Baju untuk Liburan di Musim Panas

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan