banner-detik
LIFESTYLE

Bikin Wajah Kencang, Ini 5 Manfaat Gua Sha hingga Rekomendasinya

author

Mommies Daily20 May 2024

Bikin Wajah Kencang, Ini 5 Manfaat Gua Sha hingga Rekomendasinya

Jangan asal pakai! Ketahui dahulu manfaat, macam varian, hingga cara menggunakan Gua Sha. Intip rekomendasi Gua Sha juga di sini.

Alo Yoga merupakan brand fashion dan gaya hidup ternama global yang berfokus pada pakaian olahraga premium yang didirikan oleh Danny Harris dan Marco DeGeorge sejak 2007. Alo menjadi salah satu brand gaya hidup yang berkembang secara cepat di dunia, bahkan memikat hati para selebritis, praktisi yoga, pecinta fashion, serta sukses memantapkan posisinya sebagai pemimpin di bidang fashion dengan desain pakaian aktif serta praktik berkelanjutan. Beberapa produk yang dihadirkan Alo Yoga meliputi leggings, matching sets, tennis skirt, sports bra, tennis skirt, dan masih banyak lagi. 

Setelah memulai ekspansi di Indonesia melalui kemitraan dengan PT Mitra Fashindo Abadi (MFA), salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia dengan membuka gerai pertamanya di Senayan City Mall, Alo selangkah lebih maju alam mendukung mindfulness. Alo Yoga sukses menghadirkan Wellness Day dengan memberikan pengalaman kesehatan selama satu hari penuh pada Rabu, 8 Mei 2024 di Hotel Dharmawangsa. 

Foto: Alo

Acara yang turut diramaikan dengan sejumlah selebriti papan atas serta influencer seperti Luna Maya serta Nazla Alifa ini juga menyediakan beberapa kelas kesehatan dan kecantikan. Kelas tersebut terdiri dari Hot Pilates, Yogalisthenic, Ageless Flow Yoga, Prana Flow, Rhythm of Strength, New Moon – New Beginnings Himalayan Soundbath bersama Reiki, Yin Yoga & Sound Bath, pembacaan kartu tarot, penampilan sejumlah koleksi Alo yang memadukan gaya busana studio, hingga Gua Sha Massage Workshop

Gua Sha merupakan salah satu beauty tools yang terbuat dari batu giok dengan ujung tumpul yang berfungsi sebagai alat pijat baik itu untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain itu, banyak perempuan yang menggunakan alat ini untuk membuat wajah tampak tirus. Bahkan, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari penggunaan gua sha ini loh, Mommies. Yuk, simak manfaat, macam varian gua sha, cara penggunaan, hingga rekomendasinya di bawah ini!

Manfaat Gua Sha untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berasal dari tradisi pengobatan Tiongkok, gua sha memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, seperti.

1. Merelaksasi Otot Wajah

Manfaat pertama dari penggunaan gua sha yang rutin adalah mampu meredakan otot wajah dan kepala yang tegang. Gua sha bisa sangat bermanfaat bagi Mommies yang terbiasa menahan ketegangan di alis atau rahang saat stres. Dengan memberikan tekanan menggunakan gua sha, akan membuat wajah kamu menjadi lebih ringan. 

2. Memaksimalkan Penyerapan Produk Skincare

Penggunaan skincare saja belum cukup loh, Mommies! Kamu juga perlu memastikan agar produk skincare yang diaplikasikan dapat menyerap secara sempurna sehingga manfaat yang dihasilkan pun maksimal. Oleh karena itu, Mommies dapat menggunakan gua sha untuk membantu meningkatkan efektivitas skincare. Pijat wajah menggunakan gua sha secara perlahan setelah memakai serum atau moisturizer.

3. Mengencangkan Kulit

Salah satu alasan utama kebanyakan perempuan menggunakan alat pijat satu ini adalah memberikan efek face lift. Secara tidak sadar, beberapa hal seperti terlalu sering tertawa serta mengerutkan wajah mengakibatkan munculnya garis-garis halus. Penggunaan gua sha secara rutin membantu melancarkan sirkulasi aliran darah dan dapat membawa nutrisi ke sel-sel kulit.

4. Membuat Wajah Lebih Cerah

Pemijatan wajah yang dilakukan pada gua sha serta tekanan yang digunakan dapat membantu sirkulasi atau peredaran darah jadi lebih lancar. Teknik pijat ini bisa membantu merangsang aliran oksigen pada kulit wajah, sehingga membantu produksi kolagen. Dengan sirkulasi darah yang lancar, Mommies bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih rileks, cerah, dan merona.

5. Menyamarkan Tampilan Kantung Mata

Munculnya kantung mata disebabkan karena melemahnya jaringan kelopak mata bagian bawah. Biasanya hal ini terjadi pada seorang yang tidur larut malam ataupun kelelahan. Karena lapisan yang terlalu tipis, menyebabkan kantung mata mudah terbentuk, bahkan sulit dihilangkan menggunakan serum. Nah, Mommies bisa bantu menyamarkan kantung mata dengan memijatkan gua sha secara perlahan pada bagian tersebut. 

BACA JUGA: Rekomendasi Skincare untuk Skin Barrier Kulit Usia 40 dan 50

Macam Varian Gua Sha

Saat ini, gua sha sudah banyak variannya, mulai dari bentuk dolphin hingga hati pun ada. Tentunya bentuk gua sha tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit Mommies masing-masing. Berikut beberapa bentuk gua sha yang sering ditemui.

1. Heart Shape

Sesuai namanya, gua sha ini berbentuk seperti hati. Bentuk gua sha ini memudahkan Mommies ketika hendak memijat kulit pada bagian hidung, pipi, bahkan lengan. 

2. Comb Shape

Bentuk gua sha selanjutnya adalah comb shape. Berbentuk gerigi layaknya sisir, gua sha ini membantu menstimulasi peredaran darah pada bagian dahi, leher, bahu, hingga kulit kepala. 

3. S Shape

Alat yang panjang serta ramping dan membentuk huruf S ini paling baik untuk digunakan pada area yang Mommies mau beri tekanan lebih. Beberapa area tersebut meliputi tangan, kaki, punggung, serta bahu. 

4. Square Shape

Buat Mommies yang suka merasa kelelahan dan pegal pada bagian kaki dan tangan, maka bentuk gua sha yang satu ini cocok untuk dicoba. Square shape gua sha dapat digunakan pada bagian tubuh kaki, bahu, punggung, hingga lengan. 

5. Wing/Fin Shape

Gua sha yang berbentuk seperti sayap ataupun sirip ini memiliki bentuk melengkung dimana pada bagian ujungnya terdapat permukaan yang bergerigi. Bentuk gua sha ini bisa Mommies pakai pada bagian dahi, leher, bahu, hingga alis agar dapat terlihat lebih kencang dan naik. 

6. Mushroom Shape

Bentuk gua sha selanjutnya adalah mushroom shape. Memiliki bentuk unik yang berbeda dengan gua sha lainnya, menjadikan gua sha yang satu ini cocok untuk dipakai dalam mengencangkan daerah mata dan puffiness

7. Dolphin Shape

Tentunya Mommies sudah tidak asing lagi pastinya dengan gua sha yang sering ditemukan satu ini. Sesuai namanya, gua sha ini berbentuk layaknya kepala lumba-lumba. Bentuknya yang simple ini justru bisa dipakai pada banyak bagian tubuh, seperti dahi, pipi, rahang, leher, bahkan bahu. 

8. Pencil Shape

Bentuk gua sha yang terakhir adalah pencil shape. Menyerupai bentuk pensil, sehingga dapat memberi tekanan pada titik-titik di sekitar sudut mata, pelipis, ujung bibir, serta titik vital lainnya. Selain itu, penggunaan gua sha model ini juga dapat membuang racun-racun dalam tubuh loh, Mommies!

Cara Menggunakan Gua Sha

Apabila Mommies sudah mengetahui bentuk gua sha seperti apa yang hendak dicoba, maka selanjutnya adalah mengetahui cara pengaplikasian gua sha. Penggunaan gua sha sebagai alat pijat dapat dilakukan dengan mudah. Hal pertama yang harus Mommies lakukan adalah pastikan kulit wajah bersih. Setelah itu oleskan serum, toner, ataupun moisturizer untuk bantu menghidrasi dan melembabkan kulit. Mommies juga bisa menggunakan face oil untuk memudahkan ketika gua sha dipijat ke permukaan kulit nanti. 

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Bikin Wajah Keriput, Salah Satunya Pakai Sedotan

Setelah kulit terhidrasi secara sempurna, maka Mommies bisa langsung memegang alat gua sha dengan sisi melengkung ke wajah dan gerakkan perlahan ke atas dan ke luar, dimulai dari leher, garis rahang, dagu, dan sekitar mulut, antara tiga hingga lima kali per area. Mommies bisa ulang gerakan ini sesuai keinginan, namun tetap pastikan agar jumlah pijatan gua sha pada wajah sebelah kanan dan kiri pada ukuran yang sama agar wajah dapat terbentuk secara simetris. 

Pastikan memijat wajah dengan lembut agar tidak melukai kulit dan menyebabkan iritasi. Mommies juga diharapkan agar tidak menggunakan gua sha ketika dengan memiliki jerawat matang dan bruntusan pada wajah untuk mengurangi risiko kemerah yang terlalu berlebih.

Setelah selesai menggunakan gua sha, pastikan agar Mommies segera membersihkannya untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya saat hendak disimpan atau digunakan. 

7 Rekomendasi Gua Sha Terbaik

Gua sha terdiri dari beragam jenis, seperti jade, rose quartz, logam, obsidian hitam, bian stone, hingga amethyst. Berikut rekomendasi gua sha dengan manfaatnya masing-masing yang bisa Mommies coba.

1. Kiloalta Rose Quarts Gua Sha

rekomendasi gua sha

Foto: Shopee

Rekomendasi gua sha pertama yang bisa dijadikan pilihan Mommies sebagai pemula dalam penggunaan batu pijat ini adalah dari brand Kiloalta. Rose quartz dikenal sebagai batu cinta, kepedulian, dapat memberikan efek healing bagi tubuh dan jiwa. Memiliki bentuk lekukan berbeda, gua sha ini dapat digunakan banyak bagian tubuh seperti dahi, pipi, rahang, bahu, hingga punggung.

Harga: Rp250.000

2. Mount Lai – The Black Obsidian

Foto: Sephora

Terbuat dari lava cair, gua sha obsidian hitam dikemas dengan bahan mikroskopis yang membantu mengurangi peradangan. Gua sha yang digagas oleh pebisnis asal New York, Stephanie Zheng ini diklaim dapat mempertahankan kehangatan pada kulit yang cenderung tersumbat serta berjerawat. Tidak hanya gua sha saja, tetapi juga Mount Lai menyediakan beauty tools lainnya seperti jade roller dan jade eye massage

Harga: Rp575.000

3. Tammia Premium Natural Jade Roller & Gua Sha

Foto: Shopee

Apabila Mommies ingin hasil yang maksimal, maka bisa menggunakan paket gua sha dan jade roller dari brand Tammia. Selain dapat memberikan efek face lift, fungsi dari kedua alat ini juga dapat meredakan stres dan melancarkan peredaran darah sehingga membuat wajah lebih glowing. Mommies juga bisa menyimpan Tammia Natural Jade Roller & Gua Sha di kulkas untuk menyejukkan permukaan kulit ketika nanti dipakai. 

Harga: Rp259.000

4. Oasea White Jade Gua Sha Tool

rekomendasi gua sha

Foto: Oasea

Rekomendasi gua sha berikutnya adalah Oa sea White Jade Gua Sha Tool. Gua sha yang 100% terbuat dari batu giok alam ini dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah, memaksimalkan penyerapan skincare, serta mengencangkan permukaan kulit wajah. Selain itu, penggunaan gua sha dari Oasea secara rutin ini juga dapat membantu mencapai “Aging Backwards Skin”. 

Harga: Rp225.000

5. Serein Heart Gua Sha Rose Quartz

Foto: Tokopedia

Serein Heart Gua Sha Rose Quartz dapat membantu meredakan ketegangan pada otot wajah dan meningkatkan aliran darah. Gua sha dari Serein ini juga bisa menyamarkan garis-garis halus serta kerutan pada wajah. Mommies bisa menggunakan gua sha berbentuk hati ini pada bagian pipi, dahi, rahang, hingga area sekitar mata. 

Harga: Rp239.000

6. LEIA Stainless Steel Gua Sha & Roller Facial Massage

rekomendasi gua sha

Foto: Shopee

Gua sha serta roller yang satu ini memang sangat unik karena terbuat dari bahan stainless steel yang tahan karat. Dengan manfaat ultra cooling, membuat alat pijat ini dapat meredakan puffiness dan menangkan wajah. Berbeda dengan gua sha lainnya yang terbuat dari batu, produk gua sha dan roller dari LEIA ini tetap aman dan tidak khawatir akan pecah jika jatuh karena menggunakan stainless steel yang high quality dan sangat mudah untuk dibersihkan. 

Harga: Rp190.000

7. The Body Shop Facial Massager Gua Sha

Foto: Tokopedia

Rose Quartz Gua Sha adalah facial massager yang terbuat dari rose quartz stone yang diambil dari Afrika Selatan. Rose quartz gua sha dari The Body Shop dapat membantu mengencangkan setiap kontur wajah agar terlihat lebih kencang serta melancarkan peredaran darah. Dalam setiap pembeliannya, Mommies juga akan mendapatkan pouch tempat menyimpan gua sha sehingga kebersihannya tetap bisa terjaga. 

Harga: Rp299.000

BACA JUGA: 10 Brand Fashion dan Beauty Lokal yang Mengusup Konsep Ramah Lingkungan

Itulah sekian hal yang dapat Mommies ketahui terkait gua sha sekaligus rekomendasinya yang dapat dicoba. Gunakan gua sha dengan rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat informasinya!

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan