banner-detik
LIFESTYLE

7 Kebiasaan Bikin Wajah Keriput, Salah Satunya Minum Pakai Sedotan

author

Mommies Daily19 Feb 2024

7 Kebiasaan Bikin Wajah Keriput, Salah Satunya Minum Pakai Sedotan

Merasa wajah berkerut lebih cepat dari seharusnya? Ternyata, ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang mungkin membuat kulit wajah keriput lebih awal.

Salah satu masalah kulit wajah yang sering dihadapi perempuan adalah keriput. Keriput adalah bagian alami dari proses penuaan kulit yang sulit dihindari. Selain karena faktor usia dan genetik, keriput juga bisa muncul akibat kebiasaan sehari-hari yang suka dianggap sepele. Salah satunya, terlalu sering minum menggunakan sedotan, lho.

Kebiasaan yang Bikin Muka Cepat Keriput

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang mempercepat munculnya keriput di wajah.

1. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Foto: Antoni Shkraba on Pexels

Paparan sinar UV dari matahari dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit. Tanpa perlindungan yang cukup, paparan berlebihan dapat menyebabkan kerutan dan garis-garis halus yang lebih cepat muncul. Untuk menghindarinya, jangan lupa memakai sunscreen atau sunblock dengan SPF minimal 15 saat terpapar sinar matahari.

2. Merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko utama yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Zat-zat kimia dalam rokok, seperti nikotin, bisa merusak pembuluh darah kecil di kulit dan mengurangi aliran darah. Hasilnya, pasokan nutrisi dan oksigen ke kulit menjadi terhambat. Hal ini bisa membuat, kulit menjadi kusam, kering, dan rentan terhadap kerutan.

BACA JUGA: 5 Buah yang Bisa Mengurangi Penuaan Dini, Bikin Awet Muda!

3. Kurangnya Tidur yang Cukup

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan begadang bisa berdampak negatif pada tubuh. Jam tidur yang tidak cukup bisa mengganggu proses regenerasi kulit yang terjadi pada malam hari. Hal ini dikarenakan sel-sel kulit meregenerasi dan memperbaiki diri saat kita tertidur. Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan kulit terlihat kusam, lelah, dan meningkatkan risiko kerutan dan garis-garis halus.

4. Kurangnya Asupan Air

Air adalah cairan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, termasuk kulit, Minum air yang cukup penting untuk menjaga kelembaban kulit dan memastikan agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Kurangnya asupan cairan bisa membuat kulit kering dan rentan terhadap kerutan. Selain itu, mengonsumsi cukup air juga membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan segar.

5. Ekspresi Wajah yang Berulang

Beberapa ekspresi wajah tertentu, seperti mengerutkan dahi atau menyipitkan mata, ternyata bisa menyebabkan kerutan”. Seiring waktu, melakukan ekspresi ini secara berulang-ulang dapat menyebabkan garis halus dan kerutan yang lebih dalam pada wajah. Untuk menanganinya, coba kurangi ekspresi berlebihan dan berulang, serta gunakan teknik relaksasi dan pijat dapat membantu mengurangi risiko kerutan wajah.

6. Konsumsi Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Selanjutnya, makanan dan minuman tertentu bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan mempercepat timbulnya kerutan jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanan cepat saji, makanan dengan kandungan gula dan lemak tinggi dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan merusak kolagen kulit. Selain itu, ada juga minuman alkohol dan berkafein yang bisa membuat kulit kering dan mengurangi kelembapannya, sehingga bisa memicu kerutan.

7. Minum Pakai Sedotan

wajah keriput minum pakai sedotan

Foto: RDNE Stock project on Pexels

Dilansir dari Allure, kebiasaan minum sedotan secara rutin bisa menyebabkan keriput. Hal ini dikarenakan ketika Mommies akan mengerucutkan bibir berulang kali saat memakai sedotan, sehingga bisa menimbulkan kerutan bahkan di usia lebih awal.

“Saat Anda menggunakan sedotan, Anda mengerucutkan bibir berulang kali, sehingga menyebabkan munculnya kerutan perioral lebih awal,” jelas Dhaval Bhanusali, MD,  dokter kulit bersertifikat. 

Bhanusali menambahkan bahwa kerutan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terbentuk. Namun, Mommies yang sering menggunakan sedotan kemungkinan akan lebih cepat mengalami keriput di sekitar bibir. Mengurangi pemakaian sedotan mungkin bisa mencegah garis-garis kerutan, tapi ingat bahwa ada kebiasaan lain yang bisa mempercepat kerutan, seperti begadang, merokok, dan sering terekspos sinar matahari.

BACA JUGA: 11 Buah Tinggi Kolagen yang Bantu Mencerahkan Kulit dan Hilangkan Kerutan di Wajah 

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: cottonbro studio on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan