banner-detik
EDUCATION

8 Website Edukasi untuk SMP dan SMA, Bikin Anak Semakin Cerdas

author

Dhevita Wulandari03 May 2024

8 Website Edukasi untuk SMP dan SMA, Bikin Anak Semakin Cerdas

Belajar materi baru bisa lebih mudah dengan adanya berbagai website edukasi untuk anak SMP dan SMA. Aksesnya mudah, bahkan ada yang gratis.

Semakin berkembangnya zaman, sekarang media untuk belajar tidak lagi hanya dari buku, tapi bisa dari mana saja. Mulai dari media sosial hingga banyak sekali website dalam dan luar negeri yang memang dibuat khusus untuk pendidikan.

Selain bisa les dengan guru, anak Mommies yang sudah berada di tingkat SMP dan SMA juga bisa belajar sendiri dan mandiri dari website edukasi yang memberikan dan menyediakan berbagai materi pelajaran sampai latihan soal.

Rekomendasi Web Pendidikan untuk SMP dan SMA

Berikut ini beberapa rekomendasi website edukasi untuk SMP dan SMA dari dalam dan luar negeri.

1. Ruangguru

Ruangguru menjadi salah satu platform e-learning yang cukup populer di Indonesia. Web edukasi ini menawarkan video pembelajaran, latihan soal, hingga bimbingan online untuk berbagai mata pelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum di Indonesia.

2. Rumah Belajar

Foto: Pusdatin

Dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Rumah Belajar menyediakan modul pembelajaran gratis, permainan interaktif, dan video pembelajaran berdasarkan kurikulum di Indonesia.

3. Quipper School Indonesia

Quipper School menyediakan platform belajar online untuk para siswa sehingga dapat mengirimkan dan mengelola materi pembelajaran, ujian, dan nilai dari guru. Siswa juga dapat mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tugas, dan ujian secara online kepada guru dengan mudah.

BACA JUGA: 13 Website Edukasi Gratis yang Interaktif, Anak Jadi Senang Belajar

4. Sekolah.mu

Website edukasi dari Sekolah.mu menawarkan kelas tambahan sesuai minat dan bakat anak. Cara belajar dilakukan secara efektif menggunakan metode pendekatan kontekstual dan interaktif sehingga memudahkan anak belajar secara real-time. Di sini, anak juga dapat belajar dengan jadwal yang fleksibel didampingi guru yang profesional dan kompeten di bidangnya masing-masing.

5. Kelas Pintar

Bermain sambil belajar? Bisa sekali dilakukan di website edukasi Kelas Pintar. Terdapat video belajar, live teaching, hingga bisa bertanya dan berdiskusi mengenai PR yang diberikan dari sekolah. Untuk anak Mommies yang berada di SMA, Kelas Pintar juga menawarkan pendampingan belajar untuk masuk PTN idaman.

6. BBC Learning

BBC Learning menawarkan berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, sejarah, dan bahasa. Salah satu yang paling populer adalah BBC Learning English. Platform ini menggunakan video belajar untuk belajar pronounciation, vocabulary, tenses, grammar, hingga kuis untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris anak.

7. National Geographic Education

website edukasi smp sma

Foto: National Geographic Education

National Geographic Education menyediakan berbagai sumber belajar seperti artikel, video, permainan, dan aktivitas menarik. Banyak sekali bidang pendidikan yang ditawarkan. Mulai dari Biologi, Kimia, Ilmu Bumi, Geografi, Matematika, Fisika, Seni dan Musik, bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

8. Discovery Education

Memiliki banyak sumber pendidikan dari Discovery Channel, Discovery Education menawarkan berbagai mata pelajaran. Ada Literasi, Sains, Sejarah, Ilmu Sosial, Matematika, dan lain-lain dengan materi belajar yang sangat menarik.

BACA JUGA: Jelang UTBK 2024, Ini Metode Belajar Ala Gen-Z yang Efektif!

Dengan begitu banyak akses dan website edukasi yang tersedia untuk siswa SMP dan SMA, semoga anak semakin semangat untuk mempelajari sesuatu yang baru setiap harinya.

Cover:  jcomp on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan