banner-detik
EDUCATION

7 Wisata Edukasi di Jawa Tengah untuk Anak, Liburan Seru dan Bermanfaat!

author

Mommies Daily17 Apr 2024

7 Wisata Edukasi di Jawa Tengah untuk Anak, Liburan Seru dan Bermanfaat!

Jangan lupa mampir ke tempat wisata edukasi yang ada di Jawa Tengah ini. Dijamin seru dan meningkatkan wawasan anak. Cek daftarnya di bawah ini!

Liburan sekolah selalu jadi momen yang pas untuk bonding atau mempererat hubungan dengan anak. Salah satunya dengan mengajak mereka liburan ke tempat wisata yang seru dan berkesan. Untungnya, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi anak.

Kalau Mommies bosan dengan suasana Jakarta yang ramai, Jawa Tengah bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Selain dikenal sebagai pusat kebudayaan dan sejarah, Jawa Tengah juga memiliki berbagai tempat wisata edukasi yang akan meningkatkan wawasan anak dengan mempelajari hal baru secara interaktif.

Bagi Mommies yang berencana liburan ke Jawa Tengah, berikut Mommies Daily berikan rekomendasi tempat wisata edukasi di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi saat anak libur sekolah.

BACA JUGA: 9 Wisata Edukasi Paling Seru di Jawa Barat untuk Liburan Keluarga

7 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Jawa Tengah

Enggak cuma healing, tempat wisata edukasi di Jawa Tengah ini juga akan memberikan pengalaman yang berkesan untuk anak.

1. Museum Wayang Kekayon

Jika Mommies sedang mencari tempat wisata edukasi yang akan menambah wawasan anak di bidang seni dan budaya, Museum Wayang Kekayon bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Museum Wayang Kekayon mengajak para pengunjungnya untuk mengenal dunia teater tradisional Indonesia dengan menyaksikan pertunjukan langsung, mencoba bermain wayang sendiri, dan belajar tentang naskah drama.

Alamat: Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No.277, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

wisata edukasi

Foto: Instagram/museumwayangkekayon

2. Semarang Zoo

Semarang Zoo adalah tempat wisata edukasi yang dipadukan dengan konsep rekreasi sehingga anak bisa mendapatkan pengetahuan baru terkait kekayaan flora dan fauna. Selain itu, Mommies juga akan bertemu dengan beberapa satwa yang ada di sini, seperti Gajah, Orang Utan, Rusa, dan lain-lain. Semarang Zoo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain yang enggak kalah seru, mulai dari waterboom sampai ATV Zoo.

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.1, Wonosari, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah

wisata edukasi

Foto: Instagram/semarangzoo

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur pasti selalu ada dalam daftar destinasi wisata liburan bersama keluarga. Candi ini menawarkan pengalaman belajar sejarah yang berkesan bagi anak-anak. Tak hanya itu, anak juga bisa mengeksplorasi relief candi yang unik sambil menikmati pemandangan alam yang memukau dari atas candi. Bangunannya yang megah dan berukuran besar, dijamin akan membuat anak penasaran dengan keindahan Candi Borobudur.

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

wisata edukasi

Foto: Instagram/borobudurpark

4. Desa Wisata Ketingan

Bagi anak Mommies yang ingin belajar tentang pertanian dan merasakan kehidupan di perdesaan, Desa Wisata Ketingan bisa jadi tempat wisata yang tepat. Di sini, anak akan memetik buah, belajar bertani, dan merasakan suasana perdesaan yang sejuk dan menyenangkan. Desa Wisata Ketingan akan memberikan pengalaman yang memorable dan menanamkan kesadaran diri pada anak untuk menjaga lingkungan.

Alamat: Jl. Ngrajek-Ketingan, Ketingan, Tirtoadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

wisata edukasi

Foto: Ketingan Tourism Village

5. Cimory on the Valley

Mommies pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Cimory, karena biasa ditemukan di Puncak Bogor. Kini, Mommies juga bisa mengunjungi cabang wisata Cimory yang ada di Semarang.

Cimory on the Valley Semarang tak hanya menghadirkan kebun binatang mini, tetapi juga menyediakan tur edukatif melihat pabrik susu. Setelah selesai berkeliling dari pabrik susu dan kebun binatang mini, anak-anak bisa mengunjungi wahana Mini Mania untuk melihat replika mini Monas, Candi Borobudur, Sphinx, dan Menara Eiffel.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

wisata edukasi

Foto: Instagram/dairyland.onthevalley

6. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning akan memberikan pengalaman menarik tentang proses pembuatan teh. Di kebun teh ini, anak akan mengenal berbagai jenis tanaman teh, melihat cara memetik daun teh, dan mempelajari proses pengolahan teh sampai menjadi produk siap saji. Selain itu, mereka juga akan menikmati pemandangan yang sejuk dan asri.

Alamat: Jl. Kemuning No.km 1, Cetho, Kemuning, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

wisata edukasi

Foto: Instagram/solopunya

7. Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Liburan sekolah rasanya kurang lengkap kalau belum berkunjung ke museum. Jika Mommies sedang berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Museum Perjuangan Mandala Bhakti. Di museum ini, anak akan melihat bukti sejarah perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan, seperti senjata, seragam, kendaraan perang, dan berbagai foto pahlawan.

Alamat: Jl. Mgr Soegijapranata No.1, Barusari, Kota Semarang, Jawa Tengah

wisata edukasi

Foto: Google Photos/Anina HM 

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Jabodetabek untuk Libur Lebaran Sekolah

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Instagram/dairyland.onthevalley

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan