banner-detik
SELF

Plus Minus Tidur Lagi Setelah Sahur: Manfaat dan Bahayanya

author

Mommies Daily18 Mar 2024

Plus Minus Tidur Lagi Setelah Sahur: Manfaat dan Bahayanya

Sebagian orang akan memilih tidur lagi setelah sahur. Lalu, apa saja dampak positif dan negatif tidur lagi setelah sahur?

Sahur menjadi kegiatan penting yang harus dilakukan di bulan Ramadan supaya tetap kuat menjalani ibadah puasa dan mendapatkan nutrisi yang seimbang selama berpuasa. Meski begitu, kita tetap harus makan dengan porsi yang tepat saat sahur agar pencernaan tetap lancar dan terhindar dari masalah kesehatan lambung.

Selama Ramadan, sebagian besar orang biasanya mengalami siklus tidur yang terganggu karena harus bangun lebih pagi dan memilih untuk tidur lagi setelah sahur. Padahal, tidur setelah sahur bisa mengganggu pencernaan dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, ternyata tidur setelah sahur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh asalkan dilakukan di waktu ideal. Berikut Mommies Daily rangkum manfaat dan bahaya tidur setelah sahur.

BACA JUGA: Ide Menu Sahur dan Buka Untuk 30 Hari. Lengkap Dengan Takjil

Manfaat Tidur Setelah Sahur

Sering dibilang berbahaya, ternyata tidur lagi setelah sahur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

sahur

Foto: Pexels

1. Tidur di Waktu yang Ideal

Waktu yang ideal untuk tidur setelah sahur tergantung dari jenis makanan yang Mommies makan sebelumnya. Jika asupan sahurnya berupa karbohidrat, protein, dan sayuran, Mommies perlu waktu sekitar 3 jam setelah sahur agar lambung bisa mencerna makanan dengan baik. Jadi, usahakan tetap aktif dan terjaga selama 3 jam setelah sahur.

2. Memberikan Tubuh Kesempatan untuk Beristirahat

Jika dilakukan di waktu yang ideal, tidur setelah makan akan memberikan tubuh kesempatan untuk beristirahat agar sistem pencernaan bisa bekerja secara efisien dan menyerap nutrisi lebih maksimal.

3. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Tidur setelah sahur dapat membantu mengurangi kadar hormon stres, seperti kortisol sehingga dapat meningkatkan perasaan rileks dan bahagia selama berpuasa.

4. Memperhatikan Pola Aktivitas dan Pola Makan

Selain tidur di waktu yang ideal, Mommies juga tetap harus memperhatikan pola aktivitas dan pola makan setelah makan agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan tidak merasa lemas di siang hari.

5. Istirahat dengan Posisi yang Benar

Mommies disarankan untuk beristirahat dengan posisi tiduran setengah duduk. Caranya punggung harus disanggah bantal agar asam lambung tidak naik serta tidak menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan, nyeri, mual, dan muntah.

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tidur setelah sahur juga dapat membahayakan kesehatan tubuh sebagai berikut.

sahur

Foto: Pexels

1. Serangan Jantung

Tidur setelah sahur dapat meningkatkan tekanan darah sepanjang malam dan jika tidak kunjung turun dalam kurun waktu yang lama, akan menyebabkan risiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

2. Sembelit

Pengosongan lambung manusia biasanya membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam setelah makan. Jika Mommies langsung berbaring atau tidur setelah sahur dapat menghambat proses pengosongan lambung dan memicu sembelit atau sulit buang air besar. Untuk mencegahnya, Mommies harus menunggu waktu sampai dua jam setelah makan dan hindari makanan yang mengandung tinggi lemak, gula, dan kafein.

3. Sakit Tenggorokan

Sensasi panas dan sakit tidak hanya dirasakan di dada saja, tetapi di daerah tenggorokan juga dirasakan karena asam lambung naik. Jika tubuh berbaring saat kondisi perut penuh, katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya sehingga membuat asam lambung naik ke tenggorokan dan timbul sensasi terbakar di tenggorokan.

4. Asam Lambung

Makanan akan melewati tahapan masuk ke dalam esofagus yang berfungsi melumat dan mengantarkan makanan ke lambung. Ketika sudah sampai di lambung, konsistensi makanan menjadi halus. Jika proses pencernaan tidak berlangsung dengan sempurna, makanan yang masih kasar dapat mengiritasi dinding lambung dan memicu asam lambung naik. Bagi Mommies yang memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya hindari kebiasaan langsung tidur.

5. Berat Badan Naik

Berat badan akan melonjak naik jika Mommies memilih untuk tidur lagi. Hal ini disebabkan karena kalori yang dikonsumsi jumlahnya lebih banyak dibanding yang dibakar. Kurangnya aktivitas dan langsung tidur setelah sahur dapat membuat tubuh lebih cepat menimbun lemak, khususnya untuk Mommies yang memiliki riwayat obesitas dan punya kebiasaan tidur setelah makan akan lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan.

6. Kualitas Tidur Berkurang

Makanan tinggi lemak, seperti goreng-gorengan atau olahan daging membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Jadi, berikan jeda waktu agar makanan dapat dicerna dengan baik dan Mommies tidak mudah terbangun saat tidur.

7. GERD

Penyakit GERD kambuh biasanya disebabkan oleh perubahan posisi menjadi telentang atau miring sehingga makanan yang belum dicerna dengan baik akan mudah naik ke kerongkongan. Langsung tidur dapat menyebabkan GERD kambuh karena tubuh tidak dalam posisi yang ideal untuk mencerna makanan. Untuk Mommies yang menderita GERD, usahakan menunggu makanan tercerna dengan baik sampai tiga jam sebelum tidur.

BACA JUGA: 7 Asupan Makanan Penambah Energi Saat Puasa, Sahur dan Berbuka Makin Berkah!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan